Di dalam kehidupan sehari-hari, berinteraksi dengan orang lain adalah hal yang tidak mungkin bisa kamu hindari. Baik di dalam dunia kuliah maupun dunia kerja, kamu tetap harus belajar masuk ke dalam suatu kelompok organisasi. Di dalam tim, kamu juga harus bisa menyesuaikan diri agar bisa bekerja dengan baik, demi goal atau target-target yang telah ditentukan bersama.

Nah, apa aja, ya, hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan di dalam kelompok?

 

1. Mencela Seseorang

Semua orang berhak untuk berpendapat di depan umum. Terlepas dari salah atau benarnya pendapat itu, hal yang BIG NO dan sebaiknya jangan kamu lakukan adalah mencela teman satu tim.

“Menurut gue baiknya sih begini..”

“Kalau nggak tahu apa-apa soal ini, mending lo jangan ngomong, deh!”

“Wait, what?”

2. Memaksakan Kehendak

Walau semua orang berhak untuk berpendapat, tapi kamu nggak bisa berharap bahwa setiap opinimu akan diterima dan diterapkan dalam kelompok. Bukankah tujuan bekerja dalam tim adalah mencari solusi terbaik bagi semuanya?

Nah!

3. Diam dan Menerima dengan Pasrah

Tapi juga jangan selalu diam atau menerima semua yang dikatakan orang. Jika kamu merasa ada sesuatu yang harus diperjuangkan, nggak ada salahnya, kok, berpendapat.

“Menurut lo gimana?”

“Eh, apa? Ng, gue ngikut aja.”

“Oh. Oke.”

4. Tidak Konsentrasi/Tidak Menyimak

Salah satu tantangan paling sulit dalam rapat tim atau kerja kelompok adalah kehilangan konsentrasi. Kamu nggak akan bisa memahami materi yang dibicarakan dari awal, dan nggak akan bisa paham sampai akhir. Jadi, pastikan kamu menyimak dengan baik. Nggak enak banget, kan, kalau ditanya tiba-tiba, terus kamu malah nggak tahu apa-apa?

“Eh, menurut lo poin yang ini gimana ya baiknya?”

“Hah? Apa? Ini yang mana? Gue siapa?”

Well..

5. Mengantuk

Ini juga godaan terberat yang harus dilawan ketika bekerja dalam tim. Mengantuk bisa menyedot semua konsentrasi yang ada. Apalagi di ruangan yang adem. Semuanya terasa gelap dalam..

3...

2...

1...