Hubungan jarak jauh memang bukan hal mudah untuk dijalani. Hubungan dengan jarak yang dekatpun tak jarang memiliki konflik, terbayang bukan dengan hubungan jarak jauh? Hari-hari pasti tak bisa jauh dari handphone. Pagi sampai malam sampai pagi lagi seluruh percakapan hanya akan tertuang dalam tulisan-tulisan di chatting, bertelfon berjam-jam, atau sekedar bercakap-cakap lewat video call.

Ini adalah 5 hal yang bisa menjadi perhatianmu untuk menjaga keutuhan hubungan saat kamu menjalani hubungan jarak jauh.

 

1. Pastikan komunikasi tetap terjaga

Komunikasi

Komunikasi via http://tumblr.com

Komunikasi adalah senjata utama dalam hubungan jarak jauh, apapun bentuknya komunikasi adalah hal utama. Kita tak dapat melihat langsung pasangan kita sedang apa, apa yang sedang terjadi padanya, apa yang sedang dipikirkannya, apa yang sedang dibutuhkannya. Apapun bentuknya, selalu komunikasikan hal-hal yang perlu diinformasikan pada pasangan kita. Bukan berarti harus setiap menit, setiap detik kau harus memberinya kabar, selagi ada waktu lakukanlah komunikasi dengannya. Kau tak suka dibuat menunggu bukan? Maka jangan membuatnya menunggu kabar darimu.

2. Waspada dengan lawan jenis di sekitarmu

Dalam hubungan jarak jauh, teman adalah harta yang sangat berharga. Tapi ingat, kau harus hati-hati terhadap teman-teman lawan jenismu. Bukan bermaksud membatasi pertemanan, tapi percayalah kedekatan dalam berteman dapat menimbulkan hal-hal yang bisa memicu kenyamanan, terlebih dia memang tipemu. Beruntunglah jika kamu bukan orang yang mudah menaruh hati pada orang-orang yang mudah memberi rasa nyaman. Jika kau orangnya, berhati-hatilah. Jangan mudah curhat pada teman lawan jenismu. Percayalah, mereka mudah membuatmu merasa nyaman.

3. Belajar lebih saling memahami dan percaya

Saling memahami dan percaya bukan hanya kunci dari sebuah hubungan jarak jauh, semua hubungan memerlukannya. Bedanya, porsi yang dibutuhkan lebih banyak dari biasanya. Kau harus tetap berfikiran positif dan dalam kesadaran bahwa pasanganmu juga butuh beraktivitas sama sepertimu. Jangan terlalu sering melarangnya, jangan pula terlalu memberikan kesan kau membebaskannya. Rasa khawatir itu perlu, tapi kau juga harus tau takarannya. Jangan membuat dia terlalu merasa terintimidasi oleh kecemasanmu. Berusaha mempercayainya lebih banyak lagi.

4. Target bertemu selanjutnya

cute love

cute love via http://pinterest.com

Setiap pasangan yang sedang menjalani jarak jauh pasti pernah mengalami titik jenuh dalam hubungannya. Dengan merencanakan target kapan akan bertemu, bisa mengurangi rasa jenuh tersebut.. Jika sudah bertemu nanti mungkin saat liburan atau kau mengambil cuti dan kembali berpisah, jangan berhenti untuk terus membuat rencana pertemuan selanjutnya. Cara seperti ini bisa memberikanmu semangat untuk terus melanjutkan aktivitas hingga tanggalnya tiba lagi untuk bertemu. 

5. Target mengakhiri hubungan jarak jauh

Selain kau harus memiliki target pertemuan berikutnya dengan pasanganmu sesuai kesepakatan berdua, kau juga harus memiliki target untuk menyudahi hubungan jarak jauh seperti ini. Biasanya, hubungan jarak jauh ini didasari karena tinggal beda provinsi atau salah satunya harus pindah rumah, pindah sekolah, pindah lokasi pekerjaan, atau apapun yang kemungkinan adalah sementara. Jika memang seperti itu, buatlah perencanaan apa yang akan dilakukan dengan hubungan kalian setelah menyelesaikan studi atau suatu pekerjaan tersebut. Jangan saling memaksa untuk tetap tinggal ditempat asalnya masing-masing. Dalam kasus yang seperti ini, keduanya harus memiliki kesadaran rasa saling mengalah dan merencanakannya secara matang ditempat mana sebaiknya menaruh hubungan jarak jauh kalian ini berakhir, menjadi hubungan yang penuh kedekatan.