Hari ini kita sudah memasuki era millenial, dimana kemajuan teknologi dan kecepatan informasi tak dapat dibendung. Sayangnya karena dimanjakan oleh teknologi informasi, ada hal-hal yang dilupakan oleh mahasiswa masa kini.

Apa sajakah itu? mari kita simak :

1. Membeli Buku Teks Perkuliahan

Buku Teks Perkuliahan via http://thomastalks.org

Setiap mengikuti perkuliahan dosen biasanya menyampaikan slide materi lalu membagikannya. Banyak diantara mahasiswa hari ini yang merasa cukup slide presentasi yang diberikan dosen. Padahal isi slide presentasi dosen hanyalah poin-poin inti dari mata kuliah yang diberikan.

Jika kamu ingin sepenuhnya memahami perkuliahan, belilah buku teksnya. Mahal? Tentu tidak jika memang kamu punya keinginan belajar dengan benar. Rutin membeli buku teks baik yang diwajibkan maupun tidak oleh dosen sangat bermanfaat bagi kuliahmu. Manfaatnya juga akan terasa saat kamu akan mengerjakan tugas akhir.

2. Mengutip Dari Buku

Copy-Paste via http://avitsena.uz

Advertisement

Sebagai seorang mahasiswa, pasti tak akan lepas dari tugas kuliah. Salah satu tugas yang sering diberikan dosen adalah membuat makalah. Puncaknya bagi kamu yang mengambil S1 maka membuat skripsi adalah syarat kelulusanmu. Dalam tugas membuat karya tulis tentu diharuskan mengambil referensi dari sumber-sumber berupa buku atau jurnal ilmiah. 

Namun sadarkah kamu bahwa banyak mahasiswa hari ini yang lebih sering copy-paste dari internet dibanding dengan mencari buku dan jurnal lalu mengutip sendiri? Internet hanyalah media bagi kita untuk mencari sumber-sumber yang valid seperti jurnal dan buku. Jangan jadikan sebagai referensi utama kita.

3. Mencicil Pengerjaan Tugas

Sistem Kebut Semalam via http://youthmanual.org

Suatu ketika dosen memberimu tugas membuat makalah, dikumpulkan sebelum UAS. Jika diberi tugas seperti itu, idealnya kamu mengerjakannya sedikit demi sedikit. Misalnya minggu pertama mencari data, minggu kedua mencari landasan teori, minggu ketiga latar belakang dan seterusnya.

Tapi pernahkah kamu mengerjakannya saat waktu deadline pengumpulan sudah dekat? Atau pernahkah kamu mengerjakannya satu malam sebelum waktu pengumpulan? 

4. Membaca Materi yang Akan Dipelajari

Dosen Fasilitator Perkuliahan via http://okezone.com

Dunia perkuliahan berbeda dengan saat kamu menjalani pendidikan dasar dan menengah. Pada masa SMP-SMA kamu hanya menerima materi yang diberikan gurumu. Namun saat menjadi mahasiswa, tugas dosen bukanlah menyuapi kamu dengan berbagai materi. Dosen adalah fasilitator dan partnermu untuk belajar.

Maka yang harus diperbanyak adalah mendiskusikan materi yang kamu belum fahami. Oleh karena itu membaca materi yang akan dipelajari sebelum masuk kelas akan membuat kuliahmu lebih efektif dibanding dengan yang tidak melakukannya.

5. Menyimpan HP Di Dalam Tas

Kecanduan Ponsel via http://snn.com

Pernahkah kamu memainkan ponselmu saat dosen sedang memberi kuliah di depan? Saat dosen menerangkan mata kuliah kamu sejenak membuka whatsapp atau facebook. Pantaskah hal itu dilakukan oleh seorang mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan.

Mari kita belajar untuk fokus memperhatikan dosen saat mengikuti perkuliahan. Simpan sejenak ponselmu di tas, toh masih banyak waktu lain untuk memainkannya.