Ketika sedang patah hati, terkadang yang kamu inginkan hanyalah menyendiri. Merenungi kegagalan, ketidakacuhan, ataupun penolakan. Entah itu gagal move on, cintamu ditolak gebetan, ataupun ditolak dosen pembimbing. Namun, jangan biarkan kesedihanmu menguasaimu lebih lama.

Untukmu yang sedang dirundung duka, 5 alternatif lagu dari band indie ini bakal ampuh mengusir kegalauan dan kekecewaanmu. Lagu-lagu ini mungkin jarang kamu dengar di radio atau kamu temui di tangga lagu. Terlebih, lagu ini direkomendasikan bagi kamu yang merindukan musik Indonesia yang berkualitas, musik dari band indie jadi jawabannya!

Musik-musik Indie memang punya penggemar sendiri di Indonesia. Mereka membawakan jenis-jenis musik yang berbeda dari musik kebanyakan. Ketiadaan paksaan pasar membuat mereka bebas berekspresi demi membawakan musik yang damai di hati. Liriknya yang positif pun akan membuatmu bangkit lagi!

1. Jangan biarkan rasa galau menguasaimu. Lagu ‘Happy’ dari Mocca ini bakal ceriakan harimu.

Band indie asal Bandung ini cenderung memberikan sentuhan riang pada lagu-lagunya. Tidak hanya terkenal di Indonesia, Mocca sudah melanglang buana hingga Asia. Bahkan, lagu berjudul ‘Happy’ ini sempat diubah ke dalam bahasa Korea untuk mengisi soundtrack K-Drama.

Beranggotakan 4 orang dengan vokalis perempuan, Mocca mempersembahkan lagu-lagunya untuk ceriakan harimu. Coba deh, dengarkan lagu berjudul ‘Happy’ ini! Lagu berlirik bahasa Inggris yang liriknya mudah dicerna ini bisa membangkitkan semangatmu untuk kembali ‘Happy’! Dijamin, suasana hatimu akan membaik.

If One Day You Lose Your Way
Just Remember that I'm Here to Stay
Don't You Give up, Keep Your Chin up
And Be Happy!

2. Meski sedih mengganggu harimu, yakinlah Banda Neira akan mengajakmu move on lewat ‘Berjalan Lebih Jauh’.

Advertisement

Banda Neira via http://sorgemagz.com

Banda Neira adalah duo yang memiliki ciri khas yaitu lagu-lagunya yang bernuansa nelangsa. Mayoritas lagu band indie ini memang bernada sendu. Akan jarang kamu temukan lagu-lagu bertema cinta kepada pasangan pada lagu-lagu duo ini. Justru, kamu akan menemukan lagu-lagu sederhana tentang harapan, musikalisasi puisi, atau bahkan lagu dengan lirik perjuangan.

Salah satu lagu Banda Neira yang tidak begitu nelangsa dan bisa membuatmu optimis adalah ‘Berjalan Lebih Jauh’. Diiringi alunan gitar, ‘Berjalan Lebih Jauh’ mengajakmu untuk terus optimis dan jangan menyerah. Setelah kamu kembali ‘Happy’, kamu diajak untuk move on melalui ‘Berjalan Lebih Jauh’.

Berjalan lebih jauh
Menyelam lebih dalam
Jelajah semua warna
Bersama, bersama, bersama

3. Seperti kata Dialog Dini Hari, ‘Hiduplah Hari Ini’. Lupakan yang lalu dan semangat mulai hari baru.

Dialog Dini Hari via http://gigsplay.com

Band indie yang digawangi oleh 3 personil ini berasal dari Pulau Bali. Beraliran folk dengan vokal merdu diiringi gitar akustik, Dialog Dini Hari senantiasa menghadirkan nuansa tenang di setiap lagunya. Kamu harus menambahkan band ini dalam playlist-mu!

Sambutlah indahnya esok hari

Syukuri cerita yang telah pergi

Lagu berjudul ‘Hiduplah Hari Ini’ akan membuatmu bersiap menghadapi esok hari. Jangan lagi ungkit yang telah pergi. Apalagi, lirik-lirik lagu Dialog Dini Hari ini puitis nan mempesona!

Warnai hari lukis dunia

Asah naluri gapai bahagia

Damaikan diri gapai semesta

Lahirkan keajaiban dari tangan mu

Bersegeralah, kamu harus lupakan yang lalu, hiduplah hari ini, dan tata hari baru! Optimis!

Lucuti rantai membelenggu

Buka hati menata hari baru

4. Melalui ‘Mengawali Hari’, kamu diajak Nosstress untuk introspeksi diri. Siapa tahu kegagalanmu akibat ulahmu sendiri.

Nosstress via http://nosstress.com

Band indie yang juga lahir di Bali ini juga patut kamu dengar lagu-lagunya. Dengan alunan gitar akustik yang mengiringi aliran folk-nya, Nosstress membawakan lagu-lagu dengan lirik sederhana namun menyimpan pesan mendalam.

Pagi telah datang semua siap hadapi dunia
Pagi yang datang haruskan kita untuk berpikir
Pikirkan burukmu, pikirkan sifatmu, pikirkan sekitarmu
Baru kau mulai langkahmu

Melalui ‘Mengawali Hari’, kita diminta introspeksi terhadap hal-hal yang terjadi dalam hidup kita. Jangan-jangan, gebetan nolak kamu karena sikapmu yang nggak pas di mata dia? Ah, bisa jadi! Setelah introspeksi, jangan lupa perbaiki dan semangat lagi!

Apa yang kita rasa
Apa yang kita lihat
Apa yang kita alami
Semua karna kita sendiri

5. Kini saatnya kamu menghapus air mata! Barasuara akan mengusir sedihmu dengan lagu ‘Api dan Lentera’.

Barasuara via http://barasuara.com

Coba dengarkan lagu Barasuara berjudul ‘Api dan Lentera” ini. Dijamin, galaumu akan hilang dan semangatmu akan membara karena Barasuara akan menghentak jiwamu!

Memori yang dulu kau hapuskan akan berlari

Saranku kau berhenti menyiksa diri

Waktu yang akan mengobatimu

Kolaborasi pas antara gebukan drum dengan 2 vokal perempuan dan 1 laki-laki, Barasuara adalah band indie beraliran rock yang disuguhkan berbeda. Barasuara memang dikenal dengan musiknya yang menggebrak dan liriknya yang optimis. Ajakannya untuk kembali bangkit tak akan kamu sia-siakan! 'Api dan Lentera' jadi pemantik jiwamu kembali membara!

Lepaskan rantai yang membelenggu

Nyalakan api dan lenteramu

Yuk, coba dengar lagu dari band-band indie di atas! Lalu, lagu indie mana yang jadi favoritmu?