Banyaknya penduduk Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, tentu ini menjadi masalah bagi mereka yang membutuhkan pekerjaan, terutama para lulusan terdidik. Banyaknya lulusan terdidik yang tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang disediakan, membuat mereka menjadi pengangguran.

Belum lagi persaingan ketat di dunia kerja yang membuat para pencari kerja Indonesia yang kadang harus bersaing dengan para pekerja asing, apalagi Indonesia akan menjadi sebagai salah satu negara yang berpartisipasi dalam AEC atau MEA (Masyarakat Ekonomi Asia), yang membuat warga asing bebas untuk bekerja di Indonesia. Sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan pekerjaan.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sembari mencari pekerjaan agar waktumu tidak ada yang terbuang sia-sia dan bahkan ini bisa juga menjadi peluang pekerjaan:

 

1. Menulis

Sejak kecil, dimasa sekolah khususnya, kita sudah diajarkan untuk mengarang bebas. Lalu kenapa ketika dewasa hanya sedikit yang bisa menjadi menulis? itu karena kita banyak mikir. Untuk menulis saja kita harus mikir bagus atau tidaknya, sesuai EYD nggak, judulnya apa, dsb.

Padahal kamu bisa menuliskan apa saja yang muncul dipikiran kamu. setelah selesai, baru dibaca ulang untuk mengedit agar tulisan yang kita hasilkan bisa sesuai. Sulit menentukan judul? sebuah penemuan saja dinamai setelah objek tersebut ditemukan.

Begitu juga dengan tulisan, hasilkan dulu karyanya, baru menentukan judul yang menarik dan sesuai dengan tema. Atau ingin menjadi penulis fiksi tapi terkendala karena tidak kuliah dijurusan sastra? Menjadi penulis fiksi itu tidak harus kuliah dulu di jurusan sastra. Karya fiksi muncul dari daya khayalan. Jika semua penulis fiksi merupakan mahasiswa sastra, maka tidak ada penulis fiksi yang masih sekolah.

Menulis bisa juga menjadi peluang masa depan. Kamu bisa menulis sesuatu yang bisa dikirimkan ke media cetak maupun media online. Jika ditolak, tulis lagi dan kirim lagi. Jika kamu banyak mendapatkan penolakan, artinya bukan kamu tidak berbakat, tapi kamu layak berjuang sebagai penulis.

Hanya saja kamu membutuhkan penolakan untuk meningkatkan kemampuan, atau mungkin itu cara Tuhan untuk membawamu ke tempat yang tepat. Dan menulis itu bukan soal mengejar bayaran, tapi bagaimana kamu bisa menghasilkan karya yang menarik dan berguna bagi para pembaca.

2. Berkebun dengan hidroponik

Hidroponik ini bisa menjadi peluang bisnis bagi kamu. Apalagi tanaman hidroponik lebih banyak keunggulan dibanding dengan tanaman yang ditanam di tanah. Jika belum pernah mencoba, kamu bisa memulainya dengan mencoba pada 1 tanaman. Jika belum berhasil, teruslah mencoba. Top Ittipat saja bisa berhasil membuat produknya setelah mengalami banyak kegagalan dalam mencoba.

Jika kamu berhasil mengembangkan bisnis ini, bukan tidak mungkin buat kamu bisa membangun supermarket sayuran yang belum ada. bahkan jarang kita temukan

3. Menjadi reseller atau dropshipper

reseller & dropshipper

reseller & dropshipper via http://a1.typepad.com

Ingin berbisnis tapi tidak punya modal yang cukup? sebagian toko online ada yang membuka peluang untuk bagi reseller dan dropshipper. Tinggal modal keberanian saja yang harus kamu punya.

4. Mengikuti kursus bahasa asing

Memiliki kemampuan bahasa asing bisa menjadi nilai tambah untuk mengisi CV kamu. Selain itu, ini juga bisa menjadi langkah awal untuk bisa kuliah diluar negeri. Semua program itu terbuka bagi siapapun, asalkan sesuai dengan syarat. Lagi-lagi tergantung pada keberanian yang kamu miliki.

Pada umumnya, para penerima beasiswa luar negeri sudah mengalami banyak kegagalan. Karena keberanian dan tekad mereka untuk tidak menyerah itu yang membuat mereka layak untuk mendapatkannya. Karena untuk mendapatkan sesuatu yang besar juga harus melewati ujian yang besar juga.

5. Meningkatkan kemampuan interview sebagai persiapan

Berlatih interview bisa membantu mengurangi rasa gugup

Berlatih interview bisa membantu mengurangi rasa gugup via http://www.youthvillage.co.za

Kesiapan dalam interview yang bagus, bisa mengundang peluang untuk kamu diterima dalam suatu pekerjaan. Selain itu juga dapat meyakinkan mereka bahwa kamu layak untuk dipekerjakan.

6. Memulai Usaha Handmade

Kamu bisa membuat sebuah produk yang memiliki ciri khas tersendiri dan tidak dimiliki oleh produk keluaran pabrik. Jika belum menemukan idenya, coba deh lakukan blog walking untuk mengetahui jenis produk seperti apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Karena pasar itu muncul dari adanya kebutuhan. Dan kamu bisa memasarkannya dengan membuka toko online.

Menjadi seorang fresh graduate bukan berarti kamu rela menjadi pengangguran dan membiarkan waktu berlalu gitu aja. Jika sulit mendapatkan pekerjaan, maka ciptakan pekerjaan itu sendiri yang nantinya juga akan membawa peluang bagi orang lain.