'Sial' atau bahasa kerennya 'apes', pasti pernah dialami setiap manusia. Sekali-dua kali mungkin bisa disebut musibah atau ujian, tapi kalau keseringan dan menjadi kebiasaan pasti ada penyebabnya.

Kalau kamu sering 'apes', mungkin kamu ngelakuin salah satu hal di bawah ini :

 

1. Kurang Beramal

Percaya atau tidak, beramal itu bisa menghindarkan kita dari 'apes'. Gak percaya? Coba aja tapi dengan catatan harus ikhlas!

Selain melindungi dari sial, beramal juga menambah rejeki. Kalau gak percaya liat orang-orang sekitar kamu yang suka berbagi dengan “ikhlas”, pasti mereka selalu beruntung dan banyak rejekinya.
 

2. Sering Berbuat Dosa ke Orang Tua

Berbuat dosa kepada orang tua bukan hanya durhaka (melawan, membentak, dsb), membohongi dan mencuri uang orang tua juga salah satu perbuatan dosa. 

Sekali-dua kali ya masih bisa maklum lah namanya juga manusia, tapi kalau udah sering apalagi menjadi kebiasaan hati-hati aja. Bukan cuman sering 'apes', tapi bisa-bisa juga dikutuk, hehehe. Yang penting jangan pernah membuat orang tua marah dan sakit hati.

3. Terlalu banyak Musuh

Gak peduli manusia yang baik atau yang jahat, yang namanya musuh ya tetep aja musuh.“Tak ada gading yang tak retak”, Nabi aja punya musuh apalagi kita manusia biasa. Biasanya musuh itu doanya jelek-jelek, jarang ada yang bagus.

Musuh itu ada 2 jenis,pertama musuh yang dibuat dan kedua musuh yang terbentuk sendiri. 

Musuh yang dibuat adalah musuh yang dizalimi oleh diri kita, jadi yang salah dari awal adalah kita, sedangkan musuh yang terbentuk sendiri adalah musuh yang dari awal ketemu udah gak suka sama kita, bahkan saat kita berbuat baik sama dia (si musuh) tetep aja dibenci (niat baik tidak selalu diterima baik) biasanya disebut haters.
Dan doa musuh yang sering dikabulkan Sang Pencipta adalah doa musuh yang dizalimi oleh kita, kalau haters paling doanya balik lagi ke dia sendiri.

Oh iya, mantan juga bisa jadi musuh loh. Tergantung putusnya bagaimana.

4. Pikiran Negatif

Pernah lihat Deddy Corbuzier memecahkan gelas tanpa menyentuhnya? Itu adalah kekuatan pikiran. Pikiran manusia mempunyai kekuatan yang tidak terbatas. Pikiran ada 2 macam, positif dan negative. Pikiran positif atau pikiran negative mempunyai kekuatan. Kekuatan pikiran bisa mempengaruhi sekitar, jadi jika kamu sering 'apes' mungkin karena kekuatan pikiran negative kamu. Pikiran (negative) itu jahat lebih jahat dari ibu tiri bawang putih.

5. Sering Mengeluh

Setiap keluhan yang keluar dari mulut adalah doa. Doa yang jelek tentunya. Jadi, sering mengeluh makin banyak doa (jelek) yang akan diijabah. Ucapan adalah doa.

Di jaman sekarang bukan cuman ucapan saja yang menjadi doa, tulisan di social media pun juga bisa menjadi doa.