Seperti di iklan-iklan sabun pencuci pakaian, mencuci dengan deterjen biasa saja tidak cukup! Deterjen dianggap kurang ampuh untuk menghilangkan noda bandel, justru 5 hal nggak terduga ini lah juaranya dalam menghilangkan noda membandel tanpa harus merusak kain. Dan perlu diketahui, beda noda beda solusinya lho! Apa aja sih?

1. Cuka Makan

Selain sebagai penyedap rasa dan biasanya menjadi campuran bakso agar makin endes, cuka makan ternyata memiliki banyak kegunaan lho! Salah satunya adalah untuk menghilangkan noda luntur pada baju. Caranya gampang banget lagi, cuma perlu campurkan cuka dengan air lalu rendam bajumu. Setelah 30 menit, kucek dan noda luntur pasti hilang!

2. Tepung Sagu

Tepung Sagu via http://Skin.co.id

Kena getah di baju emang nggak banget! Noda bekas getah bakal susah hilang kalo dibiarkan. Seharusnya, baju harus direndam dengan air hangat setelah terkena getah. Namun, jika tidak hilang juga, coba campurkan dengan tepung sagu dan rendam beberapa saat sebelum dikucek.

3. Bedak bayi

Advertisement

Gak keren banget kalo baju udah kena minyak, selain susah kering nodanya juga susah hilang. Nah tapi jangan khawatir, karena bedak bayi atau tepung bisa menghilangkannya sampai tuntas!

Caranya, taburkan bedak atau tepung ke noda minyak, diamkan 10-20 menit, kemudian cuci dengan air hangat.

4. Asam Sitrat

Asam sitrat via http://PeduliSehat.info

Senyawa yang bisa didapatkan di toko adonan kue atau toko kimia ini merupakan bahan pengawet yang baik dan alami yang biasanya digunakan sebagai penambah rasa masam pada makanan atau minuman ringan. Namun bukan hanya itu, asam sitrat ternyata sudah terkenal ampuh dalam urusah bersih-bersih lho. Salah satunya adalah bisa menghilangkan bintik noda akibat jamur pada pakaian. Caranya, campurkan asam sitrat dengan air panas untuk merendam pakaian, tunggu sampai airnya dingin, lalu kucek.

5. Aseton

Cairan yang biasanya digunakan untuk menghilangkan kutek pada kuku ini juga bisa menghilangkan noda tinta lho! Caranya, cukup rendam bagian yang terkena tinta pada aseton selama 30 menit dan kucek.