Cari pacar itu mungkin bukan perkara yang mudah bagi sebagian besar orang. Tapi buat yang udah punya pacar, mempertahankannya juga bukan hal gampang. Kamu pasti sering dengar cerita teman-teman yang bisa putus-nyambung sama pacarnya berkali-kali. Tidak sedikit juga teman kita yang mantan-mantannya lebih dari jumlah jari tangan kita. Terus apa sih yang sebenarnya menjadi penyebab utama kita begitu sulit menjaga hubungan dengan pacar?

1. Takut Membahas Masalah

Bertengkar itu sehat. via http://7fla.com

Banyak pasangan zaman sekarang yang tidak berani membahas masalah. Saat ada hal yang mengganggu, kebanyakan dari kita memilih diam atau membiarkan masalah itu 'selesai dengan sendirinya'. Mungkin kamu perlu diingatkan bahwa kita tidak hidup di dunia sihir. Tidak ada masalah yang bisa selesai bila tidak dibicarakan. Jadi mulai sekarang coba berani membahas masalah. Membahas masalah tak harus dilakukan dengan bertengkar hebat. Coba utarakan apa yang kamu tidak senang dari dia dan biarkan dia menjelaskan juga masalah itu dari sudut pandangnya. Percaya deh, setelah dibahas, kamu bisa menemukan hal-hal positif yang membuatmu dapat lebih memahami pasangan.

2. Tidak Tahu Batas

Awal mula selingkuh. via http://lifenlesson.com

Punya pacar berarti harus punya juga batasan diri. Dulu mungkin banyak orang yang chat dan mengajak kamu keluar berduaan dan kamu bisa menanggapi semuanya dengan bebas. Namun setelah punya pacar, kamu harus tahu bahwa kebebasan itu tidak bisa lagi didapat. Pergi dengan teman-teman tentu masih bisa dilakukan. Namun bila kamu terus-menerus chat dan pergi berdua dengan lawan jenis, bagaimana perasaan pasanganmu? Kita harus ingat bahwa setelah punya pacar, ada batasan baru dalam bergaul dengan lawan jenis.

3. Terlalu Curigaan

Advertisement

Curiga berlebihan via http://www.healthista.com

Kamu mungkin punya riwayat mengalami perselingkuhan atau disakiti orang lain. Namun jangan sampai kepahitan itu membuat kamu jadi orang yang selalu curiga. Jangan sampai kamu memaksa untuk melihat semua chat dan message di social media pasanganmu setiap bertemu. Ingat, hubungan dibangun dari rasa percaya. Kalau kamu selalu merasa curiga, pasanganmu bisa jadi malah tidak betah dan tak mau lagi bersama kamu. Jaga hubungan dan curigalah hanya ketika ada hal yang benar-benar serius atau mengkhawatirkan.

4. Tidak ada Toleransi

Mau mengalah via http://intentblog.com

Tidak pernah ada di dunia ini yang namanya pasangan sempurna. Secocok-cocoknya kamu dengan dia, pasti ada hal yang membuat kalian bertengkar atau beradu pendapat. Ingat, menyatukan dua kepala membutuhkan usaha dari kedua belah pihak juga. Saat ada masalah, jangan mau menang sendiri. Selalu cari jalan tengah yang membuat kamu dan pasangan sama-sama menang sekaligus sama-sama berkorban. Kalau ada hal yang tidak terlalu prinsip dan dianggap sangat penting oleh pasangan, tak ada salahnya kamu mengalah untuk kebaikan bersama.

5. Tak Punya Komitmen

Berkomitmen hukumnya wajib via http://gocbangai.com

Dalam sebuah hubungan harus selalu ada sebuah komitmen yaitu mempertahankan relasi itu. Ketika ada pertengkaran, masalah, atau hal apapun yang tidak mengenakkan, kita harus ingat bahwa landasan utama hubungan adalah kemauan untuk terus bersama. Jika kamu punya keyakinan itu, kamu tidak akan mementingkan ego. Kamu akan selalu ingat untuk mencari jalan keluar, bersikap toleran, dan mencoba memahami jalan pikiran pasangan. Kalau kamu berhasil mempertahankan komitmen tersebut, dijamin hubunganmu akan awet!