Banyak nih yang bilang Arsitek itu keren bisa membuat bangunan yang seru seru. Apasih artinya dibalik itu semua?. Mereka nggak sekedar buat bangunan yang 'wah' aja. Pasti ada alasan dibalik desain itu. Intinya nggak keren di tampaknya doang tapi tentunya memberi manfaat bagi orang lain. Itulah yang dinamakan seni seorang Arsitek. Apa aja seni tersebut? Daftarnya ada di bawah ini ya.

 

1. Membaca dan Menyelesaikan Masalah dengan Seni

La Pajarera Lodge Shangri-La

La Pajarera Lodge Shangri-La via http://arcdaily.com

Arsitek itu pekerjaan berat tapi seru. Mereka akan disibukkan dengan beribu masalah dan dituntut untuk meyelesaikannya. Untungnya nih mereka punya jiwa seni untuk itu. Jadi solusi yang ditawarkan nggak akan dikira sebelumnya. Penginapan ini menawarkan suasana alam banget. Pengalaman hidup di tengah tengah hutan akan dirasakan penggunanya. Mau ngerasain?

2. Seni Menerjemahkan Solusi kedalam Desain

Park Central

Park Central via http://arcdaily.com

Solusi kalau cuma kata-kata semua orang bisa kali, tapi baagaimana cara mengatasi rumah yang terasa panas? dengan vertikal garden, membuat bukaan yang banyak dan lain-lainl. Ini yang menjadi tugas Arsitek. Mereka membuat desain yang menjawab masalah tersebut. Jadi nggak kayak kata 'Do Less Talk More'. Intinya Arsitek itu menjawab dengan desain bukan cuma kata-kata doang. Si Arsitek ini mecoba memberi sentuhan hijau di dalam pusat kota di Guangzou.

3. Seni Agar Orang Lain Paham

Resident Tower in China

Resident Tower in China via http://arcdaily.com

Selesai membuat solusi ada tugas lagi nih yang lumayan berat. Desain mereka harus bisa dipahami orang lain. Aneh kan bila yang paham cuma dia sendiri? membahasakan desain kalau bahasa anak-anak Arsitek. Arsitek ini mencoba menyampaikan pesan walau hidup di kota bukan berarti yang alami ditinggalkan ya. Hijau itu sedap dipandang kayak resident tower ini.

4. Seni Membuat Orang Lain Tersenyum

Energy Efficient Bamboo House

Energy Efficient Bamboo House via http://arcdaily.com

Desain udah jadi nih. Tugas belum selesai. Desain tersebut bisa dikatakan berhasil jika dapat dirasakan manfaatnya. Orang lain akan melihat desain tersebut. Jika merasakan manfaatnya dan melihat desain itu bagus, mereka akan memperoleh kebahagiaan. Jadi Arsitek bisa jadi ladang pahala lhoh, katanya senyum adalah ibadah. Siapa yang nggak nyaman tinggal di rumah bambu ini?.

5. Terakhir, Seni Mengantarkan Manusia pada Tuhannya

Senyum adalah tanda kepuasan diri. Batin akan merasa bahagia. Desain yang baik adalah desain yang mengingatkan manusia kepada Tuhannya. Bukan berarti penuh simbol ya. Tapi desain itu mengajak orang lain untuk merasakan kemudahan dan membuat mereka bersyukur.