Setelah seharian berpuasa dengan segudang aktifitas yang gak ada bedanya dengan hari-hari biasa, gak cuma bikin perut kita yang kelaparan, tapi mata kita juga ikutan lapar pengen makan ini itu. Rasanya semua menu pengen banget kita lahap, mulai dari beragam kolak dan es pelepas dahaga, gorengan, hingga bermacam makanan berat saat berbuka puasa. Kita juga cenderung lebih memilih makanan yang simpel dan gak memakan waktu memasak yang lama untuk sahur

Sayangnya, gak semua menu yang jadi favorit kita itu bagus buat dikonsumsi saat puasa lho. Rasa enak di mulut dan tenggorokan, belum tentu juga enak di perut kan. Bukannya gak boleh mengkonsumsi beragam menu ini saat puasa, tapi sebaiknya dihindari agar puasa kita bisa berjalan lancar.

1. Minuman Dingin

Rasanya emang enak banget buat minum air es dan segala minuman yang dingin buat ngilangin dahaga setelah seharian berpuasa kan. Duh, ngebayanginnya aja udah berasa seger banget. Tapi, ternyata langsung meminum air es dan minuman dingin lainnya saat berbuka puasa akan menyebabkan kontraksi pada lambung kita yang akhirnya membuat kita merasa kenyang, padahal kita belum mengkonsumsi makanan sama sekali. Coba buat minum air hangat aja ya saat berbuka, biar lambung kita bisa beradaptasi dulu setelah perut kosong seharian.

2. Gorengan

Serba digoreng via http://majalahkesehatan.com

Kayaknya orang Indonesia emang gak bisa jauh-jauh deh dari makanan yang satu ini. Mulai dari tahu, tempe, risoles, bakwan, lumpia, dan masih banyak lagi yang semuanya serba digoreng. Siapa sih yang bisa nolak kalau liat sepiring gorengan di depan mata pas buka puasa? Tapi tau gak sih kalau, kebanyakan makan gorengan pas buka puasa itu berpotensi bikin lemak di tubuh kita bertambah? Hal ini dikarenakan tubuh kita sama sekali gak membutuhkan lemak saat berbuka, karena selama berpuasa tubuh kita hanya kehilangan air, karbohidrat dan protein. Jadi kalau gak mau tubuh bertambah lebar pasca puasa, hindari makan gorengan, ya.

3. Mie Instan

Advertisement

mie rebus pakai telur plus cabai rawit? Sempurna! via http://brilio.net

Menu satu ini emang hemat waktu dan gak ribet buat bikinnya, rasanya pun dijamin enak. Tapi, makanan seribu umat ini ternyata kurang baik lho buat dikonsumsi saat puasa, apalagi saat sahur. Sahur dengan mie instan hanya akan memberikan rasa kenyang sesaat, karena mie instan berbahan dasar tepung yang akan lebih cepat dicerna oleh lambung kita, jadi kita bakal lebih cepat merasa lapar, dan dijamin bakal bikin tubuh kita lemas seharian.

4. Teh dan Kopi

Kopi atau teh? via http://www.pinellasparkcoc.org

Banyak orang yang mengkonsumsi dua minuman ini saat sahur agar bisa merasa segar dan tidak mengantuk saat seharian berpuasa. Nyatanya dua minuman ini justru akan membuat tubuh kita jadi cepat lemas, lho. Ternyata dua minuman ini yang termasuk ke dalam jenis minuman diuretik yang merangsang urine untuk keluar, hal ini akan dengan cepat mengurangi kadar air dalam tubuh kita.

5. Makanan Pedas

rendang padang via http://resepdanmasakan.com

Kebanyakan orang Indonesia gak bisa lepas dari rasa pedas, katanya sih rasa pedas bisa menambah selera makan. Iya sih, bener banget. Tapi saat puasa mungkin kita harus bisa mengurangi atau bahkan gak mengkonsumsi makanan pedas sama sekali. Saat berpuasa, kondisi lambung kita menjadi sangat sensitif, dan mengkonsumsi makanan pedas akan dengan mudah merangsang rasa perih dan kembung di perut kita, alhasil kita bakal merasa mulas dan gangguan pencernaan saat berpuasa. Mengganggu banget kan, hiks.

Saat bulan Ramadhan ini memang sebaiknya kita lebih pintar dalam menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuh kita. Bukannya tidak boleh sama sekali, tapi mengkonsumsi makanan dan minuman di atas memang harus dibatasi, karena semua yang berlebihan itu kan gak baik. Kalau bener-bener kepepet, kayaknya makan mie instan pas terlambat bangun sahur boleh juga deh, hehe… Tapi terlambat sahurnya ya nggak tiap hari juga…

Pintar-pintar pilih menu berbuka dan sahur ya, jangan turutin lapar mata pas berbuka. Kalau badan kita sehat, puasa lancar, ibadah lebih fokus, mengumpulkan amal baik jadi makin semangat deh. Marhaban ya Ramadhan.