Wajah cerah tanpa noda atau flek hitam menjadi dambaan setiap orang.

Tapi, kalau kulitmu sering terpapar sinar matahari dan faktor lainnya bisa membuat kulit wajahmu dihiasi flek hitam serta terlihat kusam. Pastinya gak mau kan wajah jadi kayak macan tutul? Lalu, bagaimana sih cara mengembalikan wajah cerahmu?

Sebelum mengatasi masalah kulit tersebut, kamu perlu mengetahui factor penyebabnya. Berikut penyebab timbulnya masalah kulit dan flek hitam :

 

Faktor Dari Dalam Tubuh

Berkaitan dengan adanya gangguan fisik atau penyakit sehingga tubuh memproduksi sel pigmen secara berlebihan. Fungsi sel pigmen adalah melindungi tubuh dari sinar matahari yang mengenai kulit. Proses produksi sel pigmen yang berlebihan membuat kulit terlihat kusam. Berikut penjelasannya :

 

1. Penyakit

Sakit menyebabkan hilangnya kecantikan kulit alami

Sakit menyebabkan hilangnya kecantikan kulit alami via http://vemale.com

Jika organ tubuh terganggu, maka akan mempengaruhi sistem metabolisme tubuh dan peredaran darah. Hal tersebut tentunya mempengaruhi kondisi kulit. Tak heran, penderita penyakit berat biasanya memiliki kulit kusam.

2. Menumpuknya Sel Kulit Mati

Noda hitam yang mengganggu!

Noda hitam yang mengganggu! via http://vemale.com

Menumpuknya sel kullit mati, menyebabkan kulit wajah tampak kusam. Karena itu, sebaiknya lakukan pembersihan dan pengangkatan sel-sel kulit mati (exfoliating) secara rutin.

 

3. Kehamilan

masa kehamilan

masa kehamilan via http://www.taranatureepa.com

Pada masa ini terjadi gangguan produksi hormon. Produksi hormon yang berlebihan mempengaruhi produksi sel pigmen pada kulit, sehingga pada beberapa wanita hamil kulit wajahnya kusam.

4. Stress Dan Pola Hidup yang Tidak Sehat

Stress kerjaan menumpuk bro!

Stress kerjaan menumpuk bro! via http://urfizzati.com

Ketidakteraturan hidup karena stress serta pola tidur yang tidak berkualitas akan mengganggu system metabolisme tubuh. Hal ini akan berdampak pada kondisi kulit wajah dan akhirnya menyebabkan wajah kusam.

 

 

Faktor Dari Luar Tubuh

Beberapa faktor dari luar seperti paparan sinar matahari dan polusi memiliki dampak negative pada tubuh. Berikut penjelasannya :

5. Paparan Sinar Matahari

Lindungi kulitmu dari sinar Ultra Violet dengan Sunblock!

Lindungi kulitmu dari sinar Ultra Violet dengan Sunblock! via http://www.suara.com

Paparan sinar ultra violet yang berlebihan pada kulit wajah akan mempengaruhi kondisi kulit. Hal ini menyebabkan munculnya noda hitam pada kulit wajah.

6. Polusi

Polusi merusak kulitmu!

Polusi merusak kulitmu! via http://fokus.news.viva.co.id

Tingkat polusi asap kendaraan yang meningkat di perkotaan akan mempengaruhi dan mengganggu kesehatan kulit. Polusi menyebabkan penebalan sel-sel kulit mati, sehingga kulit wajah menjadi kusam.

Flek hitam dan wajah kusam bisa dialami siapapun tanpa batas usia. Karena itu, untuk yang memiliki wajah cerah pun sebaiknya meminimalisir faktor penyebab kekusaman kulit. Lalu, bagaimana cara mengatasi kulit wajah kusam dan flek hitam??

 

7. Pembersihan Rutin Dan Sunblock

Bersihkan wajah minimal 2 kali sehari

Bersihkan wajah minimal 2 kali sehari via http://www.sarefa.com

Lakukan pembersihan wajah secara teratur setiap hari agar sel-sel kulit mati terangkat dengan baik dan kulit bisa melakukan regenerasi secara berkala. Gunakan juga tabir surya (sunblock) secara rutin sebelum beraktivitas untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Serta gunakan lulur scrub wajah dua kali seminggu untuk meminimalisir flek hitam.

8. Lakukan Pengelupasan Dengan AHA dan BHA

Peeling mengandung AHA dan BHA

Peeling mengandung AHA dan BHA via http://lulvyana.blogspot.com

AHA atau Alpha Hydroxy Acid digunakan sebagai anti-aging. Sementara, BHA atau asam beta hydroxyl lebih merujuk kepada asam salyclic yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti inflamasi.

AHA dan BHA memang bahan yang diperuntukkan untuk proses pengelupasan wajah untuk memperbaiki warna kulit wajah, kombinasi keduanya akan membantu meremajakan kulit wajah. Namun, jangan terlalu menggosok kulit wajah dengan kencang seperti proses scrubbing, karena bisa menyebabkan iritasi seperti kemerahan dan lainnya.

 

9. Gunakan produk mengandung vitamin C

Vitamin C baik untuk kulit loh..

Vitamin C baik untuk kulit loh.. via http://copasartikelblog.blogspot.com

Kandungan asam lainnya yang secara kompleks bisa membersihkan dan mencerahkan kulit wajah adalah vitamin C. Vitamin C sangat baik menangkal radikal bebas dan inflamasi penyebab bertambahnya pigmen wajah. Oleskan serum yang mengandung vitamin C secara rutin untuk mengembalikan warna alamiah kulit wajah. Anda bisa beli di toko online maupun supermarket atau anda bisa membuat sendiri serum di rumah.

 

10. Asupan Gizi Yang Mencukupi

Buah dan Sayur penting untuk regenerasi kulit

Buah dan Sayur penting untuk regenerasi kulit via http://solusisehatku.com

Jalani pola makan empat sehat lima sempurna. Dengan asupan gizi yang baik maka kondisi tubuh akan bekerja lebih baik dan kulit wajah menjadi cerah. Penuhi kebutuhan vitamin C dan E yang bisa didapat dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Namun jika dirasa masih kurang, Anda bisa minum suplemen vitamin C dan E.

 

11. Inner Beauty

Kecantikan yang tak ternilai :)

Kecantikan yang tak ternilai :) via http://beautyredefined.com

Menjaga kondisi hati dan pikiran juga perlu dilakukan agar wajah cerah. Dengan ketenangan pikiran dan kebersihan hati maka secara otomatis kecantikan lahiriah akan terpancar. Begitu pula dengan keikhlasan dan rasa syukur membuat anda tetap tampil cantik. :)