Jika kamu saat ini sedang menjalankan bisnis melalui website, kamu tentu membutuhkan kata kunci yang tepat untuk mengoptimalkan ladang bisnis tersebut. Kata kunci yang tepat adalah yang bisa mendatangkan pengunjung dan mengubahnya menjadi pembaca atau bahkan pembeli potensial. Riset keywords bukan hanya bertujuan untuk SEO (Search Engine Optimization) saja. Kamu pun bisa menerapkan keywords research untuk keperluan lain yang berkaitan dengan kata kunci.

Untuk mempermudah, berikut ini ada alat atau tools yang akan membantumu mengoptimalkan pengunjung blog-mu setiap harinya. Ini dia!

 

1. Google Adwords Keywords Planner. Step pertama yang gampang dan bisa kamu coba sekarang juga!

Tools milik raksasa teknologi internet ini merupakan tools yang biasa dipakai untuk periklanan berbayar Google Adwords, namun SEO specialist juga menggunakannya untuk melakukan riset kata kunci. Dengan keywords planner ini, kamu bukan hanya mendapatkan kata kunci, namun juga berharga atau tidaknya keberadaan keywords tersebut.

2. Mau yang lebih familiar? Pakai Google Trends saja

Jika kamu ingin mengetahui kata kunci apa yang sedang trends, kamu bisa memanfaatkan Google trends baik itu keywords trends harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Kamu juga bisa membandingkan trends keywords dengan menggunakan Google Trends. Seru 'kan?

3. Ubersuggest; tools hits yang sering dipakai para blogger terkenal

Ubersuggest.io

Ubersuggest.io via https://ubersuggest.io

Tools yang namannya mirip taksi online ini mempunyai fungsi utama untuk mendapatkan long tail dan relevance keywords dengan terms yang dimasukkan. Tools ini gratis dan cukup populer di kalangan webmaster dan blogger untuk ide judul posting.

4. Keyword Tool. Meski berbayar, nggak ada salahnya lho dicoba

keywordtool.io

keywordtool.io via http://keywordtool.io

Tool ini merupakan tools berbayar, namun kamu tetap bisa menggunakannya untuk keywords research dan memanfaatkan keywords planner untuk mendapatkan search volume dengan memasukkan list yang sudah anda dapatkan dari keywordtool.io. Selamat mencoba!

5. Terakhir, kamu pun nggak ada salahnya mencoba tools Keywords Revealer

keywordrevealer.com

keywordrevealer.com via http://www.keywordrevealer.com

Keywords revealer juga merupakan tools berbayar, kamu bisa mendaftar dan mencoba versi trialnya untuk melakukan riset kata kunci. Dengan tools ini, kamu juga bisa memperoleh keywords difficulty sebagai informasi tingkat kompetisi kata kunci keywords tersebut dari mesin pencari yang anda setting.