Gadget atau smartphone sudah bukan barang langka lagi di semua kalangan seperti anak anak, remaja atau pelajar, sampai orang dewasa. Semua orang pasti menggunakan smartphone di kehidupan sehari-hari. Sosial media adalah salah satu tempat favorit untuk anak muda jaman sekarang untuk mencurahkan segala sesuatu yang terjadi di kehidupannya dan berbagi ke banyak orang melalui sosial media populer saat ini seperti facebook, instagram, path dan lain-lain.

Tidak ada yang salah dengan menggunakan gadget atau smartphone apalagi itu untuk sosial media, karena untuk selalu update di zamannya teknologi ini pasti butuh yang namanya internet. Tapi kebanyakan anak anak remaja yang masih belum punya kesibukan, tentu ini akan menjadi fatal apabila kecanduan gadget atau kata kata halusnya adalah sudah menjadi kebiasaan menggenggam gadget kemana mana, cukup banyak efek negatifnya, memang dampak positif juga banyak.

Khusus untuk orang tua, mengawasi anak dalam menggunakan smartphone adalah hal wajib, tapi perlu diingat bahwa seketat apapun pengawasan orang tua kalau yang namanya barang canggih pasti penggunanya akan ketularan canggih juga, misal saja situs-situs terlarang yang sudah di antisipasi pemerintah dengan blokir masal, bahkan sekarang ini ada kampanye anti berita hoax di internet

Wah dengan adanya fakta tersebut, sudah semakin jelas kan kalau penggunaan sosial media dan internet adalah hal yang sangat kompleks dalam kehidupan? Khusus kamu yang ingin segera move on dan mengurangi kebiasaan bermain gadget, kamu harap simak ini.

 

1. Perbanyak Kegiatan Outdoor

Tips Terhindar kebiasaan Gadget berlebihan

Tips Terhindar kebiasaan Gadget berlebihan via http://www.teqnoparadise.com

Istilah anak yang suka bermain gadget sudah pasti secara tidak langsung anak tersebut adalah tipe anak rumahan, dimana anak tersebut jarang berinteraksi dengan lingkungan sosial dan teman teman di luar sana. Kalau kita terlalu sering di rumah dan menghabiskan sebagian besar waktu hanya bermain di rumah, kemungkinan besar hanya ada 2 kegiatan yang kita lakukan, yang pertama adalah belajar dan yang kedua adalah bermain gadget dan komputer, ataupun menonton TV. Nah, seandainya kita lebih memperbanyak porsi bermain di luar atau bersama teman teman, tentu ini akan membuat kita menjadi lupa terhadap kebiasaan bermain gadget. Khusus anak laki laki, sangat bagus apabila mencoba untuk suka olahraga, seperti bermain sepakbola, basket, dan olahraga lain yang tentu dapat membuat kita bisa dengan cepat melupakan kebiasaan bermain gadget tadi. Tapi perlu diingat, jangan terlalu over juga dalam bermain di luar rumah. Waktu bermain di luar dan berada di rumah bersama keluarga, ataupun mengerjakan tugas sekolah atau kuliah ahrus diseimbangkan.

2. Bulatkan Tekad Untuk Mengurangi Kecanduan Gadget

Bulatkan Tekad

Bulatkan Tekad via http://www.teqnoparadise.com

Hal yang paling dasar sebelum memulai segala sesuatu adalah niat. Seberapa besar niat kita untuk berhenti atau setidaknya mengurangi kebiasaan bermain gadget, kalau tekad kita betul betul sudah bulat maka tentu ini akan menjadi lebih mudah dalam usaha mengurangi kebiasaan bermain dengan smartphone. Semakin besar niat kita, semua godaan yang mengarah agar kita bermain gadget tentu dapat kita hindari

3. Alihkan ke Kegiatan Lain Saat Ingin main Gadget

Mengalihkan Kegiatan

Mengalihkan Kegiatan via http://www.teqnoparadise.com

Maksudnya, pasti selalu ada saat dimana kita ingin sekali main game di gadget atau menggunakan gadget? Nah, saat itu juga usahakan kamu sudah punya alternatif kegiatan lain. Contohnya saja kegiatan membantu orang tua ataupun kegiatan yang sifatnya tidak mengarah ke gadget. Tips sederhana yang bisa kamu lakukan adalah saat kamu sudah tidak tahan lagi ingin main gadget, cobalah untuk menonton TV dan secepat mungkin tidak memikirkan gadget dan yang lebh bagus lagi yaitu mencoba bermain di luar rumah dan jangan bawa gadget-mu.

4. Atur Jarak Kamu dengan Si Gadget

Atur Jarak dengan Gadget

Atur Jarak dengan Gadget via http://www.teqnoparadise.com

Untuk menghindari interaksi, tentu jarak sudah pasti berpengaruh.. Akan lebih baik jika kamu mencoba untuk tidak membawa gadget setiap kamu bepergian, misalnya saja kamu yang saat ini ke sekolah sudah membawa gadget, kumpul bersama teman bawa gadget, dan sampai sampai menonton TV pun gadget-mu ada di saku. Hal ini tentu tidak akan bisa dihindari dan kamu pun tidak akan bisa menghilangkan dan mengurangi kecanduan gadget tersebut. Langkah yang dapat kamu coba antara lain benar benar tidak bersentuhan dengan gadget. Cobalah untuk mengistirahatkan gadget dan taruh di tempat yang agak sulit di jangkau, misal saja di laci atau di tempat yang lain yang sekiranya kamu jarang berinteraksi dengan tempat itu

Oh ya, pengguna gadget dan sosial media sudah banyak banget loh sampai sampai aplikasi emulator android terbaik ringan pun bermunculan, belum tahu apa itu emulator? Silakan search di google.

5. Buat Schedule Pasti Mengenai Kapan Menggunakan Gadget

Buat Jadwal Agar TIDAK KECANDUAN GADGET

Buat Jadwal Agar TIDAK KECANDUAN GADGET via http://www.teqnoparadise.com

Bagi kamu yang benar benar tidak mungkin bisa menghilangkan kebiasaan gadget, maka langkah yang paling tepat adalah dengan mengurangi kebiasaan tersebut. Solusi yang tepat adalah membuat jadwal kapan kamu memegang gadget, belajar, dan bermain di luar rumah alias beraktivitas tanpa gadget. Dengan membuat jadwal, kalian pasti akan lebih mudah dalam mengatur dan me-manage pikiran agar tidak teralih ke gadget, Kita tahu bahwa informasi tak luput dengan yang namanya smartphone, terutama informasi di sosial media. Tentu hal ini juga penting untuk kehidupan kita, bukan? Nah, aturlah hal-hal yang berkaitan tersebut menjadi sebuah jadwal, misalnya saja waktu main gadget adalah jam 4 sore sampai jam 6 sore dan seterusnya. Dengan membuat jadwal, tentu kamu akan lebih teratur dan lebih ter-manage mengenai waktu yang kamu gunakan setiap harinya. Kalau kamu tidak membuat jadwal, pasti ada ada saja godaan dan hal hal yang membuat kita terpaksa ingin memainkan gadget secara terus menerus.