Udah lama lulus dari sekolah atau kampus, tapi kerja masih gitu-gitu aja. Mau sampe kapan? Pertanyaan itu terasa menghantui diri ini beriringan dengan bayangan mantan yang belum bisa pergi dari pikiran. Umur terus berkurang namun angkanya terus bertambah tetapi pekerjaan kita pun belum pernah ada yang bertahan lama. Terkadang bosan sehari, di lain hari enggan berada dalam pekerjaan yang sama.

Yah, tetapi kaki harus terus melangkah untuk tetap bekerja demi mendekati mimpi. Apapun itu, asal bisa membantu menebalkan isi dompet, pasti kita sikat. Jangan sedih, teruslah bersemangat karena ada hikmah dibalik pekerjaan kita yang belum menetap ini.

Apa saja hikmahnya? Coba cek di bawah ini :

 

1. Seru

Excited man via https://tinybuddha.com

Iya, seru. Kamu punya kesempatan yang belum tentu orang lain punya. Kamu bisa kerja di banyak tempat selagi teman-teman kamu cuma bisa kerja di satu tempat dan di bidang yang itu-itu saja. Seru kan?

2. Punya Teman

Punya banyak teman itu seru via http://www.sebastienmillon.com

Tidak menutup kemungkinan kamu yang punya kerja serabutan bertemu dengan banyak orang yang cepat atau lambat bisa jadi teman. Mungkin dari mereka juga pintu menuju mimpi-mimpi kamu semakin terbuka lebar.

3. Belajar Keahlian Baru

Advertisement

Belajar keahlian baru bikin kamu kaya ilmu via http://www.femalefirst.co.uk

Berhubung pekerjaan kita berganti-ganti, mungkin tanpa sadar kita belajar untuk menjadi terampil menguasai ilmu atau keterampilan tertentu. Misalnya, kamu yang bulan kemarin bekerja sebagai penjaga stan makanan, ternyata harus belajar bernyanyi dan membacakan buku cerita di sebuah daycare seasonal. Seiring berjalannya waktu kamu akan sadar kalau kamu menabung banyak kemampuan dibandingkan orang lain.

4. Tahan Banting

Yes, we're strong! via http://www.lifehack.org

Pekerjaan kita ini membuat kita bertemu dengan banyak orang dengan berbagai karakter. Secara otomatis, mau tidak mau, suka atau tidak, diri kita terlatih untuk beradaptasi, menyesuaikan diri dengan lingkungan dan orang-orang disekitar tempat kerja kita. Pasti tidak semua orang yang kita temui baik dan menyenangkan.

Satu dua orang yang menyebalkan juga pernah kita hadapi. Tetapi demi pundi-pundi rupiah dan pengalaman berharga di masa muda kita pasti sanggup bertahan dan terus berjalan. Itulah yang membuat kita bisa menjadi pribadi kuat di masa depan.

5. Optimis

Optimistic people via http://www.ilanelanzen.com

Ya, dengan pekerjaan yang belum pernah menetap ini membuat kita selalu berharapan baik. Kita menganggap pekerjaan-pekerjaan kita ini adalah sesuatu yang sementara, tahapan yang memang harus kita lewati menuju mimpi kita di masa depan. Asalkan kamu tetap berusaha untuk melihat sisi baik dari setiap kejadian, kamu akan memiliki sikap optimis untuk menjalani dan menikmati hari-harimu.

Jadi untuk kamu, pekerja serabutan, pekerja dengan seribu macam keahlian, teruslah melangkah. Ingat selalu kalau apa yang terjadi padamu adalah hal yang baik. Mungkin rasanya sedikit tidak menyenangkan untuk hari ini tetapi kita pasti akan tersenyum bangga di garis finish. Bersemangatlah dan berbahagialah. Tuhan pasti bersama kita.