1. membaca

Tentu hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membaca. Tanpa kalian membaca. kalian tidak akan bisa menulis. karena menulis membutuhkan banyak kosa kata. Jadi jika kalian malas untuk membaca kalian juga akan sangat sulit untuk memulai menulis. Tapi jika kalian sudah sering membaca kalian mempunyai 1 kunci untuk memulai menulis. Karena dengan banyak membaca kalian akan lebih mudah untuk menulis.

2. cari waktu yang tepat

Jika kalian sudah banyak membaca dan mempunyai refrensi yang banyak, kalian harus mencari waktu yang tepat. Karena jika kalian menulis tidak pada waktu yang tepat kalian akan kesulitan karena harus memikirkan hal lain. Menulis membutuhkan konsentrasi penuh, waktu yang tenang, yang tidak bisa diganggu orang lain. Sehingga kalian bisa konsentrasi dengan tulisan kalian.

3. Segeralah Menulis

Advertisement

Segeralah menulis, itu adalah hal yang harus kalian lakukan. Setelah banyak membaca dan menentukan waktu yang tepat segerakan menulis. Jangan menunda untuk menulis. Karena jika kalian menunda untuk menulis, selamanya kalian akan kesulitan untuk menulis. Manfaatkan momen yang ada. Jangan biarkan momen yang ada tertunda lagi karena kalian tidak segera untuk menulis. Setiap momen yang ada sangatlah penting buat kalian untuk menulis.

4. konsisten

Setelah kalian memulai menulis pertama kali, jangan langsung berhenti begitu saja. Buatlah jadwal setidaknya dalam waktu sehari kalian mempunyai waktu untuk menulis. Sehingga kalian akan terbiasa untuk menulis. Karena sesuatu yang dibiasakan akan menjadi sangat mudah. Jadi nanti kalian akan terbiasa menulis dan akan menjadi seorang jurnalis.

5. Siapapun Bisa menulis

Tanamkan pada diri kita bahwa semua orang bisa menulis. Jangan beranggapan hanya orang tertentu yang bisa menulis. jika kita menanmkan hal ini kita akan semangat untuk menulis. karena tidak beranggapan hanya orang tertentu yang bisa menulis