Horee, aku lulus! Duh mau, ke mana ya? Ah bosan di rumah saja. Pasti setelah UN, ada balas dendam empuk, tuh. Durasi liburannya tidak nanggung-nanggung, apalagi untuk kakak-kakak kelas 12. Wah, pasti merdeka! Eits, tapi kalau hanya makan, tidur, makan, tidur, liburan dan perjuangan panjang itu akan sia-sia loh. 

Nah nilah 5 hal positif yang dapat dilakukan saat selesai ujian nasional dalam rangka liburan panjang

1. Melakukan hobi yang sempat terabaikan saat menjelang UN

senja dan pantai via http://google.com

Saat-saat menjelang UN pastinya mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Nah, sudah libur nih coba yuk selesaikan dan lakukan hobinya. Bisa menghilangkan stress dan menambah kebahagiaan. Kamu suka travelling? lakukanlah, kelilingi Indonesia. Negeri kita juga tak kalah elok dari negeri tetangga. Hobi fotografi? Wah, senja langit sore Indonesia sudah menantimu. Tunggu apa? Lakukanlah. Hobi menulis dan melukis? Ini waktu yang teapat sekalian menumpahkan stress ke atas kertas putih itu. Tentu dengan hobi-hobi lainnya.

2. Mempersiapkan diri untuk tes seleksi ke jenjang berikutnya

Belajar via http://google.com

Nah, untuk yang ingin melanjutkan kejenjang berikutnya. Mulailah memantapkan setiap materi yang akan diujikan untuk tes masuknya. Jangan makan tidur saja tetapi luangkan beberapa jam untuk belajar demi pendidikan yang lebih tinggi. Belajar di saat liburan tak akan membuang waktu kok.

3. Berkumpul dengan keluarga

Advertisement

Keluarga via http://google.com

Duh, les setiap hari. Kapan berkumpul sama keluarga? Aku rindu.

Saat inilah waktunya setelah sekian lama les, berjuang dan saat ini telah dinyatakan lulus. Jangan malas untuk berkumpul sama keluarga, melakukan rutinitas bersama. Bisa juga membantu ibu yang sedang sibuk dengan urusan rumahnya. Ya, sekalian belajar jadi kalau sekolah lanjutannya harus jauh dari orang tua bisa melakukan rutinitas itu sendiri.

4. Mengunjungi tempat yang belum pernah dikunjungi

Senja Yogya via http://google.com

Pasti ada tempat yang selama ini kamu ingin kunjungi kan? Tetapi selama ini tak ada waktu. Nah, cobalah kunjungi saat ini. Sekalian wisata kuliner dan menyegarkan pikiran gitu.

5. Membereskan kamar yang sudah seperti gudang

Wah, kamar apa gudang itu? Sudah libur nih. Tumpuk buku-buku yang sudah tak terpakai. Lalu, berikan ke orang yang masih membutuhkan jadinya amal dan kamar pun indah dipandang mata 😀 Tidur pun tambah nyenyak.