Salah satu jalan untuk menuju kesuksesan adalah dengan bekerja. Idealnya, kamu mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion yang kamu miliki, dekat dengan keluarga, bergaji besar, serta berada di kota besar. Kalau sudah demikian, maka nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustakan? Sayangnya tidak semua orang bisa mewujudkan impiannya tersebut. Terkadang mereka memperoleh pekerjaan yang bergaji besar, tapi tidak sesuai passion. Akhirnya keluar.

Ada lagi yang punya pekerjaan dengan gaji besar, tapi jauh dari keluarga. Akhirnya berhenti juga. Ada pula beberapa diantaranya yang mendapat pekerjaan dengan gaji sesuai, dekat dengan keluarga, serta sesuai dengan passion yang dimiliki tetapi ditempatkan di daerah terpencil. Akhirnya jadi berfikir, mau berhenti atau lanjut. Hal-hal dilematis seperti itu tentunya akan (pernah) kamu alami.

Nah, untuk kamu yang sudah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan passion yang kamu miliki, bergaji sesuai, dekat dengan keluarga tapi berada di daerah terpencil, ada baiknya kamu pikir-pikir dulu kalau mau berhenti. Meski berada di tempat yang jauh dari keramaian dan hingar-bingar kehidupan perkotaan yang menyilaukan, setidaknya kamu masih memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan teman-teman kamu yang saat ini bekerja di kota. 

Apa saja keuntungan itu? yuk, kita lihat beberapa diantaranya.

 

1. Kamu tidak akan menjadi orang yang konsumtif

tidak akan ada belanja-belanja yang tidak perlu

tidak akan ada belanja-belanja yang tidak perlu via http://4.bp.blogspot.com

Hampir dipastikan kamu tidak akan bertemu dengan yang dinamakan mall kalau berada di daerah terpencil. Jangankan mall, terkadang jaringan listrik dan sinyal Handphone saja masih susah. Tapi hal itu setidaknya akan membawa sisi positif, yaitu secara tidak langsung aka membuat kamu menjadi tidak konsumtif. Lhoh sekarang kan belanja gak harus ke mall, online kan bisa? Memang online masih bisa, kirim paket sejauh apapun pasti juga sampai.

Akan tetapi gimana kamu mau belanja online coba kalau jaringan internet saja paling banter cuma 2G? Otomatis kamu akan malas dengan sendirinya ketika hendak berbelanja. Kalau sekedar untuk kebutuhan sih dijamin, se terpencil-terpencilnya tempat pasti masih ada pasar tradisional. Di tempat itulah kamu bisa belanja kebutuhan-keutuhan dengan harga miring dan bisa ditawar. Hemat bukan??

2. Kamu bisa memperbanyak tabungan untuk masa depan

memperbanyak tabungan untuk masa depan

memperbanyak tabungan untuk masa depan via http://www.hannientour.co.id

Karena hidupmu tidak se-konsumtif seperti kalau hidup di kota besar, maka itu berarti kesempatan untuk menambah pundi-pundi tabunganmu. Bisa jadi suatu saat nanti kamu akan dipindah tugaskan ke kota besar. Ingat, tidak selamanya juga kamu bisa bertahan di tempat itu. Ada saatnya nanti kamu juga akan membutuhkan fasilitas-fasilitas yang hanya ada di kota besar. Karena itu, selagi masih ada kesempatan, manfaatkan itu sebaik mungkin. Syukur-syukur hasil jerih payahmu selama berada di daerah terpencil itu bisa menjadi suatu kebanggan saat pindah ke kota nanti, seperti mobil, rumah, ataupun bisa menyekolahkan anak di sekolah yang paling bagus dan mahal. 

3. Kamu akan merasakan betul nilai kekeluargaan dan gotong royong

gotong royong membangun rumah

gotong royong membangun rumah via https://wartakita.id

Ketika kamu tinggal didaerah perdesaan, sudah hampir dipastikan akan merasakan yang namanya semangat kekeluargaan dan gotong royong. Suatu hal yang saat ini sangat langka ditemui di kota-kota besar. Saat kamu sakit, tetangga akan datang beramai-ramai untuk menengok sembari membawakan buah tangan. Ketika kamu hendak mengadakan hajatan, kamu tidak perlu menyewa jasa event organizer.

Sebab para tetangga akan secara sukarela berdatangan untuk membantu semua keperluanmu. Bahkan ketika musim panen tiba, kamu tidak perlu repot-repot membeli sayuran ataupun beras. Karena tetangga sekitarmu pasti akan membagikan sebagian hasil panenannya tersebut. Memang tidak seberapa sih, tapi setidaknya kamu beruntung bisa mendapatkannya secara cuma-cuma alias gratis. 

4. Wawasan dan pengetahuanmu akan semakin luas

budaya baru berarti wawasan baru

budaya baru berarti wawasan baru via http://4.bp.blogspot.com

Dengan memperoleh penempatan kerja didaerah terpencil yang bukan merupakan tempat asalmu, maka dengan sendirinya itu akan menambah wawasan serta pengetahuanmu. Saat kamu tinggal di kota, mungkin sehari-harinya kamu hanya melihat kemacetan, orang-orang yang sibuk dengan kepentingannya, serta  tindak kejahatan yang berbagai macam jenisnya. Selalu itu-itu saja. Kamu tidak akan merasakan syahdunya minum teh di tengah sawah, melihat anak-anak memandikan kerbau, atau melihat orang merayakan pesta panen. Semua hal baru itu hanya akan kamu dapatkan di daerah. 

5. Mungkin saat ini tidak enak dijalani, tapi nanti akan menarik untuk diceritakan

Ada saatnya kamu akan merasa jenuh. Siapa coba yang tidak jenuh kalau mau pergi kemana-mana saja jauh, listrik sering mati, sinyal susah, jaringan internet lemot? Tapi justru disitulah menariknya. Bisa jadi saat ini kamu mengeluh, tapi nanti ketika kamu sudah pindah ke tempat yang lebih baik, semua suka dan duka selama berada di daerah terpencil tersebut akan menjadi untaian kisah yang layak untuk diceritakan kepada teman-temanmu.

Yang pasti, akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri bisa survive dan berhasil melewati saat-saat yan tidak mengenakkan. Sedangkan kamu yang berada di kota dan terbiasa dengan semua kelengkapan fasilitasnya, mungkin akan terheran-heran saat mendengar kisah perjuangan itu. 

Kalau sekarang kamu sedang ditempatkan di daerah terpencil, sabar saja...sebab semua pasti akan (p)indah pada waktunya. Jadi tetap semangat yaa guys and girls...