Menyelami kehidupan di kampus akan memberikanmu banyak manfaat dan pengalaman baru yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan di masa depan. Di samping menjalani kerumitan tugas dan kewajiban perkuliahan, 5 hal ini akan membuatmu terkenal dan betah selama menjalani kehidupan di kampus. 

 

1. Kamu harus pintar secara akademik.

Penentu utama keberhasilan adalah kecerdasan intelektual

Penentu utama keberhasilan adalah kecerdasan intelektual via http://news.okezone.com

Mahasiswa adalah individu yang masih berproses menuju kematangan pribadi. Proses menuju kematangan pribadi tersebut dapat diperoleh dengan berinteraksi dengan banyak individu yang lain. Jika kamu pintar, maka akan banyak yang ingin berkenalan denganmu, tidak hanya teman satu angkatan, bisa jadi mahasiswa dari jurusan lain, fakultas lain yang telah mengetahui kepintaranmu dalam bidang akademik.

Kosmu di mana? Aku boleh main ke sana gak buat diskusi?”

Kalo kamu punya waktu luang, kita ngerjain tugas bareng yuk?”

Kalimat itu akan menjadi hiasan berguna selama kamu menyelesaikan pendidikan di kampus. Bukan hanya untuk belajar dan bertemu teman, kegiatan diskusi dengan teman juga harus kamu niatkan untuk membantu agar temanmu juga pintar. Kalau kamu pintar, temanmu juga bakal kecipratan pintarmu kan? Gunakan kepintaranmu untuk membuatmu terkenal agar bisa saling berbagi dengan yang lain!

2. Kamu harus aktif di organisasi.

Sudah terbiasa dengan deadline dan manajemen waktu yang baik

Sudah terbiasa dengan deadline dan manajemen waktu yang baik via http://www.berkuliah.com

Sebagai mahasiswa, aktif di dalam organisasi adalah satu hal yang bisa menunjang keberhasilan proses perkuliahan. Banyak pengalaman, teman baru, hingga pengetahuan baru yang kita dapatkan dari bergabung dalam suatu organisasi.

Aktif berorganisasi akan membuatmu menjadi mahasiswa yang banyak dikenal orang di kampus, tidak hanya mahasiswa, bahkan dosen, karyawan hingga satpam kampus. Kamu akan lebih terkenal lagi, jika manajemen waktu antara kuliah dan organisasimu bisa seimbang.

Di samping semua SKS mu bisa terpenuhi dan selesai tepat waktu, organisasi bisa menjadi pendukung prestasi selama kamu berada di kampus. Jadi, Kuliah lancar, organisasi pun ok!

Wah Mbak itu awesome banget ya, IPK nya tinggi, banyak ikut organisasi pula.”

“Ketua BEM kita keren, kuliahnya rajin, prestasinya banyak, pokoknya cool deh!”

Kata siapa aktif berorganisasi membuat kuliah keteteran, kalau kamu bisa manajemen waktu dengan baik, hal itu tidak akan pernah terjadi. Jangan terpengaruh dengan perkataan orang yang belum kamu buktikan. Kamu adalah nahkoda yang harus bisa bersikap bijak dan dewasa.

So? Ingin menjadi famous di kampus? Jangan lupa untuk ikut organisasi ya!

3. Kamu tidak boleh sombong, tetap low profile.

Pintar, baik, dan tetap rendah hati

Pintar, baik, dan tetap rendah hati via https://www.facebook.com

Modal kepintaran dan aktif organisasi tidak bisa membuatmu terkenal di dunia kampus jika kamu memiliki sifat sombong. Kepintaran yang sudah kamu peroleh dari hasil membaca banyak buku akan luntur, jika kamu tidak bisa menjaga sikap saat bergaul dengan mahasiswa yang lain. Usahakan kamu tetap low profile dengan tidak mendominasi di antara mahasiswa yang lain.

Jika kamu pintar, masih banyak rekan mahasiswa lain yang lebih pintar dari mu, di atas langit masih ada langit. Kamu juga percuma memiliki banyak kenalan dengan bergabung dalam suatu organisasi, jika sifat sombong masih terdapat dalam dirimu. Jadi,  jika ingin dikenal banyak orang, tetap jaga sikap dalam bergaul ya! 

4. Banyak relasi dan kenalan.

Bertemu orang baru akan membangun networking

Bertemu orang baru akan membangun networking via https://eriantosimalango.wordpress.com

“Namanya siapa Mas? Boleh kenalan, dari jurusan apa?”

“Kamu mahasiswa Fisipol yang biasa ngadain diskusi di Taman kan?”

Mengenyam pendidikan tinggi akan membuatmu memiliki banyak pengetahuan dan bisa bergaul dengan banyak kalangan. Dengan kemampuan yang kamu punya, kamu bisa bertemu banyak orang dan memiliki banyak kenalan.

Pada fase inilah kamu akan merasakan bahwa duniamu begitu luas, kamu memiliki banyak kenalan dari berbagai kalangan tanpa mengenal batasan. Dengan begitu, kamu akan merasakan bahwa menjadi mahasiswa itu mengasyikan. Kamu bisa memiliki banyak partner dalam menjalani dinamika kehidupan kampus.

Tidak hanya sebatas teman satu kelas, teman satu fakultas, tetapi juga teman dari kampus lain, bahkan orang-orang ternama seperti Duta Besar, Presiden, hingga teman-teman dari luar negeri. Dengan memiliki banyak relasi, kamu bisa lebih berkembang dan peluang untuk bisa mengasah kemampuanmu di kehidupan sosial juga terbuka lebar. Unforgetable moment bukan?

5. Kamu juga harus memiliki prestasi non akademis.

Berprestasi menjadikanmu semakin terkenal

Berprestasi menjadikanmu semakin terkenal via https://www.facebook.com

Tidak hanya menggeluti aktivitas perkuliahan dan organisasi yang bejubel dengan tugas dan deadline, jika kamu ingin terkenal di kampus, kamu juga harus memiliki prestasi non akademis.

IPK tinggi dan aktif organisasi akan semakin sempurna dengan torehan prestasi non akademis yang kamu capai. Banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk bisa berprestasi, seperti ikut kompetisi sepak bola, perlombaan tenis, kejuaraan badminton, perlombaan dance, sayembara esai, dll.

“Duh, adik tingkatku ini wifeable banget deh, udah pintar, cantik, aktivis, baik hati, berprestasi lagi.”

“Kamu itu subhanallah ya, IPK tinggi, lomba sana sini, jadi pejabat HMJ lagi. Kamu itu, aku banget.”

Pada akhirnya kamu akan melihat, betapa usaha yang kamu lakukan selama ini tidak akan sia-sia. Dengan kepintaran serta perjuangan aktif di organisasi yang dibalut sikap rendah hati, kamu akan sadar bahwa banyak mahasiswa, dosen, karyawan, satpam, hingga penjaga kantin yang akan mengenalmu, memperhatikanmu, memujimu, dan membangga-banggakan dirimu.

Buat kamu-kamu yang masih punya kesempatan untuk mewujudkan hal itu, semangat ya. Kamu pasti bisa menjadi terkenal di kampus, trust me!