Hore, liburan telah tiba! Jangan indahkan, kata-kata “simpanlah tas dan ranselmu” selama liburan, justru ayo ambil lagi tas dan ranselmu untuk berpetualang! Tapi sebelum itu, ada 5 hal yang dapat kamu lakukan agar perjalanan liburanmu menjadi unik, bermanfaat, dan tak terlupakan:

 

1. Solo traveling akan memberikan pengalaman baru yang tidak terlupakan.

Diperlukan keberanian yang kuat jika kamu ingin mencobanya

Diperlukan keberanian yang kuat jika kamu ingin mencobanya via http://backpackr.org

Jika selama ini traveling biasa dilakukan ramai-ramai bersama keluarga atau teman, tak ada salahnya jika sesekali kalian berkelana sendiri. Selain melatih kemandirian dan keberanian, me time dapat membantumu mengenal diri sendiri.

Sisipkanlah sedikit waktu untuk melakukan refleksi serta evaluasi terhadap apa yang telah dilakukan selama ini. Jangan lupa amankan foto mantan dari dompet, agar galau tidak melanda di tengah perjalanan!

2. Traveling memang menyenangkan, tapi tetap jangan lupakan Tuhan YME.

Beribadah selama traveling akan memberikanmu ketenangan

Beribadah selama traveling akan memberikanmu ketenangan via http://maxforums.net

Di saat asyik berwisata, jangan lupakan kewajiban sebagai makhluk beragama. Siapkanlah selalu sarung atau mukena di dalam tas. Jika adzan berkumandang, segera cari masjid terdekat. Bersyukurlah selalu atas kebahagiaan yang telah Ia berikan dan jangan lupa berdoa agar perjalananmu diridhoi-Nya.

Ingat, doanya jangan tanggung-tanggung ya, syukur-syukur jika mau i’tikaf di masjid, kan lumayan tuh bisa memangkas ongkos bermalam di hotel hehe...

3. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri sendiri selama traveling.

Jangan sampai lingkungan dan tempat wisata menjadi tercemar sampah

Jangan sampai lingkungan dan tempat wisata menjadi tercemar sampah via http://cyrilrolando.tumblr.com

Sebagai traveler yang baik, pastikan kalian tidak membuang sampah atau pipis sembarangan. Buanglah sampah pada tempatnya dan pipislah di tempat yang tepat, toilet SPBU misalnya.

Selain menjaga kebersihan lingkungan, ingatlah untuk menjaga kebersihan diri. Oleh sebab itu, siapkanlah toiletries yang praktis untuk dijejalkan ke dalam tas. Jadi jika sewaktu-waktu merasa gerah, langsung saja mampir mandi ke SPBU terdekat.

4. Berinteraksi dengan penduduk lokal selama traveling akan memberimu wawasan baru.

Dapatkan teman baru dari perjalananmu

Dapatkan teman baru dari perjalananmu via http://fairlawncog.org

Traveling tak melulu soal mengunjungi destinasi-destinasi pilihan saja. Banyak sekali pengetahuan baru yang bisa digali dari kehidupan masyarakat setempat. Untuk lebih mengetahui budaya dan kearifan lokal, berinteraksilah dengan mampir ke rumah-rumah warga.

Selain wawasan kalian dapat jadi lebih terbuka, suguhan atau makan siang gratis bisa diembat sekaligus. Lumayan kan, hehe

5. Karena berbagi itu penting, jangan lupa untuk menuliskan pengalaman yang kamu dapat melalui blog atau media-media online seperti Hipwee!

Tulislah pengalamanmu!

Tulislah pengalamanmu! via http://cascw.umn.edu

Agar pengalaman-pengalaman menarik yang kamu dapat selama berwisata tidak sia-sia, tulis semua hal dan insiprasi yang kamu dapatkan. Kamu bisa menulisnya lewat media massa, jurnal pribadi, blog atau media sosial yang kamu miliki.

Siapa tahu ceritamu dapat menjadi inspirasi bagi orang-orang yang membacanya. Kalau ingin lebih banyak dibaca oleh orang lain, kamu juga bisa menuliskan pengalamanmu di halaman Hipwee Community, lho!