Kalian pasti sering nge-chat teman kalian atau mungkin kalian yang di-chat teman kalian saat libur untuk liburan bareng! Yaps, summer is coming guys! Tapi, kalian bosan gak sih liburan yang feels like just so so? Nothing special gitu? Ya paling kalau liburan sama teman ada sih have funnya, terus kalau ada tempat bagus pasti langsung jepret sana sini. Hmm... But wait, gamau nih nyoba something new di hari libur kalian? Liburan yang berfaedah dan benar-benar bisa ngasih pengalaman baru ke diri kita dan ke negara- negara yang anti-mainstream!

AIESEC adalah salah satu organisasi pemuda international yang aktif melakukan kegiatan exchange abroad setiap winter dan summer! Which is saat holiday is coming dong! Inilah list-list negara anti-mainstream yang sering jadi tujuan exchange participants sekaligus bisa jadi inspirasi untuk kalian kunjungi!

1. Ukraine

Salah satu negara terbesar kedua setelah Rusia di daratan Eropa ini, banyak  mendapatkan stereotype yang tidak terlalu baik dari beberapa orang awam di luar sana. But guys! Don't you know, dari stereotype itulah yang ternyata membuat exchange participant AIESEC penasaran dan memilih negara ini untuk menjadi destinasi mereka for doing some projects! The fact is, Ukraine isnt like what people think nowadays! Orang-orang disana sangatlah ramah dan sangat welcome dengan beberapa wisatawan lain. Kota ini sangat bersih dan karena tidak terlalu ramai, kamu bisa puas berfoto- foto di depan gedung kuno yang sangat indah. Yang tak kalah penting, kuliner Ukraina juga mampu memanjakkan lidah kamu. Ketika kamu berlibur ke Ukraina, jangan lewatkan untuk mencicipi cita rasa Chicken Kiev yang sangat populer di Ukraina dengan harga kuran dari 5 dollar!

Must visit place : Mother Monument, kamu bisa mellihat keindah Kiev dari ketinggian 102 meter

2. Mesir

Mesir? Wah pasti langsung kebayang nih sama beberapa piramida aesthetic disana dan view sungai nil yang mengalir indah di negara ini! You'll never regret to input this country ke dalam list negara exchange kalian! Suasana kental Timur Tengah yang historis, membawa kita seakan-akan sedang berada di zaman yang berbeda. Bukan tanpa alasan untuk menjadikan negara Mesir sebagai salah satu negara yang paling bersejarah di dunia, hal ini dibuktikan dengan sebanyak 65% artefak kuno di dunia terdapat di Mesir! Wah, menarik banget bukan sembari doing project kita juga bisa sambil belajar mengenai peradaban manusia ribuan tahun lalu! Dan yang tak kalah penting, view keren dari piramida mesir bakal ngebuat feed instagrammu makin cantik saat kamu unggah foto selama berada di Mesir!

Must visit place : Reruntuhan Kuno di Karnak

3. Taiwan

East Asia, we are coming! Taiwan adalah salah satu negara yang juga wajib jadi list untuk kamu pilih sebagai negara tujuan exchange nih. What we got from our exchange participant when they came back here, things yang buat mereka miss sama Taiwan itu adalah keramahan yang selalu ditunjukkan oleh orang Taiwan kepada siapapun. Contohnya nih, misal kalian gak tau jalan terus minta tolong sama orang sekitar, even they don't understand your language tapi dia bakal berusaha nolong kita dan bakal dengan senang hati menemani kita sampai tiba di lokasi tujuan. Nah, kalo kamu ke Taiwan terus dapat warm welcome gitu dari orang sana, jangan langsung baper ya! Hahaha.. Taiwan adalah salah satu negara kecil namun mampu menunjukkan eksistensinya sebagai negara yang rapi, teratur, dan disiplin! Wah, harus kita tiru nih ya dan kita terapin ke negara kita juga! Siapa tau kamu bisa ketemu para pemain Meteor Garden!

Must visit place : National Palace Museum dimana kamu bisa melihat penginggal dinasti-dinasti China

4. Polandia

Witam adalah bahasa Polandia yang artinya adalah SELAMAT DATANG. Welcome to Poland!
Guys, Apa sih yang familiar dari negara ini? Benderanya? Apa bendera? Yap guys, our flag has the same color with them tapi beda letak warnanya nih. Polandia adalah kota asal dari pemusik Frederic Chopin. Tak heran, bila kamu mengunjungi old town di Kota Warsawa, ibu kota Polandia, kamu akan menemui bangku-bangku yang memainkan lagu Chopin secara otomatis. Makin bikin suasana jadi romantis! Hampir sama seperti mesir, Polandia banyak sekali tempat bersejarah menarik yang bisa kita datangi. Tak hanya tempat wisata sejarahnya saja yang harus kalian kunjungi saat berada di Polandia, tapi Zurek adalah salah satu makanan populer yang harus kalian cicipi ditambah porsinya yang besar, cocok sekali untuk mengisi perut disaat lapar. 

Must visit place : Rumah kuno warna- warni di Krakow dan Pantai di Gdansk

5. Romania

Buat kalian yang belum tau, Romania adalah kota yang merupakan asal mulanya legenda dracula. Serem juga ya! Disini kalian bisa mengunjungi castle yang menyerupai tempat tinggal dracula. Hal kedua yang pasti kalian temui kalau berkunjung ke negara ini adalah kaum gipsy. Kaum yang memiliki cara hidup dan kostum yang unik ini memang menetap di Romania. Selain berlibur, kalian juga bisa mengetahui lebih dalam tentang budaya gipsy dan membuktikan sendiri steorotype tentang mereka. Ibukota Romania sendiri adalah Bucharest dan kota kedua terbesar yang waib kamu kunjungi adalah Brasov. Ada lagi ni hkelebihan Romania yaitu harganya murah! Mulai dari makanan sampai belanja souvernir, harganya hampir setara dengan Indonesia. Tunggu apalagi?

Must visit place : Peles Castle, the most beautiful castle in Romania