Kamu mungkin aja dibuat bete sama rambut yang bisa dibilang serba nanggung ini – nggak keriting, tapi juga nggak lurus. Ada sih solusinya, antara nyatok tiap subuh alias sebelum beraktivitas, smoothing sampai potong rambut jadi pendek. Antara catok atau smoothing, memang yang paling mendingan, tapi tetap aja, bikin ujung rambut jadi lebih kering dan  mudah rusak, seperti gampang patah dan bercabang, nggak endes deh dilihat. Kalau potong pendek? Ah, ini lagi, yang ada malah nambah masalah. Selain mental belum siap, belum lagi harus cari tahu potongan yang sesuai, belum lagi styling-nya tiap hari, ribet, yang ada… sakit kepala!

Jadi, apa sih cara yang bikin rambut nanggung ini jadi lebih oke? Kalau kata para hair-dresser ternama, kunci yang bikin si rambut ikal ini jadi kelihatan kece adalah mainkan tekstur alami ikalnya. Dan ini tips yang kamu butuhkan:

 

1. Potongan sebahu akan membuat rambutmu penuh dan tampilan pipi temben pun berkurang secara signifikan

Rambut ikal akan terlihat keren jika panjangnya sebahu atau lebih, dan dengan tambahan layer pada dagu dan sudut bawah wajah, seperti Selena Gomez, potongan ini akan membuat rambut kamu terlihat panjang dan penuh. Bonusnya, tampilan pipi temben pun berkurang secara signifikan. Lumayan kan, rambut baru bikin kita kelihatan kurus. Buruan deh, bikin janji sama salon langganan.

2. Keramas? Jangan sering-sering, ah!

Selain bikin kamu terbebas dari risiko masuk angin (keseringan rambut basah tanpa dikeringkan dengan blow dry, juga bisa bikin kamu sakit kepala). Good news-nya nih, para ahli justru bilang kalau rambut kamu ikal, nggak perlu sering-sering keramas. Alasannya, minyak alami rambut bisa bikin ‘rambut’ lebih nurut. Kalau keramas, siap-siap aja repot merapikan lagi, pasalnya rambut ikal malah jadi tambah megar! Sebaliknya, cukup keramas 2-3 kali dalam seminggu, sisanya, kamu hanya tinggal mengaplikasikan serum atau spray anti kusut.

 

3. Kaya wajah, kelembapan si rambut juga perlu dijaga

jaga kelembaban

jaga kelembaban via http://www.stylecraze.com

Yup, teratur deh ke salon buat creambath. Kalaupun si doi complain gegara kamu lebih milih ke salon daripada nemenin dia, ajak aja creambath juga! Tapi ada juga nih cara win-win solution biar pacar nggak kzl. Gampang, tinggal aplikasikan kondisioner setelah keramas atau memakai leave-in kondisioner. Sapukan mulai dua senti dari kulit kepala terus sampai ke ujung. Ssttt, jangan sampai kena kulit kepala ya, soalnya kondisioner bisa bikin gatal jika mengenai kulit kepala. Nggak pengen kan malah disangka kutuan?

4. Jauh-jauh deh dari blow-dry!

blow dry? NO!

blow dry? NO! via http://www.cosmopolitan.com

Soalnya, blow-dry masuk pada kategori tindakan yang cukup “brutal” untul rambut ikal kamu. Simpan deh perangkat blow kamu dan lakukan trik berikut ini; “peras” semua kelebihan air setelah keramas, kemudian, baurkan kondisioner tanpa dibilas, lalu ambil sebagian kecil rambut dan puntir dengan jari-jarimu selama 15 sampai 30 detik untuk mempertegas tekstur alami rambut dan membentuk ikalnya, plus membuatnya terlihat mengilap! 

5. Tetap membandel? Coba deh pake aplikasi editing foto biar rambutmu kelihatan lebih rapi

before after beauty plus

before after beauty plus via http://www.marieclaire.com

Potong pendek, deh! Tapiii, kalau masih belum siap mental, beberapa gaya rambut ini bisa jadi penyelamat, seperti: gaya ponytail rendah, atau simpel up-do dengan cara mengikatnya rendah dan longgar, lalu cepol atau kamu bisa berkreasi dengan gaya puntir-acak, kunci dengan jepit hitam. 

Kelar, deh. Plus, sekarang kamu nggak perlu bete lagi gara-gara urusan rambut nanggung. Wajah happy, pacar happy, semua happy! Dan biasanya wajah happy itu yang bikin selfie kamu lebih oke. Nggak percaya? Coba deh, selfie pakai MakeupPlus atau BeautyPlus, yang bikin kamu nggak tambah pusing karena harus edit ini-itu. Lumayan nih, sekalian pamer tampilan rambut baru kamu. Tunggu apa lagi? 1, 2… klik!