Aceh, apa yang kita pertama pikirkan begitu mendengar kata satu ini. Pasti yang terbersit adalah provinsi yang lekat dengan nuansa religiusnya, pernah menjadi lahan konflik GAM maupun bencana tsunami yang pernah menyapu bersih provinsi ini lebih dari 10 tahun yang lalu. Semua tebakan itu benar, namun jika kita berbicara mengenai Aceh kita juga tidak boleh melupakan pesona tempat wisata indah yang banyak tersebar di wilayah ini.

Wisata Aceh dikenal bagus karena menawarkan wisata alam yang sangat asri dan masih belum terjamah dengan tangan polusi dan tangan kotor manusia. Ada beberapa tempat wisata di Aceh yang bisa kamu kunjungi, berikut beberapa listnya yang Hipwee rangkum untuk kalian semua.

 

1. Pulau Weh, Surga di Selat Malaka Ini Tidak Boleh Kamu Lewatkan Begitu Saja.

Pulau Weh yang mempesona

Pulau Weh yang mempesona via http://www.triptrus.com

Pulau Weh merupakan gerbang Aceh bukan hanya bagi provinsi Aceh namun juga bagi Indonesia, karena pulau ini berada di paling barat wilayah Aceh dan langsung berhadapan dengan selat Malaka yang sibuk.

Pulau ini menawarkan banyak spot terumbu karang hidup yang indah serta lokasi pantai yang masih bersih belum terjamah, bagi yang suka menyelam dan menikmati keindahan bawah laut maka pulau Weh ini adalah destinasi yang sangat tepat untuk menikmati kenyamanan yang jauh dari hiruk pikuk keramaian.

2. Hiruk Pikuk Kota Memang Membosankan, Yuk Kembalikan Mood Kamu dengan Mengunjungi Takengon.

Keindahan Takengon dari atas bukit

Keindahan Takengon dari atas bukit via http://travelblog.ticktab.com

Bosan dengan tempat wisata yang ramai dengan spot lokasi wisata yang biasa? cobalah untuk mulai berwisata dengan alam yang menawarkan interaksi dan  kehidupan langsung dengan penduduk sekitar yang ramah. Salah satu tempat wisata yang menawarkan kelebihan seperti ini adalah Takengon yang merupakan ibukota dari  Kabupaten Aceh Tengah.

Di kota ini kita akan menemukan suasana alam yang asri dengan kehidupan penduduk yang masih sangat ramah. Takengon berada pada sebuah kota ketinggian sehingga membuat kota ini disebut sebagai negeri diatas awan, kondisi alamnya sangat hijau dengan iklim dan udara yang sejuk sehingga membuat segar pengunjung yang datang. Hamparan pohon kopi, pinus dan danau air tawar yang jernih semakin menegaskan kealamian kota ini.

3. Sungai Alas Taman Nasional Gunung Leuseur, Amazon-nya Indonesia.

Sungai Alas Taman Nasional Gunung Leuseur

Sungai Alas Taman Nasional Gunung Leuseur via http://chikrini.blogspot.com

Brasil boleh punya Amazon dengan sungai dan hutannya yang sangat lebat, namun kita di Indonesia juga memiliki hutan dan sungai yang tidak kalah asrinya. Sungai tersebut adalah sungai alas yang berada di  Taman Nasional Gunung Leuseur.

Kenapa sungai ini menjadi istimewa karena sungai alas memiliki sungai yang sangat jernih dengan bentuk sungai yang berkelok serta terletak di salah satu hutan tropis hijau terbesar di dunia.

Sungai ini sangat cocok untuk jadi bahan petualangan bagi anak muda yang suka tantangan dengan berarum jeram, jeramnya yang menantang dengan sungai yang bersih membuat pengunjung akan ketagihan untuk merasakan sensasinya. Wajar jika kemudian berbagai petualang dari berbagai negara  banyak yang datang ke sungai alas untuk merasakan tantangannya.

4. Air Terjun Blang Kolam, Surga yang Tersembunyi di Aceh Utara yang Akan Membuat Kamu Terkagum-kagum.

Indahnya Air Terjun Blang Kolam

Indahnya Air Terjun Blang Kolam via http://anekatempatwisata.com

Suara gemuruh air terjun ditambah pesona burung liar menjadi pesona tersendiri bagi para pecinta alam. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter ini terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur. Kabupaten Aceh Utara.

Akses jalan untuk kesana tidaklah mudah, butuh perjuangan karena kamu akan melewati jalan yang penuh bebatuan, terjal dan licin. Namun, justru disitulah letak tantangannya dan semua akan terbayarkan ketika kamu sampai di Air Terjun Blang Kolam tersebut.

5. Masjid Agung Baiturrahman, Masjid Tua Bersejarah Ini Terkenal Sampai Ke Seluruh Dunia.

Masjid Agung Baiturrahman

Masjid Agung Baiturrahman via http://news.fimadani.com

Setelah berkeliling menikmati wisata alam Aceh yang indah, hal selanjutnya yang perlu di datangi adalah menikmati bangunan bersejarah dan keagamaan di kota ini salah satu lokasi yang tepat untuk di datangi adalah Masjid Agung Baiturrahman.

Masjid ini didirikan pada tahun 1621 saat Aceh masih dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda, Masjid ini sangat megah dengan arsitektur yang sangat baik, dindingnya berwarna putih dengan kubah berwarna hitam. Masjid ini mampu untuk menampung banyak jamaah, saat shalat Jum’at jamaah akan meluber hingga keluar Masjid dan menimbulkan suara yang kompak seperti lebah saat dilakukan shalat jum’at berjamaah.

Salah satu bukti ketangguhan arsitektur masjid ini bisa dilihat saat terjadi tsunami, masjid yang berada di pusat kota tidak terkena sapuan ombak dan kokoh berdiri serta menjadi tempat perlindungan ratusan orang yang terkena tsunami.