1. Membuat program diet

Setelah lebaran kita harus memulai program diet untuk menurunkan berat badan. Tak perlu diet yang terlalu ketat sampai harus menyiksa diri sendiri. Cukup lakukan diet sehat dengan cara mengatur makanan yang akan kita konsumsi, waktu makan, dan olahraga yang cukup.

2. Disiplin dalam pola makan

Setelah menyusun program diet, langkah selanjutnya yakni disiplin dalam pola makan. Kita wajib mengkonsumsi makanan secukupnya sesuai kebutuhan dan waktu makan. Jangan lupa untuk sarapan setiap pagi. Banyak orang yang melakukan kesalahan saat berdiet yaitu melewatkan waktu sarapan, padahal kebiasaan itu bisa membuat kita memiliki resiko obesitas 4x lipat.

Advertisement

Karena kecenderungan jika tidak sarapan akan menambah porsi makan pada siang harinya karena lapar yang berlebihan. Untuk makan siang, bersantaplah dengan makanan yang sehat, dan untuk makan malamnya cukup konsumsi sayur dan buah. Lakukan kebiasaan pola makan ini secara rutin sehingga berat badanmu akan kembali seperti semula.

3. Konsumsi buah dan sayur

Jika kalian merasa lapar dan ingin ngemil, hindari mengkonsumsi makanan ringan atau junkfood. Sebaiknya biasakan mulai mengkonsumsi potongan buah segar yang kaya vitamin, mineral dan serat yang baik untuk menurunkan kolestrol dalam darah dan mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh. Sertakan sayuran hijau satu mangkok dan satu porsi buah dalam menu makan. Karena sayuran lebih lama dicerna oleh tubuh.

4. Perbanyak minum air putih

Minum banyak air putih dipercaya akan membantu kembali langsing. Hal ini juga ditegaskan oleh Cynthia Sass, juru bicara Asosiasi Diet Amerika ( American Dietetic Association ), saat kita merasa lapar, cobalah minum segelas air. Jika rasa lapar itu hilang, maka kita tidak perlu lagi menyantap makanan. Dan ternyata dengan mengonsumsi 2 liter air setiap hari akan membantu pembakaran kalori.

5. Berjalan kaki

Olahraga sangat dianjurkan untuk kalian yang ingin melangsingkan berat badan. Tidak harus melakukan olahraga yang berat untuk menurunkan berat badan. Cobalah untuk lebih sering berjalan kaki. Dengan berjalan kaki, setidaknya kalori dalam tubuh akan terbakar. Rutin berjalan kaki bisa membakar lemak dan menurunkan berat badan dengan sehat.