Janjian jam 10 datengnya jam 11. Janjian jam 7 datengnya jam 8. Kalau kamu pernah merasakan hal seperti itu, maka selamat datang di Negara Indonesia. Emang sih bukan di Indonesia doang yang orang-orangnya suka ngaret waktu janjian, negara lain macam India juga, tapi tingkat ke-ngaret-an orang Indonesia tuh udah stadium akut banget. Gak afdol rasanya kalo janjian sama temen-temen tapi engga ada yang ngaret. Padahal kalau kita mau menghargai waktu, gak bakal ada tuh acara ngaret-ngaretan, waktu juga kan gak bakal terbuang percuma gitu aja. Sayangnya, ngaret atau janjian gak tepat waktu udah mengakar dan jadi budaya negatif di masyarakat. Emang gak semua sih orang Indonesia itu suka ngaret. Masih ada juga orang-orang yang kalau janjian selalu datang on time. Tapi ya orang kayak gitu cuma jadi minoritas di Indonesia. Jadi jika kamu adalah orang yang tepat waktu ketika janjian, tentunya kamu gak akan heran dengan 5 step yang biasa kamu lakukan ketika datang tepat waktu ini:

 

1. Datang paling pertama, dan gak ada siapa-siapa. Kamu tahu banget rasanya jadi Neil Armstrong di bulan sana

Datang Pertama di bulan

Datang Pertama di bulan via http://blackhiden.blogspot.com

Ya iyalah kamu kan orang paling tepat waktu, otomatis jika kamu janjian sama orang Indonesia udah mutlak banget bakal datang paling awal. Malah nih terkadang meskipun berangkat kamu sok sok dingaretin, tetep aja kamu bakal datang paling pertama. Padahal tujuannya kan biar ngimbangin temen-temen kamu yang hobinya ngaret, tapi apalah daya kalau ternyata temen kamu emang ngaretnya kebangetan. Kalau udah gitu sih kamu paling cuma bisa.....

2. Menunggu yang lain muncul udah kayak ujian Tuhan. Kayak apa rasanya tinggal selamanya di neraka, kamu gak kebayang

Cuma bisa nunggu

Cuma bisa nunggu via http://ratimega.blogspot.com

Kalau kamu selalu bisa datang tepat waktu ketika janjian, menunggu bukan lah hal yang menyebalkan lagi. Udah kebal aja gitu rasanya. Tapi ya kalau nunggunya kelamaan sih bete juga jadinya. Apalagi kamu cuma sendiri di TKP, gak ada juga yang bisa kamu ajak ngobrol. Daripada nunggu gak pasti akhirnya kamu pun....

Gila, udah kayak ujian Tuhan ada nunggu orang-orang. Di dunia yang fana (apa deh bahasanya) ini aja nunggu serasa kayak neraka. Apalagi di neraka yang beneran...

3. SMS atau chat teman, mereka di mana? Lalu tidak mendapat balasan apa-apa

Lau di mana sih!

Lau di mana sih! via http://sarbito.com

Di mana bro?

.

.

.

*20 menit kemudian* lagi otw bro

Oke ternyata temen kamu lagi di jalan. Tapi jangan senang dulu, terkadang pengertian otw memiliki arti yang cukup luas. Bisa jadi temen kamu baru otw keluar rumah atau otw ke kamar mandi atau bahkan otw bangun tidur. Ya kalau kayak gitu sih kamu udah pasrah aja. Di tengah ketidakpastian kedatangan temen kamu itu, untuk mengusir kesunyian lebih baik kamu...

4. Akhirnya cuma main HP. Mungkin teman-temanmu mikir waktumu memang layak dihabiskan buat mainin HP doang

Main game deh

Main game deh via http://topik9.com

Dengan berbagai macam aplikasi di dalamnya, Smartphone udah jadi benda penghilang rasa bete. Kamu bisa tuh update status di twitter tentang kekesalan kamu tentang budaya ngaret di Indonesia. Kamu juga bisa menambah wawasan dengan membaca berita pagi itu. Tapi dengan catatan, tempat yang sedang kamu diami punya sinyal internet yang cukup bagus. Kalau engga, tenang aja kamu kan masih bisa mainin berbagai macam game yang ada. Lumayan lah supaya kamu bisa menikmati waktu menunggu kamu. Tapi kalau udah bermenit menit lamanya temen kamu gak muncul-muncul juga, dan batrai smartphone kamu udah menipis, gak ada pilihan lain buat....

5. Dan yang paling nyebelin: kalau kamu nelepon mereka, jawabannya adalah "Sabar sih, namanya juga Indonesia..."

Marahin aja lah

Marahin aja lah via http://merdeka.com

Ini lah tindakan terakhir kamu ketika datang tepat waktu di Indonesia dan teman-teman kamu ngaret. Selamat Datang :)