Bermain musik adalah salah satu wadah untuk mengekspresikan diri, ketika sedang senang, sedih, galau, badmood, ataupun lainnya. ketika bermain musik seluruh penat pikiran pun hilang. terlebih lagi ketika kamu bisa menikmati setiap alunan yang ada.

Salah satu alat musik yang mudah dipelajari dan dibawa kemana-mana adalah gitar. banyak orang ingin bisa bermain gitar, namun sulit untuk melakukannya bahkan hanya menjadi rencana belaka.

 

1. Yakinkan niatmu dan berjanjilah pada diri sendiri untuk giat berlatih

saat bangun tidur

saat bangun tidur via https://www.google.com

Saat bangun dari tidur adalah waktu yang tepat untuk mengumpulkan niatmu untuk bisa bermain gitar. Yakinkan dan berjanjilah pada dirimu bahwa kamu akan rajin berlatih setiap harinya.

2. Harus memiliki alat musik sendiri

saat perfom gak mungkin kan kamu pinjam alat musik sama yang lainnya?

saat perfom gak mungkin kan kamu pinjam alat musik sama yang lainnya? via http://facebook.com

Untuk bisa belajar bermain gitar lebih mudah, ada baiknya kamu memiliki alat musikmu sendiri. Setiap hari, setiap waktu kamu dapat berlatih tanpa perlu meminjam dulu ke orang lain. Pastikan sebelum kamu memiliki alat musikmu sendiri, kamu sudah menentukan genre musik apa yang kmu sukai sehingga ketika kamu sudah mempunyai alat musik sendiri, kamu tidak salah pilih. Tapi biasanya, untuk seorang pemula disarankan untuk memiliki gitar dengan senar nylon.

3. Belajar menghafalkan kunci dasar gitar

kunci dasar gitar

kunci dasar gitar via https://www.google.com

Setelah kamu memiliki alat musikmu sendiri, kamu sudah bisa mulai berlatih. perlu diingat juga, kenyamanan dalam memegang gitar juga mempengaruhi loh! jadi pastikan kamu sudah memegangnya dengan senyaman mungkin.

Dalam gitar standar kita akan menemukan 6 senar gitar. jika ingin memainkannya, kita harus mengetahui urutan dan nada yang dikeluarkan tiap senar. Senar 1 (terdapat di paling bawah) disebut senar E, senar 2 (diatas senar 1) disebut senar B, senar 3 disebut senar G, senar 4 disebut senar D, senar 5 disebut senar A dan senar 6 disebut senar E (rendah). Setelah mengetahui senar 1-6 mulailah menghafal.

Tidak perlu kunci yang susah dulu, mulailah belajar dari kunci dasar terlebih dahulu. Dengarkanlah setiap bunyi kunci yang telah kamu pelajari, bila suara nada gitar masih berbunyi "jambu kelutuk" atau bisa dibilang tidak bunyi, maka ada salah satu senar yang terkena jarimu yang lain ataupun kamu belum pas bahkan belum kencang untuk menekan senarnya.

Setelah kmu sudah hafal dan suara gitar sudah terdengar merdu, tandanya kamu sudah berlatih dengan benar.

4. Belajarlah untuk memainkan kunci dasar

belajar memainkan kunci dasar

belajar memainkan kunci dasar via https://www.google.com

Perlu diingat, sebelum kamu belajar memainkan kunci dasar, kamu sudah tahu tangga nadanya. yup! ini dia urutannya C-D-E-F-G-A-B-C

Kamu bisa memulai berpindah kunci, cukup 2 kunci termudah yang kamu mainkan. misal, dari senar A ke D. ulangilah terus sampai lancar dan yakinkan dirimu bahwa kamu pasti bisa! bila kendala menghadang sebutlah "rasa malas" mulai menghantui, ingatlah kembali di list nomor 1, bahwa kamu sudah berjanji kepada dirimu sendiri untuk giat berlatih.

Bila sudah lancar memainkan 2 kunci dasar, kamu bisa menambahkannya menjadi 3 atau 4 kunci dasar untuk berpindah-pindah. misal, dari chord F ke C ke G kemudian ke D.

Jika kamu sangat sibuk, kamu bisa berlatih setiap malam sebelum tidur dan pagi setelah bangun tidur. Ini adalah waktu yang ampuh untuk belajar buat kamu yang memiliki aktivitas padat.

5. Belajar memainkan lagu

memainkan sebuah lagu

memainkan sebuah lagu via https://www.google.com

Ini dia tahapan paling ditunggu-tunggu. yup! memainkan sebuah lagu. sebelum memainkan sebuah lagu, ada baiknya memastikan gitar yang akan kamu pakai sudah ter-steam dengan baik yaaa!

Tidak perlu tergesa-gesa untuk cepat bisa memainkan sebuah lagu, kamu hanya perlu memilih lagu yang paling mudah untuk dipelajari. jangan lupa, pastikan kamu tahu benar perpindahan kunci dalam lagu tersebut jadi kamu perlu mendengarkan baik-baik setiap perpindahan kunci dalam lagu tersebuut.

Saran lagu dari penulis, kamu bisa memilih lagu dari band sheila on 7 yang berjudul " Anugerah Terindah yang pernah ku miliki" sebagai lagu pertama kamu. kuncinya cukup mudah, 2 kunci saja G dan C. Ulangilah terus sampai kamu bisa memainkan perpindahan kuncinyanya sama dengan lagu aslinya yaaa!

Setelah kamu bisa lancar memainkan lagu tersebut, kamu bisa memilih lagu kedua dengan 4 kunci nada dasar. contohnya lagu dari band 'Ungu' yang berjudul "aku bukan pilihan hatimu". Setelah kamu berhasil memainkannya, tandanya kamu sudah berhasil juga untuk bisa bermain gitar! dan yang terpenting, jangan lupa untuk tetap berlatih setiap harinya ya, karena "sebuah ketekunan adalan kunci dari keberhasilan". Selamat mencoba! berlatih terus pantang mundur! :)