Berbicara didepan umum memang sudah menjadi masalah orang banyak pada umumnya. Memiliki rasa gugup itu memang wajar, tapi bukan berarti kamu tidak akan pernah menjadi pembicara yang baik. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan kemampuan berbicara didepan umum.

 

1. Prioritaskan persiapan. Latihan..latihan..dan latihan

prepare and practice

prepare and practice via http://popsych.org

Kesiapan diri merupakan cara utama untuk menenangkan saraf ketika berbicara didepan umum. Banyak orang-orang yang sebenarnya mampu berbicara depan umum dengan baik tapi menjadi tidak efektif karena tidak melakukan persiapan dan latihan yang cukup, sehingga mereka lupa terhadap apa yang ingin dikatakannya dan bagaimana mengatakannya. 

2. Penampilan yang nyaman dan menarik itu terkadang menjadi faktor pendukung

Penampilan penting untuk membangun rasa percaya diri

Penampilan penting untuk membangun rasa percaya diri via http://m.c.lnkd.licdn.com

Bagi sebagian orang, penampilan yang menarik dan nyaman bisa membuatnya lebih percaya diri dan kepercayaan diri inilah yang bisa mengurangi rasa gugup. Kamu bisa mencobanya untuk menggunakan pakaian atau sesuatu yang membuat kamu lebih percaya diri.

3. Berbicaralah dengan kata-kata yang ada dipikiranmu

Berbicara dengan bebas

Berbicara dengan bebas via http://i.ytimg.com

Berbicara tidak harus sesuai dengan konsep yang kamu tulis. Kuasai konsep dan keluarkan saja kata-kata yang ada dipikiranmu dan berbicara dengan nyaman, namun jangan sampai melenceng jauh dari topic dan sesuaikan dengan keadaan. Berbicara sesuai kata-kata yang kamu hafalkan itu hanya akan membuatmu lupa, ditambah lagi jika kamu gugup.

4. Anggap saja bahwa pendengar itu tertarik dengan apa yang kamu katakan

Anggap saja mereka antusias

Anggap saja mereka antusias via http://php5.mydns.net.nz

Public speaking itu tentang pendengar, jadi berbicaralah seolah-olah mereka antusias dengan apa yang kamu katakan dan kamu lebih mampu. Bicaralah dengan perlahan dan jelas, sehingga mereka juga tidak bosan dan gunakan bahasa tubuh.

5. Bangun kebiasaan mendengarkan presentasi, seminar, atau pidato

Biasakan menjadi pendengar

Biasakan menjadi pendengar via https://whatelseisonnow.files.wordpress.com

Semakin sering kamu mendengarkan presentasi, seminar, maupun pidato, akan membuat kamu untuk terikuti bagaimana mereka berbicara dengan mudah. Ini bukan masalah bahwa setiap orang harus menjadi diri sendiri. Tapi bagi kamu yang belum bisa mengatasi rasa gugup, cara ini bisa kamu lakukan. Tidak masalah jika pada awalnya kamu mengikuti gaya bicara orang lain jika itu bisa membuatmu lebih mudah dan nyaman ketika berbicara. Ketika kemampuanmu sudah berkembang, maka akan muncul sendiri gaya yang sesuai dengan ciri khas kamu.

Pada intinya tujuan public speaking adalah menyampaikan pesan kepada pendengar. Selain itu, public speaking juga berguna untuk melatih kepercayaan diri. Hal  yang terpenting adalah, teruslah berlatih dan jangan menghindar dari berbicara depan umum.