Siapa sih yang nggak pernah mengenang masa lalu? Duh, masa lalu ini soal di bangku sekolah lho, ya.

Masa SMA adalah masa-masa yang tak terlupakan katanya. Ya mungkin beberapa bilang gitu karena koleksi mantannya banyak. Haha. Tapi jangan salah, zaman SMA memang paling asyik untuk diceritakan; bahkan sampai-sampai pengen diulang.

Cek deh yang katanya pernah merasakan asam manis bangku sekolah; kalian pasti kangen banget sama kenangan ini!

1. Seleksi alam menghantar kita membentuk kelompok kecil dengan sendirinya

Metagnostic via https://web.facebook.com

Jangan salah. Satu kelas di bangku sekolah itu tidak hanya satu atau dua murid saja, tapi puluhan murid. Tapi, seiring berjalannya waktu, kecocokan karakter kadang membuat kita bergerombol bersama dengan si A dan si B.

Dengan adanya kelompok kecil itu bahkan guru kelas mengenalnya dengan geng si A dan geng si C. Padahal, kita tidak pernah mendeklarasikannya, hehe.

See!!

Semakin dewasa kita akan sulit menemukan teman yang berhati polos. Di dunia luar kita hanya menemukan teman dengan dalih kepentingan. Jangan salah jika hidup makin individualis.

2. Siapa nih yang semangat kalau ada perayaan Hari Raya? Hahaha

Advertisement

Metagnostic via https://web.facebook.com

Mengapa bisa dikatakan menyenangkan? Jawabannya logis. Selain mengenang dan menghargai para pahlawan di hari besar, juga karena tidak ada KBM yang menuntut kita akan tugas ini dan itu. Banyak perlombaan yang lebih menarik dibanding rumus-rumus yang mematikan.

Di sini, kekompakan kelas diujikan. Kadang kata menang adalah yang paling enak didengar. Apalagi bisa jadi nilai jual di mata guru pengajar, hehe.

3. Kita sebut ini kerja sama. Bukan mencontek, kok!

Mengapa bisa dikatakan demikian?Kerelaan hati yang membuat kita yakin bahwa tugas dan kerjaan kita dan teman adalah sama benar. Jadi, dengan adanya pandangan seperti itu atas dasar keyakinan kita saling percaya.

Dengan lapang dada kita mengerjakan tugas dengan hasil yang sama. Hahaha.

Lain halnya saat mencontek, tanpa sepengetahuan dan adanya izin dari teman membuat kecemburuan sosial timbul di dalamnya.

4. Kalau flashback ke zaman dulu, malu deh pernah jadi alay 🙁

Kata orang, nnggak keren kalau hidup nggak pernah merasakan alay. Alay adalah masa seseorang yang mengekspresikan diri dengan cara berlebihan.

Zaman sekarang sudah tidak tabu lagi melihat seseorang yang sedang mengalami masa kealayannya. Dengan begitu seiring berjalannya waktu dia akan sadar jika sikap yang pernah dilakukannya terkadang memalukan. Hihi.

5. Jangan ada kata pisah di antara kita!

Metagnostic via https://web.facebook.com

Dalam pertemuan, pasti ada perpisahan.

Pertemuan adalah hal yang menggembirakan; berjumpa teman baru, kelas baru, mungkin alat sekolah pun ikut baru. Sayangnya, semua akan menjadi lusuh saat perpisahaan mulai dipersiapkan.

So, yang mungkin akan dan masih menjalani rutinitas sebagai anak SMA, pergunakan kesempatan itu dengan baik! Ukir kenangan tersebut sebelum tinggal kenangan. Karena melakukan suatu hal yang baik akan lebih baik dikerjakan hari ini daripada esok hari.