17 Agustus adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh sekian juta rakyat Indonesia. Pada tanggal ini, negara kita, Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan. Untuk memperingatinya, pasti ada banyak kegiatan-kegiatan menarik yang dilaksanakan, satu diantaranya adalah diadakannya perlombaan. Permainan yang dilombakanpun bermacam-macam. Dari perlombaan tersebut, tentu kita pasti bisa mengambil nilai positifnya bagi kehidupan. Nah, berikut ini 5 perlombaan sederhana tapi penuh dengan nilai kehidupan:

1. Lomba Makan Kerupuk

google.com via http://google.com

Perlombaan yang paling sering ditemukan tiap menjelang hari kemerdekaan ini mengajarkan kita tentang kesederhanaan dan kesetaraan. Kerupuk adalah makanan masyarakat, tak peduli kaya atau miskin, pasti kebanyakan orang suka makan kerupuk. Dalam lomba ini juga, tangan tidak boleh menyentuh tali ataupun kerupuknya, hal ini mengajarkan kita bahwa setiap perjuangan membutuhkan kesabaran dan harus menahan untuk tidak berbuat curang. Ini mengajarkan kita bahwa kesuksesan tidak dapat diraih secara instan.

2. Lomba Panjat Pinang.

google.com via http://google.com

Perlombaan yang satu ini mengajarkan kita tentang pentingnya rasa saling percaya dan kerja sama dalam tim. Hadiah yang tergantung diatas diibaratkan sebagai sebuah tujuan yang ingin dicapai. Sedangkan, tiang yang dilumuri oli ataupun sesuatu yang licin kita ibaratkan sebagai sebuah jalan yang harus dilalui untuk mencapai tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut, tentunya kerja sama dan rasa saling percaya sangat diperlukan. Walaupun jalan yang dilalui sangat sulit, tapi ketika kita mampu bekerja sama dan mempercayai rekan satu tim, tujuan yang awalnya terlihat sangat jauh pasti akan bisa diraih.

3. Lomba Lari Kelereng.

Advertisement

google.com via http://google.com

Permainan lari kelereng bisa dibilang susah-susah gampang. Kelereng yang diletakkan di atas sendok bisa dengan mudahnya terjatuh jika kita tidak berhati-hati. Perlombaan ini menyadarkan kita bahwa sesuatu yang dilakukan dengan terburu-buru itu tidak baik.

Garis finish pada perlombaan ini dapat kita ibaratkan sebagai sebuah tujuan yang ingin diraih. Untuk mencapai tujuan tersebut, kita tentunya harus berhati-hati dalam melangkah. Selain itu, kita juga harus sadar bahwa bukan hanya kita yang ingin meraih tujuan tersebut. Ada banyak orang yang juga menginginkan tujuan yang hendak kita capai. Karena itulah selain berhati-hati, kita juga harus fokus agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

4. Lomba Balap Karung.

google.com via http://google.com

Lomba yang satu ini juga adalah salah satu lomba yang sering ditemukan ketika menjelang peringatan hari kemerdekaan. Dari lomba ini, kita bisa belajar untuk selalu semangat dalam mencapai tujuan yang diinginkan walaupun prosesnya tidak mudah. Ada banyak hambatan yang akan menghadang kita.

Baik itu datang dari dalam diri sendiri maupun orang-orang disekitar kita yang juga menginginkan tujuan yang sama. Dalam permainan ini juga, ada sebuah garis yang membatasi jalur kita dan jalur milik orang lain. Hal ini mengajarkan kita untuk fokus pada jalan yang kita pilih dan tidak mengambil hak milik orang lain agar bisa mencapai tujuan.

5. Lomba Bakiak.

pinterest.com via http://pinterest.com

Lomba yang dimainkan secara berkelompok ini mengajarkan kita bahwa kerja sama dan komunikasi yang baik adalah hal yang penting dalam tim. Dalam lingkup kerja berkelompok, kita harus bekerja sama dan tidak bisa memaksakan kehendak kita sendiri untuk mencapai tujuan.

Kita harus saling berkomunikasi agar bisa bersama-sama mencapai tujuan yang hendak dicapai. Karena jika kita memaksakan kehendak kita sendiri, maka yang akan merasakan kerugian bukan hanya diri sendiri melainkan juga rekan-rekan satu tim.

 

Jika kita mau membuka mata dan melihat lebih luas, selalu ada hal positif yang bisa diserap dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, lomba 17-an itu nggak cuma sekedar lomba lho, ada makna tersirat di dalamnya.