Drama Descendant of The Sun memang telah berlalu. Tapi euforia yang telah ditinggalkan oleh drama yang diperankan Song Jong Ki dan Song Hye Gyo ini sungguh sangat keterlaluan! Oppa, Oenni … yang kalian lakukan pada kami itu … JAHAT! Semua sampel umur sepertinya telah tersihir dengan keromantisan bercampur ketegangan yang dihadirkan oleh drama ini (Jelas ini berlebihan :D). Apesnya lagi, ketika dibawa ke dunia nyata yang ada hanya ‘Pungguk Merindukan Bulan’, asli … bawaannya ‘baper’ karena tak kalian temui sosok tentara ganteng dengan kejahilan tingkat Sule dan dokter cantik yang narsisnya seakan mau ditabok 😀

Dan para pelaku demam DoTS ini akan senyum-senyum sendiri sambil lilit-lilit baju (buat yang jaim) bahkan guling-guling dan menjambak rambut sendiri ( buat yang overdosis) saat melihat oppa dan oenni yang tiba-tiba menyalip di wall FB atau sosmed lainnya (Hayoo … ngaku 😀 :D) Terbayang senyuman manis Kapten Yoo dan kedipan mata Dokter Kang.

Kira-kira drama Korea apa kelak yang berhasil menggeserkan posisi DoTS dari hati pecinta drama? Karena sampai saat ini kalian pun ternyata masih belum bisa move on dari adegan-adegan konyol dan kata-kata romantis yang bawaannya ingin terbang ke planet :D, yuk kita intip apa yang membuat drama ini kelak akan dirindukan :

1. Merpati itu Tak Pernah Ingkar Janji

Merpati Kapten Kang via https://www.google.co.id

Urk dan ‘Merpati’ adalah takdir yang sungguh berhasil membuat kita gagal move on. Selain insiden gempa bumi yang tegangannya setara dengan tegangan listrik bertegangan tinggi, rasa tanggung jawab dan dedikasi dari para pasukan tentara dan dokter itu memang patut untuk diteladani. Cinta pada sesama manusia, profesional dalam menjalankan tugas, dan tentu saja bagaimana tetap menjalankan semua itu dengan serius tapi santai adalah inspirasi yang dapat kita dapatkan dari drama ini.

Adegan para dokter yang setiap pagi sudah berdiri di depan tenda untuk menanti lewatnya ‘merpati’ (julukan mereka untuk para tentara) yang sedang latihan adalah momen yang tentu saja tak mudah dilupakan. Sampai-sampai terbawa pada dunia nyata, saat ada yang tanya : “Hei, mau kemana?” dan jawaban kalian yang buat baper : “Mau lihat merpati-merpati” (Hayoo … masih mau mengelak?)

Merpati-merpati ini akan kita rindukan jika pulang ke Seoul nantinya

Advertisement

Dan ‘merpati’ itu tak pernah ingkar janji, mereka selalu siap lahir batin dan gagah berani ketika ada manusia yang membutuhkan pertolongan di medan perang, medan gempa dan … medan CINTA. Duh, masih ada tidak stok yang seperti ini sekarang?

2. Kontrak Ucapan

‘Mall’ versi DoTS via https://www.google.co.id

Tugas seorang tentara sekelas kapten Yoo Shin Ji dengan jam terbang yang sudah melebihi artis papan atas tentu bukanlah sesuatu yang harus membuat tersenyum dan bahagia setiap saat. Secara kapten Yoo akan manggung di daerah konflik dengan nyawa sebagai taruhan. Ketika kalian menjadi kekasih kapten Yoo (tidak usah dibayangkan) akan seperti apa perasaan ini? Nah apa yang terjadi dengan perasaan dokter Kang jika setiap kali Kapten Yoo harus menemuinya untuk pamit bertugas di medan pertempuran. Dasar dokter Kang yang selalu pura-pura tegar padahal sebenarnya rapuh ternyata punya inisiatif agar setiap kapten Yoo melapor baiknya redaksi kata ‘medan perang’ diubah menjadi ‘Mall’ biar kesannya tidak menakutkan dan menegangkan 😀

Kapten Yoo : Saya akan segera berangkat ke Mall

Jadi kalau kalian ke ‘Mall’ itu sama halnya kalau kalian ke medan perang … Medan perang melawan keinginan dan kebutuhan ketika melihat buku-buku best seller yang terpajang manis di Gramedia dan kalian tidak punya alokasi dana untukmembelinya 😀

3. Tugas Kapten Yoo

Kapten Yoo Shin Ji via https://www.google.co.id

Tugas Tentara adalah melindungi Negara dan kemanusiaan, tapi tugas Kapten Yoo adalah melindungi orang tua, anak kecil dan perempuan cantik. Lelaki ini memang sangat bisa membuat perempuan di dekatnya meleleh 🙂

4. Siap! Kapten Yoo Shin Ji ! Sersan Seo

Ada adegan di drama ini saat mereka berempat bertemu dengan sang Jenderal. Ketika sang Jenderal kemudian menyuruh mereka untuk duduk, dan Dokter Kang yang dengan lincah berbalik bermaksud untuk duduk sambil mengucapkan : ‘Yeeee…” dan kembali berdiri ketika melihat ketiga rekannya masih berdiri di posisi semula 😀 (Hanya orang-orang yang beriman yang peka dengan adegan ini)

Dokter Kang … dokter Kang, serasa ingin tabok pakai playdough

5. Siapa yang bodoh dan paling bodoh?

Bodoh dan Paling Bodoh via https://www.google.co.id

Masih ingat dengan adegan Sersan Seo yang membantu Kapten Yoo untuk membuka celananya setelah habis membantu tentara Korea Selatan. Kapten Yoo yang saat itu sedang masih kondisi istirahat pasca penembakan yang terjadi atas dirinya tentu tak memungkinkan untuk kembali ikut bertarung. Tapi bukan Kapten Yoo namanya jika dia harus absen pada setiap kali ada aksi seperti itu, meskipun harus kabur dari rumah sakit yang membuat dokter Kang dongkol setengah mati. Sayangnya, dengan maksud untuk menutup kecurigaan dokter Kang atas insiden ‘kaburnya’ beberapa saat lalu tak berhasil dengan total.

Hingga akhirnya Dokter Kang mengeluarkan kalimat yang kini banyak diadopsi oleh kalian : Mereka sedang bermain siapa yang bodoh dan paling bodoh.

Ada versi yang lain?! Tentunya setiap penonton terbaik punya scene favoritnya masing-masing!

Drama Korea memang buat 'baper' :D. Baper tingkat dewa :D. Tak salah kang Ridwan Kamil mengeluarkan argumen untuk para wanita yang ingin mencari pasangan agar :

BUANG SEMUA KASET DVD Drama Korea puluhan episode yang selalu menayangkan pria kaya, ganteng, putih, imut yang jatuh cinta dengan wanita biasa-biasa dan miskin … !

Sepakat Kang!