Terkadang di setiap keseharian kita mengalami stres dan kejenuhan, mulai rutinitas yang monoton sampai banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Terkadang kita butuh waktu untuk menenangkan diri dari segala rutinitas dan melepas penat. Solusinya adalah kenapa tidak mencoba hal baru saat ada waktu luang? Tidak membutuhkan waktu yang lama, namun kegiatan ini banyak manfaatnya. Membuat scrapbook selain menambah kreatifitas juga menambah 5 hal ini dalam diri kamu:

1. Jadi lebih tenang dan menghilangkan stres

foto mengenang momen bersama keluarga via https://id.pinterest.com

Di kala stres melanda, pasti bikin mood jelek buat ngawalin hari. Yuk, ilangin stres dalam sekejap dengan menghabiskan waktu membuat scrapbookIt works lho! Karena manfaat membuat scrapbook yang paling utama adalah membuat kita berpikir tenang dan santai dalam menuangkan ide dalam mengerjakan suatu hal. Memang awalnya terlihat ribet, tapi sebenarnya cara membuat scrapbook itu simpel banget! Dijamin nggak ada stres lagi dan perasaan hati kita jadi lebih tenang.

2. Tertantang untuk selalu berpikir kreatif

foto saat travelling via https://id.pinterest.com

Membuat scrapbook bisa ngebuat kita jadi makin kreatif. Setiap mau menghias foto, kita bakalan nyari apa aja yang ngebuat scrapbook kita makin menarik. Mau itu tulisan, ilustrasi, atau foto yang keren. Masalah desain jangan terlalu dipikirkan, semakin terbiasa kita akan semakin mahir membuat pola dan desain yang menarik. Dan nggak ada yang lebih memuaskan dari membuat scrapbook dengan hasil kreatifitas sendiri lho!

3. Hidup kamu jadi lebih sehat karena terbiasa membuat scrapbook

Advertisement

Scrapbbok bikin sehat via https://id.pinterest.com

Wajar kalau baru mulai sesuatu yang di luar kebiasaan rasanya pasti males banget. Tapi kalau udah terbiasa, secara nggak langsung kita jadi ngebentuk kebiasaan baru yang pengaruhnya bagus buat hidup kita. Semisal kita lagi bad mood sama pacar, kalau buka scrapbook jadi makin inget kenangan kalian dulu yang pernah berjuang bersama. Kamu jadi senyum-senyum sendiri deh seharian. Senyum itu bisa menular dan memberikan energi positif buat diri kita dan orang lain juga lho!

4. Menjadi pribadi yang lebih menghargai kenangan

Mulailah susun foto-fotomu! via https://id.pinterest.com

Suatu ketika kita ngerasa sayang banget kalau foto cuma disimpen di handphone aja, padahal lebih seru kalau kita berinteraksi sama foto yang bisa membawa beribu kenangan tersebut. Mungkin orang yang didalam foto itu bisa berubah, namun foto yang disimpan itu tak akan pernah berubah dimakan waktu dan zaman.

Melihat kenangan terdahulu membuat kita merefleksi diri dan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dari kumpulan foto dan tulisan tersebut bisa kita jadi tahu siapa sebenernya diri kita dan apa yang mau kita capai dalam hidup. Kita bakalan terlatih buat ngeliat perubahan apa aja yang kita alamin, kita bakal menjadi orang yang lebih banyak belajar nantinya. 

5. Punya kemampuan menyenangkan orang lain

Idenya bisa cari di Youtube atau Pinterest via https://id.pinterest.com

Membuat scrapbook terbukti sangat efektif untuk mengingat memori indah ketika kita berada ditempat atau kejadian yang ada di foto tersebut. Selain itu, secara tidak langsung kamu juga bercerita dengan keluarga dan tamu yang datang ke rumah dengan foto-foto yang ada dalam scrapbookmu. Bisa nostalgia bareng keluarga pasti jadi seru deh!

 

 

 

Walaupun kita cuma mengumpulkan dan menghias foto dalam scrapbook, siapa tahu kita juga bisa memberikan suatu inspirasi bagi yang melihatnya, bukan? Yuk dicoba, nggak ada salahnya kan?