Sepertinya banyak sekali orang mengklaim pernah melihat hantu, entah itu dalam bentuk samar-samar atau jelas. Tetapi yang menjadi pertanyaan apakah kamu benar-benar melihatnya? Ataukah sebetulnya otakmu sedang trik kamu? Yuk cek sini dulu sebelum lanjut.

 

1. Apakah kamu baru bangun?

Sleep Paralysis

Sleep Paralysis via http://www.ceritamistis.com

Mungkin kamu kelelahan setelah seharian mengerjakan tugas skripsi, atau tugas kantor yang menumpuk. Tetapi tiba-tiba di tengah malam, kamu terbangun sendiri. Badanmu tidak bergerak. Napasmu berat sekali. Terengah-engah, kamu melihat sekeliling kamar yang gelap dan dingin. Dan di sana dia berdiri. Berdiri menatapmu tanpa bersuara.

Mungkin pernah kejadian seperti itu? Secara medis kamu baru saja merasakan sleep paralysis. Sleep paralysis sering terjadi dikarenakan proses tidur yang terganggu. Mungkin dikarenakan kecapean di pagi hari. Umumnya sleep paralysis akan diiringi oleh hynagogic, yakni sisa gambar/bayangan di alam mimpi terbawa saat tersadar. Oleh karena itu kalau kamu mimpi melihat orang di mimpi, dan ketika terbangun tiba-tiba, bayangan orang itu tetap akan ada untuk beberapa saat.

2. Apakah kamu berada di tempat gelap?

Kita semua tahu, sebagian besar penampakan hantu terjadi di malam hari. Jarang terjadi di pagi hari. Mengapa? Mungkin karena hantu takut cahaya seperti kata-kata orang. Bisa saja, tetapi ada alasan lain. Pada malam hari, otak kita cenderung sudah lelah. Oleh karena itu, kita gampang berhalusinasi melihat sesuatu.

Lagipula pada malam hari, saat penerangan tidak cukup, maka objek yang kita lihat terkadang gak jelas sehingga membuat kita ketakutan. Pernahkah kalian terkejut melihat seseorang melayang, namun setelah lihat lebih dekat ternyata hanya jas tergantung?

3. Apakah kamu cukup tidur?

Terkadang penampakan bisa terjadi di pagi hari ternyata. Mengapa bisa terjadi? Tentunya ada satu hal yang sangat memungkinkan. Apakah kamu sudah tidur cukup? Umumnya orang harus tidur 7-8 jam, dan yang terpenting harus berkualitas.

Ini akan terasa sekali saat kamu mungkin sedang kejar deadline. Lembur sampai tengah malam. Pagi-pagi harus bangun lanjut kerjaan lagi. Jadi tidak heran jika saat sedang sibuk mengetik komputer tiba-tiba ada sekelabat bayangan yang melayang melewatimu.

4. Kondisi mental yang sedang tertekan?

Otak manusia sangat canggih dan sekaligus kompleks. Ketika melihat sesuatu yang tidak jelas, otak akan mencoba "menerjemahkan" objek yang dilihat. Misalnya ketika di jalan raya dari kejauhan kamu melihat orang di mengenakan topi di sawah bergerak-gerak, hal pertama yang kamu tarik kesimpulan adalah mungkin petani sedang bekerja di sawah. Tetapi setelah melihat lebih dekat ternyata adalah orang-orangan sawah yang tertiup angin. Seperti demikianlah otak mencoba menebak apa yang dilihat dengan informasi yang pas-pasan.

Proses interpretasi ini bekerja terus menerus. Tetapi akan berkurang drastis di saat kamu sedang tertekan. Entah kamu sedang stress, depresi atau ketakutan. Kamu akan lebih cenderung melihat yang nggak-nggak dibanding orang lain.

5. Mungkin ada suara infrasonik

Sumber Infrasonik

Sumber Infrasonik via http://meteor.uwo.ca

Jika di suatu ruangan tidak hanya kamu yang sering melihat penampakan, tetapi teman-teman juga, seharusnya memang ada penampakan kan? Tunggu dulu. Mungkin yang terjadi pada kamu dan teman-temanmu adalah gangguan suara infrasonik.

Suara infrasonik adalah suara di bawah 20 Hz, suara yang tidak bisa terdengar oleh manusia. Jadi kita tidak akan menyadarinya. Vic Tandy, ilmuwan sekaligus dosen di Universitas Conventry, sering mengalami pengalaman mistis di laboratoriumnya karena sering melihat penampakan bayangan di sampingnya.

Belakangan dia menemukan asal infrasonik di dalam laboratoriumnya. Ada kipas angin tua yang agak bergetar. Begitu kipas angin itu diganti, dia tidak mengalami lagi penampakan.