Pulau Flores terutama di Labuan Bajo ini memang sedang menjadi trending di Indonesia maupun Dunia karena memang Pemerintah Indonesia sendiri pun sedang gencar-gencarnya promosi wisata di Labuan Bajo ini terutama Taman Nasional Komodo yang memiliki spesias langka, Komodo yang menjadi New Seven Wonder di dunia.

Walaupun Labuan Bajo hanya menjadi tempat transit bagi wisatawan yang handak ke Taman Nasional Komodo, namun Labuan Bajo sendiri ini pun menawarkan wisata-wisata yang tak kalah bagusnya dan juga lokasinya yang tidak terlalu berjauhan dari Kota Labuan Bajo itu sendiri.

Berikut adalah tempat wisata di Labuan Bajo :

1. Pantai Waecicu

Tidak jauh dari Amelia Sea View, terdapat Waecicu Beach yang berlokasi berada di ujung utara sektaran Labuan Bajo. Disini memang sudah dikomersialisasi oleh salah satu resort, namun kita bisa menuju Waecicu Beach ini saat pertigaan dari Amelia Sea View. Belok kiri dari pertigaan, nanti tidak jauh dari sana terdapat gerbang menuju Waecicu Beach. Waktu yang tepat disini adalah saat sunset karena view sunset dari sini juga ciamik loh guys!

2. Dermaga Putih

Dermaga putih via https://en.wikipedia.org

Dermaga Putih ini memang merupakan properti pribadi karena ini merupakan jembatan untuk restaurant. Tapi restaurant tersebut buka pada malam hari jadi pada siang hari kita bisa minta ijin ke petugas yang di depan untuk berfoto di jembatan putih ini. Senja merupakan waktu yang pas untuk menikmati sunset disini, siang hari juga bagus karena kita bisa melihat air yang jernih dan biru di sekitarnya.

Lokasi Dermaga Putih ini ada di dekat Kampung Ujung, di sudut sebelah kanannya. Atau tanya penduduk setempat pasti nanti mereka tau dan bisa diarahkan juga kesana memang sampai saat ini belum ada plangnya.

3. Bukit Cinta

Advertisement

Di perbukitan sebelah utara Labuan Bajo terdapat tempat yang bernama Bukit Cinta. Konon katanya tempat ini dinamakan Bukit Cinta karena pernah kepergok ada sepasang remaja yang sedang berhubungan di bawah pohon yang rindang ini. Memang sih, suasananya romantis banget! Di bawah pohon rindang sambil liat view di depan, fix 100% bikin baper.

Untuk mencapai lokasi ini, ambil arah jalan ke Waecicu Beach namun nanti di perjalanan perhatikan ada belokan jalan kecil ke sebelah kanan, nanti tinggal ikuti jalan. Nanti ada area yang sedang di keruk tanahnya, masuk saja dan langsung ambil ke ujung. Nanti ada tanjakan yang lumayan curam sebelum menuju ke atas viewpoint ini.

4. Gua Batu Cermin

Gua Batu Cermin via https://tourism.nttprov.go.id

Goa Batu Cermin ini berlokasi tidak jauh dari Bukit Cinta. Yang unik dari Goa Batu Cermin ini, kata peneliti goa ini merupakan karang-karang bawah laut terlihat dari banyaknya fosil ikan dan karang-karang di dalamnya. Coba bayangin guys, dulu Labuan Bajo itu berarti masih dibawah laut jaman dahulu kala tuhhhh.

Selain itu ada spot di goa ini yaitu spot dimana di jam tertentu cahaya akan masuk dan menyinari semua isi goa, maka dari itu kenapa dinamakan Batu Cermin. Biaya masuk hanya Rp 10.000 dan jasa guide Rp 15.000 untuk 15 menit perjalanan ke dalam goa.

5. Air Terjun Cunca Wulang

Cunca Wulang ini bisa dibilang merupakan "green canyon" nya Flores karena tekstur batu-batuannya yang sama seperti green canyon, sama seperti green canyon yang berada di Pangandaran, Jawa Barat. Namun harga tiket masuknya cukup mahal, sekitar Rp 100.000 termasuk dengan guide masyarakat sekitar. Jarak Cunca Wulang ini sekitar 30 km dari Labuan Bajo yang bisa dicapai selama 30 menit.