"Investasi yang sukses membutuhkan waktu, disiplin dan kesabaran". Kata-kata ini tentu tak asing lagi bagi kita yang menekuni dunia investasi. Benar, kata-kata itu keluar dari sosok termasyur Warren Buffett yang dijuluki “Oracle of Omaha”. Ia membeli saham perdananya saat masih berusia 11 tahun. Kedisiplinan dan kesabaran memang dibutuhkan bagi para investor. Bahkan Buffet menegaskan,

Tak peduli seberapa berbakat diri kita, kita harus mampu bersabar agar mampu mendapat hasil yang maksimal. 

Kendati demikian, kesabaran saja tidak cukup agar sukses dalam berinvestasi. Ada beberapa strategi yang perlu ditekankan:

1. Fokuslah pada apa yang diketahui

Buffett menyarakan agar kita berinvestasi pada bidang yang kita minati, ketahui dan fokus pada produk-produk yang kita gunakan.

2. Tahu kapan membeli

Buffett membeli saham secara perlahan dan teratur dari waktu ke waktu. Ia tidak senang memborong saham pada sekali waktu. Ia tahu kapan harus membeli.

3. Menjaga dana cadangan

Advertisement

dana cadangan via http://restituicaodeicms.ml

Dana cadangan sangat diperlukan saat pasar jatuh dan mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga serta tidak ingin kita lewatkan.

4. Bertindak ekstrem pada waktu yang tepat

Buffett berkata:


Jadilah orang yang takut ketika semua orang tamak, dan jadilah orang yang tamak ketika semua orang merasa takut.


5. Tidak melakukan banyak kesalahan

melakukan kesalahan via http://sekolahsaham.com

Buffet berkata:


Kita tidak perlu melakukan semua hal dengan benar. Kita hanya harus berhati-hati agar tidak melakukan terlalu banyak hal salah.


 

Strategi investasi Buffet di atas memang layak dicontoh bagi kamu yang tertarik dengan dunia investari. Selamat mencoba!