Menjadi pegawai bank adalah cita-cita banyak orang. Selain faktor salary yang dianggap cukup baik, penampilan pegawai bank yang menawan pun jadi daya tarik tersendiri. Anggapan bahwa pegawai bank adalah pegawai kantoran dan bukan orang lapangan juga masih melekat di benak banyak orang.

Jalur terbaik mendaki karir di Bank adalah jalur ODP. Sebab ketika lulus pendidikan akan langsung menjadi atasan bukan pelaksana. Tips-tips apa saja yang bisa dilakukan untuk lolos seleksi ODP Bank sebagai berikut :

 

1. Pra Seleksi - Pilih Bank yg Akan Dilamar

Job Fair Bank Tribunnews

Job Fair Bank Tribunnews via http://www.skillspeak.com.au

Sebelum datang ke job fair maupun mengikuti seleksi tes masuk ODP peserta sebaiknya mempelajari Bank mana yang akan dilamar. Jangan asal melamar karena kalau sampai salah memilih Bank bisa sangat menyesal di kemudian hari.

Karena setiap Bank yang ada di Indonesia memiliki budaya kerja, fasilitas dan skema penggajian yang berbeda. Selain itu jika anda merasa tidak cocok dengan pekerjaan atau bank yang anda lamar, sebagai ODP jika keluar sebelum waktunya maka bisa dikenakan sanksi.

Sanksi umumnya berupa denda hingga ratusan juta rupiah. Apabila anda melarikan diri maka itu akan dijadikan hutang tidak tertagih yang tercatat di Bank Indonesia.

Pertimbangkan juga syarat-syarat yang diminta bank tersebut dan juga proses seleksinya. Bila anda alumni PTS jangan melamar bank yang hanya menerima alumni PTN karena hanya akan membuang waktu anda.

2. Pra Seleksi - Kemapuan Diri & CV

tafebytes.com

tafebytes.com via http://tafebytes.com.au

Secara umum syarat-syarat nya menjadi ODP Bank adalah :

- IPK minimal 3.0

- TOEFL minimal 500

- Matematika dasar

- Komunikatif

- Berpikir logis, sistematis, problem solver, jujur, mau bekerja keras dan bekerja di bawah tekanan

- Siap ditempatkan di unit manapun dan di kota manapun di seluruh Indonesia

- Pengalaman organisasi adalah nilai plus

Jadi kalau syarat-syarat diatas belum terpenuhi sebaiknya kejar syarat2 tersebut terlebih dahulu supaya bisa lolos secara administratif.

3. Datang ke Job Fair

Tribunnews.com

Tribunnews.com via http://cdn-2.tstatic.net

Lebih baik datang ke Job Fair daripada daftar via website karena umumnya diproses lebih cepat. Setelah itu cari stand bank yang akan kamu lamar sambil lihat-lihat stand bank lain yang dijadikan alternatif pilihan. Apabila bank yang kamu lamar membuka lebih dari satu jalur pendaftaran, kamu harus hati-hati dalam memilih baris antrian.

Karena bisa jadi kamu bertemu dengan penguji yang killer. Pastikan kamu dapat penguji yang baik. Biasanya penguji yang baik diantri banyak pelamar. Lebih baik antri lama daripada tidak lolos karena dapat penguji killer.

4. Ikuti Test Tulis & FGD Dengan Cermat

http://amitchougule.com

http://amitchougule.com via http://amitchougule.com

Biasanya ada psikotest, tes TOEFL, Focus Group Discussion. Perbanyak latihan psikotest bila perlu beli buku psikotest di toko buku terdekat.  Bisa juga googling untuk cari contoh soal psikotest yang digunakan bank. Tiap bank punya soal psikotes yang berbeda-beda. Carilah yang paling mendekati, niscaya akan sangat membantu. Makin sering berlatih makin cepat dan tepat.

Demikian juga untuk TOEFL bila perlu kursus ke lembaga pendidikan bahasa Inggris. Untuk FGD saya sarankan banyak berorganisasi agar bisa latihan kritis dan mampu berdiskusi dengan baik dan sopan.

Jangan memaksakan pendapat tapi utarakan pendapat dengan data dan fakta yang bisa diterima semua anggota kelompok. Terpenting dalam FGD anda harus memberikan saran-saran yang bisa diaplikasikan dan merupakan solusi dari permasalahan yang disodorkan.

5. Medical Checkup & Final Interview

ineedresume.com

ineedresume.com via http://www.ineedresume.com

Olahraga rutin dan minum multivitamin sangat dianjurkan dilakukan jauh-jauh hari sebelum medical checkup. Upayakan punya badan yang sehat dan proporsional. Antara tinggi badan, berat badan dan lingkar perut harus ideal. Ingat anda calon pemimpin bank, tentu penampilan akan menunjang karir.

Sebelum med-check ada baiknya untuk minum susu beruang dan minum nutrisi penurun kolesterol. Apalagi kalau anda suka makan gorengan, kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan anda kalah bersaing dengan kompetitor anda.

Untuk final interview ada baiknya anda update dengan situasi ekonomi Indonesia maupun internasional. Isu apa saja yang sedang ramai dibicarakan di media. Baca berita online maupun cetak akan sangat membantu. Selain itu cobalah untuk cari tahu tentang bank yang anda lamar.

Punya anak perusahaan apa saja, produk-produk unggulannya, kelemahan dan kelebihan bank yang anda lamar. Karena biasanya di final interview ada pegawai Human Capital, saya sarankan anda hafal "core values" bank yang anda lamar sampai ke tagline nya juga. Itu akan memberikan anda nilai plus di hadapan penguji.

Apabila ditanya kesiapan ditempatkan di unit manapun dan di kota manapun jangan jawab anda seorang traveller yang suka jalan2. Jawablah bahwa anda serius menekuni pekerjaan ini, jadi segala konsekuensinya anda siap menjalani. Biasanya seleksi ODP tidak ada tawar menawar gaji. Jadi gaji sudah diatur oleh perusahaan dan calon pegawai baru tidak bisa nego gaji.

Semoga bermanfaat.