"Lama amat, udah jamuran, nih!"

"Maaf, jalanan macet, Bray,"

"Macet pala lo pecah! Lo kira ini Jakarta pake macet?"

"Serius, tadi macet parah, sumpah."

"Ngeles mulu lo macam bajaj."

"Lo kira ini Jakarta pake ada bajaj segala?!"

"Kenapa jadi lo yang sewot?!"

"Ah, iya, sorry, hehe,"

"Bodo! Pokoknya kita PUTUS!"

Pasti sudah nggak asing sama percakapan lebay sensitif di atas, kan. Di mana tingkat emosional akan menanjak drastis ketika kita dipaksa menunggu tanpa ada kejelasan darimu, persis sepertiku yang entah harus sampai kapan menunggu saat kau bilang, "Tolong, beri aku waktu," hingga hati ini bukan cuma jamuran tapi hampir membusuk menunggu kepastian. Hufttt~

Fokus.

Nah, nggak mau dong kejadian semacam itu menimpa kita. Makanya, mari budayakan datang sebelum waktunya. Karena datang tepat waktu takkan membuatmu kaku, justru lima manfaat ini sudah menunggu kedatanganmu.

1. Bisa lebih mengeksplore tempat pertemuanmu

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQlhwVqd4oDdloir52aBcdkZq7OL41nLzIhl2du6lWPL1SioMMZ via https://google.com

Misal nih, kamu sudah janjian di kafe. Nah, dengan datangnya kamu 15-30 menit sebelumnya, tentu kamu bisa lebih dulu memilih meja mana yang sekiranya pas untuk kalian ngobrol nantinya, juga kursi mana yang lebih empuk di duduki biar nggak keki, apalagi soal makan, jelas kamu bisa memilih menu sesuka hati tanpa harus buru-buru dan malu saat tau harga dan rupa tak seperti kau kira. Kamu bisa sesuaikan menu pilihan dengan buget kantongmu yang pas-pas-an. Ah, satu lagi. Kamu bisa lebih puas menikmati fasilitas Wi-fi gratisan tentunya. Asik, kan? Iya lah~

2. Bisa lebih menguasai keadaan sekitar kalau-kalau terjadi sesuatu yang tak dinginkan

http://3.bp.blogspot.com/-g-ZNy1OPOOg/Uih3KmftO3I/AAAAAAAAAIU/Fcw9C4jNXmo/s1600/help+wanted+-+2.jpg via https://google.com

Bukan tidak mungkin, ketika kamu dan teman-temanmu yang sedang asyik ngumpul-ngobrol-ngalor-ngidul, tiba-tiba ancaman bom bunuh diri datang dari seorang mantan yang minta balikan. Karena kamu sudah menguasai lokasi. Tentu kamu bakal jadi pahlawan ketika kamu berhasil menyelamatkan teman-teman sekumpulan dan juga pengunjung lainnya dengan cara menarik diri dari lokasi kejadian lewat jalan rahasia yang cuma kamu yang tahu karena datang lebih dulu. Keren, kan? Iya lah~

3. Bisa lebih tenang menunggu tanpa harus was-was didamprat saat datang terlambat

Advertisement

http://www.animeinstrumentality.net/wp-content/uploads/2012/08/Shirokuma-Polar-Bear-Cafe-Anime-600×337.jpg via https://google.com

Tenang, kamu nggak akan mendapati kalimat-kalimat sarkastik dari kawanmu ketika mereka mulai datang satu per-satu. Justru kalimat pujian dan lantunan kata maaf yang mereka sampaikan karena keterlambatan kedatangan. Otomatis aura positif pun lebih terpancar. Efeknya kamu jadi mampu menguasai diri tanpa harus emosi. Sama seperti saat dia bilang, "Iya, aku mau jadi pacarmu." Mantap, kan? Iya lah~

4. Bisa lebih mempersiapkan diri dan materi apa saja sebagai pembahasan nanti biar nggak cuma jadi obat nyamuk!

https://qycha.files.wordpress.com/2014/11/3jg.png via https://google.com

Janjian dengan kawan lama mungkin sudah biasa. Gimana kalau kamu ketemuan sama gebetan. Nggak mau dong terlihat berantakan. Ini nih, manfaat datang tepat. Tepat untuk lebih menyiapkan diri dan materi gombalan-ingusan hingga siap dilontarkan demi mendapati hati pujaan. Bukan berakhir sebagai pendengar curhatan soal mantan yang bikin kamu makin emosi tingkat kecamatan. Nyesek, kan? Iya lah~

5. Bisa lebih meningkatkan kesabaran dan belajar membunuh amarah serta mengasah kepekaan sosial dengan lingkungan sekitar

http://static.zerochan.net/Shirokuma.Cafe.full.1128423.jpg via https://goggle.com

Bagian paling penting dari datang tepat waktu dan menunggu adalah ketika kamu mulai bisa menguasai emosi dan lebih menghargai arti pentingnya waktu. Tidak membiasakan diri dengan jam karet ingkar janji. Belajar mendahulukan kepentingan bersama. Menepati janji. Belajar berkomitmen dengan ucapan. Belajar memposisikan diri selayaknya bukan apa adanya. Berlaku apa adanya memang baik tapi seenggaknya kita harus tau etiket, nggak mungkin juga datang kondangan cuma pake sarungan, kan?

Jadi, masih ragu untuk datang tepat waktu? Think again.