1. Buat daftar belanja dan batasi pengeluaran yang gak perlu.

Point ini cocok buat kamu yang suka beli barang-barang yang nggak terlalu penting. Jadi, untuk menyiasatinya kamu bisa bikin daftar belanjaan yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan hindari untuk belanja barang-barang yang gak terlalu kamu butuhin sekarang. Kalau kamu nggak bikin daftar belanja, kamu bakal kebablasan dan overbudgeting.

2. Sisihkan sebagian uangmu di awal bulan.

Google Images via http://2.bp.blogspot.com

Sakit di awal bulan gak papa kali ya, asal kamu bisa menikmati akhir bulan dengan tenang. Sisihkan uangmu di awal bulan itu penting, agar kamu bisa mengatur keuanganmu untuk biaya yang tak terduga suatu saat nanti. Selain itu uang yang kamu sisihkan bisa juga menjauhkanmu dari hutang. Sebagai pemula, kamu bisa menyisihkan 5% dari uang bulananmu, ketika berhasil, perlahan sisihkan 10%-25% setiap bulannya.

3. Jauhkan dirimu dari hutang dalam bentuk apapun.

Google Images via https://www.usnews.com

Advertisement

Sebaiknya, kamu harus bisa menghindari hutang, baik dalam bentuk kredit atau pinjam keteman-temanmu. Karena dengan semakin banyaknya nominal yang kamu pinjam, maka itu akan menyiksamu di bulan berikutnya karena banyaknya uang yang harus kamu ganti ke teman-temanmu. Kalau kamu memang benar-benar harus kredit, kamu perlu menyesuaikan cicilan dengan pendapatanmu. Hindari untuk memilih pembayaran bulanan yang terlalu besar. Kalau pendapatanmu gak sesuai dengan cicilan yang harus kamu bayar dan uangmu udah habis sebelum waktunya, bisa pusing kan ?

4. Rela irit uang makan.

Google Images via http://panduanhidupsehat.com

Terbiasa dan sering makan enak di kafe dan restoran mahal gak bagus untuk keuanganmu. Kamu harus mengurangi gaya hidup yang terlalu menyiksa dompetmu. Di awal bulan, kamu memang bisa membeli makanan semaumu, tapi pas akhir bulan ? Well, nasi dengan garam mungkin hidangan favoritmu kamu bisa menyiasatinya dengan berpuasa. Karena dengan berpuasa, kamu bisa memperbaiki keadaan dompetmu dan baik juga untuk kesehatan. Selain berpuasa, kamu juga bisa memasak sendiri di rumah/kost, karena memasak sendiri bakal lebih irit ketimbang beli makanan di luar kan ?

5. Sisihkan uangmu untuk investasi

Ketika keuanganmu sudah membaik, nggak ada salahnya kan untuk mulai berinvestasi ? Investasi yang kamu lakukan bisa dalam bentuk apapun, seperti bisnis kecil-kecilan. Walaupun pemasukan yang didapat terbilang sedikit, tapi setidaknya lebih baik kan ketimbang nggak dapat apa-apa? Hal lain yang harus kamu ketahui, kamu juga harus waspada jika mulai menginvestasikan uangmu ke orang lain, bisa-bisa malah dibawa kabur deh 🙁

Tips-tips diatas bisa banget bantu pengeluaranmu dan kamu gak perlu panik lagi akan penderitaan akhir bulan. Silahkan mencoba!