Sepanjang tahun 2016 banyak sekali peristiwa yang menimbulkan gejolak politik terkait pemilihan umum. Hal yang sangat terlihat adalah adanya dua pihak yang saling serang dengan tujuan akhir untuk memenangkan salah seorang calon yang diusungnya. Ini sebenarnya bukanlah hal baru mengingat banyak hal serupa terjadi seperti halnya pada pemilu presiden lalu dimana dua kubu saling serang bahkan hingga menghujat.

Kejadian seperti ini sebenarnya muncul karena setiap orang ingin kelompok mereka menang pada sebuah pemilihan umum. Akan tetapi, keinginan untuk menang yang terlalu besar membuat meraka merasa harus melakukan sesuatu yang lebih, bisa dibilang apapun asal menang termasuk black campaign. Setiap orang merasa bahwa mereka harus menang dan memenangkan golongannya. Ini membuat sebuah pemilihan umum terasa seperti perang yang ujungnya berakhir seperti menang jadi abu dan kalah jadi arang.

Menjelang tahun baru 2017 akan lebih baik kalau kita mencoba memperbaiki diri masing-masing, terutama berkaca pada kejadian yang terjadi di atas. Keinginan untuk menang pemilu yang terlalu besar akhirnya berbuah menjadi keegoisan untuk memenangkan kelompok sendiri.

Mungkin banyak di antara kamu yang tidak terlalu peduli dengan kondisi yang terjadi kali ini. Namun ada juga beberapa yang hanya sekedar berkomentar melalui sosial media. Hal inilah yang justru menjadi titik awal untuk mulai menunjukkan kepedulian bukan hanya untuk kondisi politik, tetapi juga masa depan bangsa ini yang bisa jadi terancam karena kondisi ini. Peran yang dimulai dari diri sendiri dapat dilakukan dengan menjaga diri untuk tidak mencoba memanaskan suasana dengan ikut berkomentar yang condong untuk menjelekkan pihak tertentu. 

1. Kamu tidak perlu ikut komentar yang aneh-aneh di media sosial

Komentar di medsos via https://blog.nari.org

Tanpa kamu komentar pun kondisi udah panas, apalagi kalau kamu komentar apalagi menjurus ke hal negatif atau mengejek pihak tertentu. Hal ini akan membuat kondisi semakin buruk meskipun kamu cuma iseng untuk memberi komentar. Jadi? Jaga komentarmu di semua media sekarang ini.

2. Cermati kebenaran info yang kamu terima

Pastikan kebenaran info via http://www.cision.com

Sekarang banyak informasi yang bertebaran di berbagai media dan kebenarannya diragukan. Kamu harus pintar-pintar menyaring semua informasi yang kamu dapatkan dan jangan sampai kamu membagikan berita yang salah karena hal ini bisa memicu masalah yang lebih besar nantinya. Intinya jangan percaya begitu aja.

3. Cobalah kendalikan emosimu, jangan mudah terpancing berita hoax

Advertisement

Kendalikan emosi dan sabar via http://www.loveorabove.com

Kalau kamu melihat berita hoax yang tersebar di internet maka yang harus kamu lakukan adalah kontrol emosimu dan tetap sabar. Karena berita ini terkadang menjadi pemicu sebuah permusuhan yang dikobarkan oleh pihak tertentu ke pihak lainnya. Biasakan dirimu buat berpikir dengan kepala dingin meskipun kamu melihat ataupun mendapat berita yang salah.

4. Saatnya perbaikan diri, jauhkan hal-hal negatif yang mungkin kamu lakukan

Perbaikan diri via https://selfhelpfix.com

Kamu bisa mencoba memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi. Dengan memperbaiki diri setidaknya kamu menjaga dirimu sekedar ikut-ikutan hal negatif yang mungkin terjadi di masa depan nanti. Percayalah, kamu itu tidak sempurna dan kamu harus terus berbenah diri setiap saat.

5. Sebarkan hal positif ke sekitarmu, berhenti share berita atau status yang mungkin memicu perselisihan

Setelah terus memperbaiki diri,kamu bisa mencoba berbagi hal positif dengan sekitarmu. Kamu bisa menyebarkan semangat kebersamaan secara umum karena memang hal-hal yang selama ini terjadi memungkinkan adanya perpecahan. Sehingga dengan persatuan yang kamu tularkan dengan sekitarmu, diharapkan juga kamu akan mendapat timbal balik positif dari lingkungan yang kamu sebarkan dan ke depannya kamu bisa ikut menjaga kebersamaan yang udah kamu bangun.

5 cara di atas bisa menjadi contoh mudah buatmu buat diterapkan dari sekarang. Hal mendasar yang bisa dilakukan adalah dengan mulai dari diri sendiri sebagai level terkecil. Kamu sebagai anggota masyarakat tentu tidak telepas dari perubahan ke arah yang lebih baik. Kamu mungkin beranggapan itu tidak akan cepat berhasil, tapi setidaknya kamu udah mencoba dan berniat positif. Jangka panjangnya kamu akan mendapat hal positif dari menyebarkan semangat kebersamaan ini.

Jadi buat menyongsong tahun 2017, yuk sebarkan hal positif demi kebaikan bersama ke depan nantinya.

Kamu sudah siap? 🙂