Hai Anak Muda Indonesia,

Anda yang masih berumur sekitar 18 - 23 tahun mungkin masih menjalani perkuliahan. Apakah Anda juga sambil bekerja baik full time atau part time?

Jika iya, maka Anda telah mengambil keputusan yang sangat tepat walaupun mungkin Anda akan mengalami kelelahan atau peningkatan stress saat harus fokus bekerja dan kuliah dalam 1 hari. 

Namun jangan mengeluh lagi, berikut adalah 5 keuntungan bagi Anda yang sekarang atau pernah kuliah sambil bekerja

1. Disiplin Waktu

Disiplin waktu via https://3.bp.blogspot.com

Kuliah dan bekerja mungkin bukan lah hal yang mudah bagi sebagian orang namun Anda yang kuliah sambil bekerja tentu akan sangat ketat terhadap waktu. Secara tidak langsung maupun langsung, Anda telah belajar manajemen waktu yang akan menjadi hal yang penting bagi Anda di masa depan ketika Anda telah bekerja menjadi seorang manajer atau eksekutif di perusahaan yang tentunya membutuhkan orang yang pandai dalam membagi waktu dengan sangat baik.

2. Melatih Fokus

Bekerja dan kuliah tentunya membutuhkan fokus yang besar dari Anda karena Anda harus fokus bekerja agar dapat bekerja dengan baik dan juga harus fokus kuliah agar dapat lulus dengan memuaskan. Nah, Anda sesungguhnya telah melatih fokus Anda dengan sangat baik.

3. Menambah dan Memperluas Relasi

Advertisement

Menambah relasi pertemanan via http://i0.wp.com

Bekerja dan kuliah mengharuskan Anda berada di dua lokasi atau lingkungan yang berbeda dalam 1 hari. Sesungguhnya Anda dapat menambah relasi pertemanan Anda melalui lingkungan perkuliahan dan tempat Anda bekerja.

Teman yang Anda miliki mungkin akan menjadi teman sejati yang membawa Anda ke tingkat kesuksesan di masa depan. Oleh karena itu, tambahlah relasi pertemanan bukan hanya di kampus tetapi juga di tempat Anda bekerja sekarang.

4. Mandiri dalam Hal Keuangan

Bagi Anda yang memutuskan bekerja saat kuliah tentunya mempunyai salah satu tujuan yaitu membantu meringankan beban orang tua yang telah menyekolahkan kita selama 12 tahun di sekolah formal.

Dengan bekerja, Anda akan mendapatkan gaji setiap bulannya yang harus Anda sisihkan untuk biaya hidup dan membayar perkuliahan. Selain mengurangi beban orang tua, Anda juga sesungguhnya telah atau sedang belajar mengatur keuangan dengan secara mandiri dan tentunya hal ini akan sangat berguna kelak di masa depan Anda.

5. Menambah Pengalaman

Menambah pengalaman via http://cdn.klimg.com

Pekerjaan yang Anda jalani saat ini mungkin bukan pekerjaan impian Anda namun jika Anda tetap bekerja dengan serius dan giat maka pekerjaan Anda sekarang ini akan memberikan pengalaman bagi Anda yang dapat Anda gunakan kelak ketika melamar di perusahaan atau pekerjaan impian Anda setelah lulus kuliah.

Oleh karena itu, bekerja sambil kuliah menambah pengalaman yang sangat berharga yang tidak dapat Anda miliki apabila hanya kuliah mengharapkan uang orang tua dan bermain-main saja.

Mari syukuri dan jalani pekerjaan dan perkuliahan Anda dengan semangat.