1. Ngobrol Sambil Mandi

Salah satu kegiatan pokok anak kosan adalah mandi, meskipun banyak anak kosan yang mandi tiga hari sekali, dan seminggu sekali. Kegiatan di kamar mandi yang biasanya di isi dengan menyanyi, merokok sambil bab, mainan air, mainan anu, dll. Namun, “Ngobrol” adalah salah satu kegiatan unggulan yang dilakukan anak kos ketika mandi. Topik-topik yang sering diobrolkan biasanya, tugas kuliah, berita sepakbola, gosip terhangat dari dunia hiburan, kondisi keekonomian Negara, berita politik, dan pacar teman sekosan atau sekelas.

2. Kisah Sedih Kantin Kejujuran

Kantin Kejujuran via https://www.google.co.id

Keadaan rumah kosan menjadi keuntungan bagi beberapa orang, ada yang membuka warung makan, toko kelontong, laundry, dan kantin kejujuran. Kantin kejujuran adalah juru selamat bagi anak kosan ketika terserang lapar tengah malam dan bagi yang malas keluar. Tapi hadirnya kantin kejujuran, kemudian menjadi sebuah masalah yang perlu diselidiki. Di mana ketika roti habis duitnya tidak ada. Ambil roti bayar nanti, sampai gak ingat lagi. Dan hal ini bukannya menyebabkan semakin intropeksi diri, tapi yang terjadi malah saling tuduh. Mohon bagi anak kosan, kasian bapaknya lho!!!

3. Waktu Tukang Sampah Nagih Uang

Gerobak Sampah via https://www.google.co.id

Advertisement

Numpuknya sampah kosan sudah menjadi tanggung jawab tukang sampah yang di bayar sebulan sekali. Biasanya awal bulan tukang sampah akan meminta uang pemungutan sampah. Semua anak kosan sudah hafal betul kapan waktunya tukang sampah datang. Nah saat-saat seperti ini adalah saat yang paling tidak ditunggu anak kosan. Beberapa hal dilakukan oleh para penghuni kosan ketika tukang sampah datang, seperti pura-pura tidur, mandi dilamain, pintu dikunci jendela ditutup, pura-pura nggak dengar, dan ngaku bukan anak kosan sini.

Tapi ini hanya terjadi di kosan yang induksemangnya jarang dikosan dan gak pernah ngasih uang sampah.

4. Waktu Mamang Jajan Datang

jajan Keliling via https://www.google.co.id

Mamang kosan sebagai seorang yang ditunggu-tunggu oleh para penghuni kos ketika lapar nampaknya hanyalah sebuah mitos. Ketika mamang kosan datang beberapa hal yang dilakukan oleh penghuni kos, adalah pura-pura sudah makan, pura-pura tidur, mandi dilamain, ngakunya mau kuliah atau keluar, dan nggak punya duit. Padahal sih sebenarnya pengen beli jajan atau makan ditempat lain, jajan yang dijual mahal, dan bosan dengan jajannya.

5. Saat Ngambil Laundry

Laundry merupakan salah satu juru selamat bagi anak kos yang sedang malas cuci dan baju kotornya numpuk. Banyak anak kos yang lebih memilih mempercayakan pakaian kotornya ke tempat laundry dan rela mengeluarkan beberapa ribu daripada harus capek-capek mencuci. Hanya tinggal menunggu 2 atau satu hari yang cepat kemudian kita bisa mengambil pakaian kita. Nah saat-saat pengambilan laundry ini kadang-kadang kita dikejutkan dengan hal-hal yang tidak diduga, kadang ada yang (bagi cowok) mendapat bonus CD cewek dibungkusan laundrynya. Ada yang mengalami hal tragis, kadang pakaian mahal kita malah hilang, kadang juga pakaian baru kita hilang. Sedih sekali.