Banyak hal yang dapat menyebabkan seorang karyawan mengajukan surat resign. Entah pengaruh dari atasan, lingkungan pekerjaan ataupun faktor dari dalam diri karyawan tersebut. 5 poin berikut merupakan 5 alasan dari sekian banyak alasan yang cukup sering dialami para karyawan yang membuat dirinya mengajukan resign.

 

1. I Hate Monday and Thank God Its Friday

Ketika hari Senin tiba dan kamu merasa sangat-sangat tidak ingin ke kantor, dan ketika kamu sangat tidak sabar menanti hingga hari Jumat tiba. Maka, kamu sudah mengalami satu dari lima signs untuk membuatmu ingin mengajukan resign.  

Ketika kamu sangat-sangat tidak ingin ke kantor, ini merupakan pertanda bahwa kamu sedikit mulai merasa tidak nyaman lagi di kantor. Ketika di kantor pun kamu hanya akan bekerja tidak lagi dengan sepenuh hati.

2. Merasa Tidak Berkembang

Ketika mulai lelah dan merasa jenuh dengan semua hal yang dikerjakan. Ketika semua hal yang dilakukan bukannya menambah keahlianmu melainkan hanya membuatmu diam di tempat atau yang lebih buruk bahkan mundur ke belakang.

Ketika tugas yang dikerjakan tidak sesuai dengan jobdesc yang harusnya kamu lakukan. Bahkan tugas tersebut harusnya dilakukan oleh staff lain yang sesuai dengan bidangnya. Namun apa daya, tempat perusahaanmu bekerja hanya dapat merekrutmu untuk membantunya mengerjakan semua tugas yang ternyata tidak sesuai dengan jobdesc-mu.

3. Masa Depan Perusahaan Mulai Tidak Jelas

Ketika kondisi perusahaan mulai dinilai kurang jelas kedepannya. Ketika perusahaan memiliki tanda-tanda akan mengalami kebangkrutan. Maka akan lebih baik untuk mulai mencari perusahaan dengan kondisi yang lebih jelas tentunya.

4. Mulai Banyak Pengganggu Pekerjaan

Ketika atasan atau karyawan lain mulai mengganggu pekerjaanmu,dan membuatmu merasa tidak nyaman, ketika atasan memberikan tugas-tugas diluar kewajibanmu dan mulai mengganggumu, atau ketika mereka memberikan tugas-tugas yang bukan job deskmu, atau ada konflik dengan atasan ataupun dengan karyawan lain. Kamu juga sudah  mulai merasa tidak nyaman di kantor.

Pada awalnya kamu dapat mengabaikannya. Namun jika sudah dalam jangka waktu lama dan hal itu masih terus saja mengganggumu maka ada baiknya mencari ketenangan di tempat lain. 

5. Salary yang Tidak Berimbang dengan Pekerjaan

Faktor terakhir yang dapat menyebabkan kamu merasa “ok, sudah saatnya saya resign dari sini”, yaitu ketika gaji yang kamu dapatkan tidak sebanding dengan banyaknya pekerjaan yang kamu lakukan. Pekerjaan yang terus menumpuk dengan gajimu yang tidak ikut menumpuk. 

Ketika kamu mengangguk untuk semua kelima poin di atas, maka ini saatnya kamu mencari pekerjaan baru. Bukannya menganjurkan namun ketika diri sendiri sudah merasa sangat-sangat jenuh dan lingkungan pekerjaan juga tidak mendukung, tidak ada salahnya untuk mencari pekerjaan lain. Dengan berharap akan mendapatkan yang lebih baik, entah dalam faktor lingkungan pekerjaan ataupun untuk menambah skill yang ada.

Ketika mengambil kesempatan tersebut tentunya harus dengan pemikiran jangka panjang. Persiapkan tabungan selama menjadi jobseeker, karena sudah tidak bekerja dan tidak berpenghasilan. Dan pasti akan selalu membuat pengeluaran setiap bulannya. Karena itu pikirkan dengan matang setiap pilihan yang kamu ambil. Dan akan lebih baik untuk memastikan bahwa kamu telah mendapatkan pekerjaan baru sebelum kamu keluar dari pekerjaan lamamu. Jangan hanya dikarenakan terbawa perasaan maka dengan mudahnya kamu keluar dari tempat bekerjamu saat ini. Pikirkan dengan baik segala konsekuensi dan kemungkinan yang akan terjadi. Jangan sampai nantinya menyesal di akhir.