Awal tahun 2017, banyak sekali berbagai macam kesempatan yang dapat digunakan oleh para ibu rumah tangga untuk menambah pundi-pundi keuangan. Kesempatan tersebut dapat digunakan para ibu rumah tangga sebagai salah satu bentuk usaha sampingan. Apalagi jika kamu merupakan salah satu ibu rumah tangga yang juga bekerja di kantor.

Pada dasarnya, usaha sampingan bertujuan untuk menambah kegiatan para ibu rumah tangga tanpa harus mengorbankan pekerjaan utama dan bahkan mengorbankan kepentingan keluarga. Namun, usaha sampingan yang akan dijabarkan juga dapat dilakukan oleh para ibu rumah tangga yang tidak bekerja di kantor. 

1. Membuat kerajinan tangan yang kreatif

Jika kamu adalah wanita yang pandai dalam hal berkreasi, membuat kerajinan tangan merupakan salah satu jenis usaha yang patut kamu coba. Jenis usaha ini dijamin tidak akan membuat kamu menghabiskan waktu yang cukup lama. Hal tersebut dikarenakan, dalam jenis usaha ini yang dibutuhkan hanya ide kreatif serta bahan-bahan yang mudah kamu temukan di lingkungan sekitarmu. Salah satu bentuk kerajinan tangan kreatif yang dapat kamu lakukan di antaranya membuat rangkaian bunga dari kertas, atau membuat aksesoris anak dari kain bahan yang sudah tidak digunakan lagi. 

2. Membuat catering makanan walau kecil-kecilan

Catering merupakan bisnis yang banyak beredar saat ini. Hal tersebut dikarenakan usaha sampingan ini mudah untuk dijalani. Apalagi, jika yang menjalankan usaha ini adalah ibu rumah tangga yang gemar memasak. Ini akan menjadi sebuah jenis usaha yang sangat mengasyikkan. Cara mudah yang dapat para ibu rumah tangga lakukan dalam bisnis ini adalah dengan mulai memperkenalkan hasil makanan mulai dari tetangga terdekat, lalu mulai bisa dipasarkan lewat media sosial yang kamu miliki.

3. Berjualan melalui media online

Jualan online via http://www.halomoney.co.id

Advertisement

Berjualan online adalah peluang bisnis yang sangat mudah dilakukan oleh semua orang. Hal tersebut dikarenakan usaha ini hanya bermodalkan internet dan relasi. Berjualan online tidak harus dengan modal yang banyak dan dengan mengharapkan keuntungan yang besar. Jika kamu ingin barang yang kamu jual melalui media online bertahan lama, kamu harus menggunakan strategi jitu.

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan analisis terlebih dahulu terhadap barang jualan kamu. Dengan melakukan analisis, kamu dapat mengetahui produk apa saja yang sedang banyak digemari saat ini. 

4. Mencoba peruntungan lewat kursus kecantikan

Para ibu rumah tangga pasti lebih mengerti tentang kecantikan. Walaupun kita tidak dapat meratakan semua wanita paham betul dengan kecantikan, namun jika kamu adalah seorang ibu rumah tangga yang pintar dalam berdandan, tidak ada salahnya jika kamu mencoba keahlian kamu sebagai sebuah bisnis sampingan. Menarik bukan?

5. Mengadakan bimbingan belajar di rumah, yang dimulai dari tetangga dekat dulu

Bimbingan belajar via http://www.halomoney.co.id

Jika kamu adalah seorang ibu rumah tangga dan pandai dalam menguasai beberapa mata pelajaran, kamu dapat membuka usaha bimbingan belajar sesuai dengan bidang pelajaran yang kamu kuasai. Jadwal bimbingan belajar tersebut dapat kamu sesuaikan dengan kegiatan yang ada di rumah kamu saat ini. Contohnya jika waktu kamu merapikan rumah di pagi hari, maka kamu dapat mulai bimbingan belajar di siang harinya.

Jadi, sekalian bisa bantuin sumai juga 'kan, Bu?