Kita, Manusia, Hakikatnya adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup. Dalam bahasa perpolitikan ada yang namanya teori interdependensia dimana setiap aktor-aktor politik tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri dan memilih kerja sama untuk saling memenuhi kebutuhan mereka. Nah, dari situlah terjalin kerjasama bilateral atau multilateral antar aktor-aktor politik. Kok jadi kaya dosen ya? haha

Terkadang hubungan antar individu terjadi begitu saja selama tujuan masing masing individu dapat tercapai. Nah, Hal terpenting atau bisa jadi yang tersulit adalah bagaimana cara mempertahankan kerja sama atau hubungan baik itu hingga tujuan-tujuan tersebut tercapai. Tidak dapat dipungkiri, banyak hubungan kerja sama yang kandas begitu saja ditengah jalan. Berikut adalah hal-hal yang harus kamu lakukan bila ingin hubungan kerja samamu dengan pihak lain dapat berjalan dengan baik:

 

1. Jaga sifat dasar

Sifat dasar adalah hal spontan yang dimiliki oleh seseorang yang terbentuk dari bagaimana dia tumbuh dan kadang tidak setiap orang menyukai sifat itu. Pada awalnya, setiap orang akan menjaga "image" atau "jaim" untuk memberikan "first impression" yang baik. Tetapi, kebanyakan orang, setelah kenal lebih lama terkadang sikap manis itu berubah menjadi pahit, sikap yang seenaknya sendiri. Dan saat ini terjadi, mulailah hati berkata dalam-dalam, yang mana menjerumus pada kebencian dan kejelekan hingga berujung pada fitnah.

2. Saling menghormati dan menghargai hak dan kewajiban masing masing

You Know My Name, Not My Story

You Know My Name, Not My Story via https://odetrahmawati.files.wordpress.com

Menghormati dan menghargai adalah hal yang paling utama dalam menjalani kehidupan, tidak hanya dalam menjaga hubungan dengan rekan kerja saja. Ketika setiap orang menghormati dan menghargai hak serta kewajiban, itu telah menandakan bahwa "everything is gonna be ok". Lain halnya bila salah satu pihak hanya ingin leye-leye, tetapi ingin mendapat hasil yang sepadan. Dan pada saat itu akan ada yang merasa tersakiti dan terkhianati.

3. Jangan hanya menyalahkan salah satu pihak bila ada suatu masalah

Seseorang tidak selamanya benar

Seseorang tidak selamanya benar via http://www.marriagehelper.com

Ketika kita telah bekerja sama, itu berarti kita telah berkomitmen untuk mencapai tujuan dan menyelesaikan masalah bersama, walaupun itu memang kesalahan dari salah satu pihak. Saat masalah tiba-tiba datang menghampiri kepada saah satu pihak dan pihak lain berusaha untuk menyelesaikan masalah itu bersama, pada saat itu seseorang akan merasa sangat dicintai dan dipeduliin, dan benih-benih cinta mulai tumbuh diantara mereka. #eaaa Tetapi, bila salah satu pihak menyalahkan pihak lain tanpa memberikan solusi, itu akan menjadi sebuah tekanan dan perasaan bersalah yang sangat besar, atau malah menambah besar permasalahan tersebut. Ketika itu terjadi, air mata mulai menetes dan membasahi pipi, dan bahu menjadi tempat ternyaman untuk bersandar.

4. No BOSSY

Sifat like a bos ini sangat dibenci orang lain terutama oleh orang yang juga memiliki sifat bossy. Kerja sama dimulai dengan kesetaraan posisi, tidak ada yang legih tinggi ataupun lebih rendah. Dengan begitu tidak akan ada yang merasa seperti menjadi budak atau merasa terhakimi. Bila kalian ingin menjadi bos, silahkan saja menyewa orang untuk melakukan apapun yang kalian inginkan.

5. Keikhlasan adalah kunci utama

Old people smile

Old people smile via http://artikelkristen.com

Inilah kunci dimana segala apa yang kamu lakukan menjadi lebih bermakna dan indah. Tidak ada yang bisa melampaui kekuatan dari keikhlasan. Keikhlasan dapat memperluas zona nyaman kamu yang mana  pekerjaan berat akan menjadi ringan atau bahkan terlihat sangat mudah. Kalian tidak perlu keluar dari zona nyaman untuk melihat "invisible thing", yang perlu klian lakukan adalah memperluas zona nyaman dan menjadi lebih nyaman. Dan pada saat itu, rekan kerja tidak hanya akan menjadi seorang rekan, tetapi akan lebih seperti saudara.

 

Itu sih dari aku, mungkin kamu-kamu sekalian mempunyai masalah dalam menjaga hubungan baik dengan rekan kerja dan juga orang lain, so please try at home.