Datang bulan merupakan hal yang sangat lazim dialami wanita. Setiap bulan, wanita tidak pernah melewatkan tamu tersebut untuk singgah di dirinya. Meskipun lazim dan teratur setiap bulannya, namun ada beberapa wanita yang mengalami ketidaklaziman rasa sakit yang dideritanya selama menstruasi.

Jika kamu adalah salah satu wanita tersebut, berarti kamu The Real Survivor, mampu bertahan betapa perihnya menghadapi rasa sakit dan linunya di badan. Rasa sakit dan linu selama menstruasi dianggap sangat wajar sehingga banyak dari wanita mengabaikan hal tersebut. Namun, jika memang rasa sakit yang sudah melampaui batas dan mengganggu aktivitas kamu, sebaiknya kamu periksa ke dokter kandungan sebelum terlambat karena banyak ditemukan wanita yang merasa kesakitan berlebih selama menstruasi mengidap penyakit endometriosis atau policystic ovarium. Nah, berikut ini pasti kamu rasakan hal-hal yang membuat aktivitas kamu merasa terganggu

1. Kamu Malas Beraktivitas karena Rasa Sakit yang Tidak Biasa

Everything hurts and I’m dying via https://metrouk2.files.wordpress.com

Menghadapi rasa sakit pas datang bulan memang sangat menjengkelkan. Rasa sakit dan perih di seluruh tubuh membuat kamu malas untuk beraktivitas yang membuat aktivitas kamu terhambat. Selain rasa sakit yang kamu alami, rasa lemas pun akan menyelimuti tubuh kamu sehingga kamu tidak memiliki energi untuk melakukan sesuatu. Bahkan untuk bangun dari tempat tidurmu saja membutuhkan perjuangan yang ekstra. Jika kamu sering merasakan hal ini, bangunlah dan lakukan sesuatu yang tidak begitu berat. Setidaknya mengobrol dan beraktivitas kecil di rumah akan membantumu meringankan rasa sakit.

2. Terkadang, Datang Bulan Membuat Kamu Sangat Sensitif dan Over Thinking

Over Thinking via http://static.tumblr.com

Rasa sakit yang tidak biasa akan berimbas pada perasaan sensitif. Kamu dengan mudah bisa saja marah-marah atau mengomentari hal yang sebenarnya tidak terlalu penting namun membuatmu gusar. Terlebih lagi, karena rasa sakit dan linu yang mengharuskan kamu bed rest, kamu akan berpikir berlebihan seperti

Advertisement

"Tuhan, mengapa saya mengalami menstruasi yang sakit seperti ini namun teman saya tidak?"

Atau yang lebih parahnya lagi adalah kamu dapat berpikiran bahwa dunia tidak adil, dan bahkan dunia tidak akan pernah adil. Jika kamu merasakan seperti ini, langsung tepislah pikiran-pikiran tersebut dan menganggap bahwa ini hanyalah rasa sakit yang sementara yang diakibatkan oleh menstruasi kamu.

3. Selain Merasa Sensitif dan Over Thinking, Kamu Juga Merasa Tidak Nafsu Makan

Tidak Nafsu Makan via http://obatparu-paru.com

Karena rasa sakit, linu, dan kram di tubuh kamu terutama di bagian perut membuat kamu merasa tidak mau makan. Rasa sakit pun akan membuat kamu merasa selalu kenyang, terlebih lagi jika kamu makan nantinya akan membuat perutmu semakin sakit. Jika kamu merasakan hal ini, sebaiknya segera singkirkan pikiran tersebut karena sebenarnya kamu tidak kenyang sama sekali. Selama menstruasi, tubuh kamu juga membutuhkan asupan makanan loh. Makan lah makanan yang bergizi dan hindari junk food, karena junk food akan memperburuk menstruasi kamu ke depannya.

4. Kamu Merasa Khawatir dengan Pembalut Kamu; Cukup Panjang atau Tidak agar Bisa Melindungi Kamu dari Menstruasi

Pembalutku cukup panjang atau tidak? via https://cdn.sindonews.net

Lagi-lagi, saat kamu menstruasi pasti tidak luput dari rasa insecure apakah kamu tembus atau tidak? Rasa sakit saat menstruasi, ditambah dengan rasa tidak nyaman saat menggunakan pembalut akan membuatmu merasa terganggu saat melakukan aktivitas. Kamu pun menjadi merasa ketakutan jika darah yang kamu keluarkan sangat banyak. Untuk itu, bawalah pembalut sebanyak mungkin saat kamu beraktivitas, juga persiapkan baju ganti karena kamu tidak tahu nantinya apakah saat menstruasi kamu akan meninggalkan noda di pakaianmu atau tidak.

5. Dari Hal-Hal yang Disebutkan di Atas, Pasti Kamu akan Merasa Bangga dan Kuat Menjadi Wanita

Menghadapi tamu yang datang setiap bulannya dan mengundang rasa sakit memang sangat menantang. Karena kerutinannya yang setiap bulan datang, kamu jadi terbiasa dan deal with it atas rasa linu yang ditimbulkan. Selain itu, kamu pun akan merasa kuat sebagai wanita karena menahan sakit yang luar biasa dan perasaan yang tidak karuan. Dari rasa sakit yang ditimbulkan mengajarkan kamu betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh kamu. Meskipun beberapa wanita mengidap rasa sakit ini karena keturunan, namun tidak menjadi alasan untuk kamu tidak menjaga kesehatan. Makanlah makanan yang mengandung gizi dan olahraga teratur, tidak perlu olahraga berat dan harus ke gym, kamu pun bisa working out di rumah ataupun jogging setiap minggunya.