Kenal Gayus? Pastilah. Orang ini cukup ngetop di Indonesia. Apalagi kalau sudah launching foto terbaru, se-antero negeri langsung heboh. Namun di balik itu semua apakah Anda tahu ‘kemungkinan’ siapa Gayus ini sebenarnya? Nah, saya mau kasih tahu. Siap-siap untuk kesal.

 

 

 

 

 

 

1. Gayus = Houdini??

‘Kemungkinan’ yang pertama, Gayus adalah reinkarnasi Harry Houdini. Nah lho.. Iya, bayangkan saja, Gayus bisa beberapa kali lolos dari pengamanan penjara yang ketat.

Dari sekian banyak manusia di bumi ini, Houdini adalah salah satu orang yang ahli dalam meloloskan diri dari kurungan. Reputasi pesulap kelahiran 1874 ini kian menanjak saat ia menciptakan berbagai trik yang lebih rumit. Salah satunya, Houdini berhasil meloloskan diri dari penjara dan straitjacket dengan dilihat langsung oleh banyak penonton. Bagaimana menurut Anda? Apakah memang benar si Gayus ini adalah reinkarnasi Houdini? Apalagi Gayus sudah beberapa kali ‘menjebol’ penjara dan pergi plesiran kemana-mana. Hebat!

2. Gayus = Harry Potter??

‘Kemungkinan’ kedua, bisa jadi Gayus adalah sosok Harry Potter. Itu lho, novel fantasi yang dikarang oleh penulis Inggris J. K. Rowling. Saya rasa Gayus pernah menggali ilmu di Sekolah Tinggi Ilmu Sihir HogWarts. Saat di penjara, Gayus mengucap mantra ‘Alohomara’ dan seketika terbukalah pintu. Sesampai di luar ia mengucap mantra ‘Dissendium’, maka terbukalah gerbang. Kemudian ia pun berucap ‘Simsalabin’, lalu seketika sampailah ia di Makau, Bali atau restoran di Panglima Polim Jakarta Selatan.

Kalau dipikir-pikir memang bisa jadi Gayus ini adalah Harry Potter. Saya rasa sihir yang ia gunakan cukup kuat dan ampuh untuk menjadikannya sosok yang bisa bebas kemana saja. Entahlah, bisa jadi ia punya kertas sihir yang jika dibagikan ke pihak penjara, maka ia bisa bebas seenaknya. Hm..

3. Gayus = Nobita??

Ketiga, bisa jadi Gayus adalah Nobita. Dengan bantuan Doraemon, si Gayus bisa plesiran kesana-sini. Tak susahlah jika sekedar bertandang ke Makau, Bali atau restoran di Jakarta itu. Tinggal merogoh kantong ajaib, selesai masalah. Nah yang jadi pertanyaan, siapakah Doraemon-nya??? Misteri ini sungguh sulit untuk terpecahkan. Semoga ada Shizuka yang mampu merayu Gayus agar mau buka suara soal aktifitas plesirannya ini.

4. Gayus ini = Andy Dufresne??

 Andy Dufresne

Andy Dufresne via http://www.fanpop.com

Keempat, apakah bisa dimungkinkan si Gayus ini adalah Andy Dufresne di film The Shawhank Redemption. Soalnya saya lihat mereka berdua sama-sama punya kemampuan di bidang cuci mencuci uang. Bisa jadi Gayus bekerja dari dalam sel penjara, dan hadiah dari aktifitas cuci uang adalah liburan per bulannya. Gimana tuh?

Kalau memang Gayus adalah Andy, berarti mantan PNS ini juga punya palu kecil dong. Tapi saya rasa bukan untuk menggali dinding kamar tahanan, tetapi untuk ngetok kepala para petinggi. Sekali ketok, dua hingga tiga pulau terlewati. Hm..

5. Gayus = Orang Bunian

Terakhir, ‘kemungkinan’ Gayus ini adalah… Mmmm..rada horor sih. Apakah Gayus adalah Orang Bunian? Orang Bunian ini terkenal sakti dan bisa menghilang seketika seperti hantu. Mahkluk halus dari Sumatera Barat ini memang telah menjadi cerita rakyat dari masa ke masa, lalu apakah Gayus salah satunya?

Bisa jadi. Soalnya Gayus dengan mudah menghilang dari penjara. Ini hal yang tidak masuk akal dan mustahil bagi narapidana yang dipenjara gara-gara maling ayam. Kok bisa dengan mudahnya keluar masuk penjara?

Kalau memang Gayus adalah Orang Bunian, berarti terjawab dua misteri dunia. Pertama, ketauan sudah siapa Gayus dan yang kedua terjawab sudah cerita mistis orang Sumatera Barat.

Yus Gayus.. Bikin penasaran aja sih. Itulah ‘kemungkinan’ yang sepertinya tidak masuk akal. Tapi begitulah keadaannya. Banyak hal yang tidak masuk akal di negara ini. Sekarang marilah kita kembalikan saja ke Gayus. Biar dia yang buka suara soal plesiran-plesirannya itu. Secepatnya ya Yus..