Pendukung setia klub sepakbola di seluruh dunia khususnya di Indonesia pastinya selalu datang ke stadion demi menyaksikan langsung aksi punggawa-punggawa klub kesayangannya bertanding di lapangan. Bermain di kandang atau pergi jauh bertandang, mereka tetap datang menerjang panas dan hujan untuk mendukung penuh, lengkap dengan atribut-atribut klub yang didukungnya.

Tanpa bermaksud menyinggung kelompok fans klub sepakbola tertentu, hal-hal unik yang dilakukan suporter ini mungkin cuma ada di Indonesia dan tidak ada di negara-negara lainnya. Hal ini sudah sering terlihat di sekitar tribun penonton dan layar kaca. Apakah kalian salah satu dari banyak orang yang melakukannya? 

 

1. Memakai helm di tribun stadion

Takut hilang ya helm-nya mas?

Takut hilang ya helm-nya mas? via http://bola.com

Entah apapun maksudnya, melindungi diri dari cuaca panas dan hujan, takut kehilangan helm meskipun dikunci rapat bersama sepeda motor yang telah diparkir, ataupun sebagai tren baru suporter sepakbola, para penonton yang menggunakan helm di tribun stadion seolah menjadi pemandangan yang sering kita lihat di layar kaca. Sebagai pelindung kepala jika kerusuhan di stadion terjadi mungkin menjadi salah satu pertimbangan suporter jenis ini sehingga mereka enggan melepas helmnya.

2. Menaruh boneka-boneka di sisi gawang/sudut lapangan

Boneka maskot tim menghiasi sudut lapangan

Boneka maskot tim menghiasi sudut lapangan via http://tribunnews.com

Maskot sebuah klub sepakbola bisa menjadi simbol kejayaan dan keberuntungan dalam pertandingan, tak heran banyak penonton yang datang ke stadion turut serta membawa boneka-boneka yang identik dengan maskot tim favoritnya. Seperti misalnya pendukung Persija Jakarta yang membawa boneka macan, Aremania dengan boneka singa nya, dan suporter Persebaya yang identik dengan membawa boneka buaya. Uniknya, boneka-boneka tersebut selalu ditaruh di sisi belakang gawang atau di sudut lapangan. Mungkin tujuannya sebagai jimat agar timnya bisa meraih kemenangan di setiap pertandingan.

3. Kehadiran Hantu Pocong di tribun stadion

Pocong pun ternyata juga suka sepakbola!

Pocong pun ternyata juga suka sepakbola! via http://maungtempur.com

Nah, yang satu ini mungkin yang paling menarik. Mengapa hantu pocong terkadang muncul di stadion dan ikut menyanyikan yel-yel dukungan? Apakah pocong-pocong itu juga membeli tiket masuk? Hehehe. Jika di Inggris kita mengenal julukan “Setan Merah”, mungkin di Indonesia punya Pocong dengan versi warna-warni sesuai dengan warna seragam klub yang didukung. Tujuannya bisa jadi untuk membuat suasana stadion semakin “angker” untuk tim yang bertandang. 

4. Suporter salah kostum

Gak punya jersey? yang penting warna bajunya sama!

Gak punya jersey? yang penting warna bajunya sama! via http://wanitagibol.blogspot.com

Memakai jersey tim kesayangan dan atribut pendukungnya saat menyaksikan langsung pertandinagn di stadion sudah menjadi hal wajib seorang suporter sepakbola. Namun jika kita perhatikan, ada beberapa orang yang bisa dibilang “salah kostum”. Contohnya seperti beberapa fans Persipura Jayapura yang mengenakan jersey AC Milan saat menonton. Alasannya? Karena warna dan motif kaos tim kedua tim ini kurang lebih sama, yaitu merah-hitam. Belum lagi tim-tim yang lainnya. Yang penting warna kaos sama dan bisa membaur bersama penonton lainnya. Ide yang sangat bagus ya!

5. Poster Ucapan Terima Kasih kepada Stasiun Televisi tertentu

Terima kasih channel A, thanks TV B!

Terima kasih channel A, thanks TV B! via http://flowercityboys.blogspot.com

Sebagai bentuk apresiasi dari penggemar sepakbola di Indonesia, kita sering melihat poster atau spanduk bertuliskan ucapan terima kasih kepada stasiun televisi tertentu karena telah menyiarkan pertandingan tim kesayangannya. Tak jarang mereka yang melakukannya langsung mendapat sorotan kamera saat pertandingan disiarkan di layar kaca.

***

Ada-ada saja ya perilaku fans sepakbola di Indonesia. Meskipun sanksi FIFA masih mengekang Indonesia, suporter sepakbola tetap hadir berbondong-bondong ke stadion dan meramaikan pertandingan. Two thumbs up untuk seluruh kelompok suporter klub-klub di Indonesia! Maju terus sepak bola Indonesia!