Kamu seorang mahasiswa yang sedang dalam masa liburan, tetapi nggak pergi ke luar kota? Kesibukan orang tua yang membuat kamu nggak bisa liburan? Jangan kuatir, ternyata di Jakarta ada beberapa tempat wisata yang wajib kamu kunjungi selama liburan.Kamu seorang mahasiswa yang sedang dalam masa liburan, tetapi nggak pergi ke luar kota? Kesibukan orang tua yang membuat kamu nggak bisa liburan? Jangan kuatir, ternyata di Jakarta ada beberapa tempat wisata yang wajib kamu kunjungi selama liburan.

 

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Keindahan TMII dilihat dari udara

Keindahan TMII dilihat dari udara via http://travelkompas.com

Tidak hanya populer bagi warga Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah atau akrabnya TMII adalah salah satu destinasi populer bagi pengunjung dari luar Jakarta yang ingin berwisata di Jakarta. Hal ini terbukti dari ribuan pengunjung memadati tempat wisata ini, mayoritas terdiri dari anak-anak, kaum muda, dan orang tua.

Tiket masuk ke TMII dibagi menjadi tiket pintu masuk perorangan normal yang terhitung untuk umur 3 tahun keatas Rp. 10.000,-/orang. Untuk mobil Rp. 10.000,-, motor Rp. 6.000,-, dan sepeda Rp. 1.000,-. Mengingat TMII ini merupakan tempat wisata yang cukup luas, buat kamu yang belum mempunyai kendaraan bermotor, jangan lupa sewa mobil atau motor untuk memudahkan kamu berwisata ke TMII. Jam operasional TMII adalah buka pada Pkl. 07.00 WIB sampai Pkl. 22.00 WIB.

2. Taman Impian Jaya Ancol

Salah satu lokasi di Taman Impian Jaya Ancol

Salah satu lokasi di Taman Impian Jaya Ancol via http://jakartakita.com

Butuh taman hiburan? Taman Impian Jaya Ancol tepatnya. Disini kamu bisa menemukan berbagai macam tempat yang bisa kamu pilih untuk rekreasi. Taman Impian Jaya Ancol yang berlokasi di Jakarta Utara, dan untuk dapat mencapai tempat ini juga sangat mudah karena kamu bisa naik kendaraan pribadi ataupun alat transportasi umum. Kalau kamu tidak mempunyai kendaraan pribadi kamu bisa sewa mobil lewat aplikasi Nemob, mengingat kawasan Taman Impian Jaya Ancol ini luasnya sekitar 552 Hektar. Kebayang kan kalau kamu ingin berkeliling tetapi nggak punya kendaraan pribadi?

Tiket masuk Taman Impian Jaya Ancol adalah Rp 25.000,-/orang, untuk kendaraan pribadi ditarifkan Rp. 25.000,-/mobil dan Rp. 15.000,-/motor. Untuk menikmati kawasan tertentu, kamu masih harus membayar biaya tambahan. Tapi jangan khawatir, ada juga kok beberapa kawasan yang dapat kamu nikmati secara gratis.

3. Tugu Monumen Nasional (Tugu Monas)

Tugu Monas saat siang hari

Tugu Monas saat siang hari via https://nemob.id

Monas adalah tempat wisata di Ibukota Jakarta yang paling populer, sekaligus pula salah satu kebanggaan Republik Indonesia. Monumen ini terbuka untuk umum dan buka setiap hari dari Pukul 08.00 hingga Pukul 15.00, kecuali pada Senin pekan terakhir setiap bulan ditutup untuk umum.

Tiket masuk Tugu Monas adalah sebesar Rp. 5.000,-/orang (dewasa), untuk mahasiswa Rp. 3.000, dan anak-anak Rp. 2.000,-. Untuk menggunakan lift ke puncak Monas, Anda dapat membayar tiket lift sebesar Rp. 10.000,-/orang (dewasa) atau mahasiswa Rp. 5.000,-/orang. Selain bisa berwisata, ada ilmu tentang sejarah bangsa Indonesia yang bisa kamu pelajari kembali disini. Sambil menyelam minum air, bukan?

4. Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta saat siang hari

Kota Tua Jakarta saat siang hari via http://dreamofacity.com

Kota Tua Jakarta adalah salah satu tempat wisata edukasi di Jakarta yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan, salah satunya mahasiswa dan pelajar. Banyak sekolah yang merekomendasikan Kota Tua Jakarta sebagai destinasi untuk studytour. Berbagai peninggalan masa sejarah masih dapat kamu nikmati di kawasan yang selalu ramai saat akhir pekan. Karena struktur bangunan yang menarik, tidak jarang kamu akan menemukan beberapa pecinta fotografi suka datang ke Kota Tua.

Ada sejumlah tempat historis di kawasan Kota Tua, seperti Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, Toko Merah, dan masih banyak lagi museum yang ada di kawasan Kota Tua Jakarta. Tidak hanya tempat-tempat historis, kamu juga dapat menikmati kuliner di Kota Tua Jakarta dengan menyempatkan berkunjung ke Cafe Batavia atau Cafe Gazebo, serta kamu dapat menikmati aneka jajanan seperti gado-gado, soto, hingga kerak telor khas Jakarta.

5. Grand Indonesia Shopping Town

Wah, besarnya.....

Wah, besarnya..... via http://grand-indonesia.com

Bosan dengan kawasan wisata outdoor? Jangan lupakan mall yang ada di Ibukota negara Indonesia ini, salah satunya Grand Indonesia Shopping Town. Inilah salah satu mall paling populer di Jakarta. Grand Indonesia Shopping Town tidak hanya menawarkan pengalaman wisata belanja, tapi pengalaman kuliner yang tidak kalah menarik. Objek wisata Jakarta yang satu ini adalah salah satu tempat nongkrong di Jakarta yang favorit bagi banyak kalangan. Ukuran mall ini terbilang besar dengan spot perbelanjaan yang lengkap dari berbagai brand fashion dunia.

Lahan parkirnya yang luas tidak membuat kamu kesulitan untuk mencari tempat parkir mobil pribadi. Dari salon hingga bioskop, juga restoran dan cafe di Jakarta hingga penjual desserts, tersedia di Grand Indonesia Shopping Town. Sebagian besar pengunjung merasa tidak bosan untuk datang kembali mengunjungi mall Jakarta yang satu ini.