Untuk para wisatawan asing yang berkunjung ke Jepang dengan alasan wisata budaya, kastil Jepang adalah salah satu destinasi yang masuk daftar wajib dikunjungi. Selain unsur budaya yang masih terjaga hingga saat ini, setiap kastil yang masih berdiri menyimpan ceritanya sendiri-sendiri.

Di tahun 2016 ini, situs wisata TripAdvisor telah membuat daftar kastil Jepang paling populer menurut komentar penduduk lokal. Dengan komentar dari penduduk asli, rasanya daftar ini layak jadi pertimbangan saat akan memilih dari ratusan kastil yang ada. Berikut daftar beserta lokasinya:

1. Kastil Nijo (Kyoto)

Kastil Nijo (Kyoto) via https://www.japantrips.co

Istana Nijo adalah sebuah Istana di Jepang. Istana ini ditetapkan sebagai harta benda nasional, terletak hampir di pusat kota dengan luas 500 m (timur-barat) x 400 m ( utara-selatan) dikelilingi parit. didirikan pada tahun 1603, sebagai Pesangrahan bagi Tokugawa Ieyasu, Shogun ke-1,pemerintahan Tokugawa.

Kemudian pada tahun 1626, Tokugawa Iemitsu, Shogun ke-3 memperbaharui dan memperbesar bangunan yang dahulu hanya setengah dari ukuran sekarang. Akan tetapi setelah Shogun Iemitsu berkuasa, istana itupun jarang dikunjungi oleh para Shogun lainnya, dan hanya sebagai perlambang dari keagungan pemerintahan Tokugawa. pada tahun 1867, Shogun ke-15 menyerahkan kekuasaannya di istana ini dan dengan demikian berakhirnya kekuasaan Tokugawa memasuki Restorasi Meiji.

2. Kastil Inuyama (Aichi)

Kastil Inuyama (Aichi) via https://www.japantrips.co

Advertisement

Peninggalan bersejarah Istana Inuyama, didirikan pada tahun 1537 di era Muromachi, dan merupakan menara kastil tertua di Jepang. Di Jepang, terdapat 4 istana peninggalan sejarah dan Istana Inuyama merupakan salah satunya. Tangga yang terdapat di dalam istana curam dan sempit di mana anda bisa langsung merasakan sendiri keadaan pada zaman tersebut yang membuat tempat ini peninggalan sejarah yang berharga.

Pemandangan Sungai Kiso dan pegunungan yang terlihat dari atas menara kastil sangat luar biasa. Di sekitarnya, terdapat pusat kota istana Inuyama yang kuno. Di sana terdapat rumah-rumah penduduk tua yang dijadikan fasilitas wisata. Kotanya juga telah dikembangkan sebagai objek wisata. Pastikan anda datang ke Istana Inuyama yang tetap hidup melewati berbagai peradaban.

3. Kastil Kumamoto (Kumamoto)

Kastil Kumamoto (Kumamoto) via https://www.japantrips.co

Kastil ini terletak di Prefektur Kumamoto, salah satu prefektur yang terletak di barat daya kepulauan Jepang. Kumamoto juga berbatasan dengan Prefektur Oita dan Prefektur Miyazaki. Kota ini juga dikenal sebagai kota yang bersih nan indah. Saat menjelang sore, kota ini sangat cocok dijadikan lokasi untuk menikmati keindahan alam Jepang.

Dan saat musim semi datang, Kastil Kumamoto nampak eksotis. Kastil megah dan kokoh yang bertabur bunga sakura. Identik dengan kastil Jepang pada umumnya, Kastil Kumamoto memiliki halaman luas dan ditanami pohon sakura. Sehingga tak mengherankan saat musim semi, situs sejarah ini diselimuti bunga berwarna pink dan putih.

Nampak anggun sekaligus wah! Jika ditilik dari segi lokasi, kastil ini berlokasi di tengah kota dan mudah diakses oleh kendaraan umum. Faktor ini menjadi salah satu alasan Kastil Kumamoto selalu dipadati wisatawan setiap tahunnya.

Kastil yang dibangun oleh bangsawan Kiyomasa Kato selama tujuh tahun ini berhasil mempesona wisatawan mancanegara dan domestik. Siapa yang menduga, kastil yang dulunya berukuran mini ini berubah menjadi kastil dengan tinggi 30,29 meter! Luas arenya saja masing-masing dari arah utara ke selatan sejauh 1,2 kilometer dan dari barat ke timur sejauh 1,6 kilometer. Harus stock tenaga ekstra, untuk menjelajahi seluruh area.

Meski dulunya, sempat terjadi kebakaran, kini kastil ini sudah diperbaiki dan dapat dikunjungi oleh siapa saja. Bahkan sempat pula menjadi latar dalam sebuah film Hollywood yang terkenal. Namun, sayangnya wisatawan tidak diperkenankan untuk mengambil foto di dalam kastil. Anda dapat lebih nyaman nantinya, karena tidak akan sibuk untuk mencari angle foto yang pas. Jadi lebih puas jalan-jalannya. Tanpa adanya media tambahan, anda dapat mengeksplorasi kastil ini dengan mata telanjang.

4. Kastil Matsumoto (Nagano)

Kastil Matsumoto (Nagano) via https://www.japantrips.co

Matsumoto-jo dibangun pada tahun 1504, berarti bangunan ini sudah berdiri sejak 5 abad yang lalu. Layaknya sebuah kastil, pada 1590 Matsumoto-jo kembali dikembangkan dengan beberapa pintu masuk, menara pemantau, dan parit/sungai buatan, kebun atau taman. Renovasi tersebut selesai sekitar tahun 1593 atau 1594.

Hasil renovasi tersebut adalah wujud yang bisa kita lihat di Matsumoto-jo sekarang. Uniknya, kalau kebanyakan kastil/benteng di Jepang dibangun di atas dataran tinggi atau di tepian sungai, Matsumoto-jo ini dibangun di lahan yang datar. Tiket masuk ke Matsumoto-jo adalah 610 yen. Kastil cantik ini buka dari pukul 8:30 hingga 17:00. Perlu diperhatikan bahwa Kastil Matsumoto tutup pada 29 Desember hingga 3 Januari setiap tahunnya.

5. Kastil Himeji (Hyogo)

Kastil Himeji (Hyogo) via https://www.japantrips.co

Ikeda Terumasa membangun sebuah bangunan pelindung yang disebut dengan Himeji-jo dan kini menjadi istana yang sangat dikenal luas. Himeji-jo juga sering disebut dengan Shirasagi-jo yang berarti ‘Kastil Burung Kuntul’ karena dilindungi oleh tiga menara yang mirip dengan burung Kuntul. Himeji-jo mendapatkan status ‘World Heritage’ oleh UNESCO pada tahun 1993.

 

Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk mengunjunginya?