Seminar proposal dan seminar hasil adalah dua rangkaian yang wajib dilalui sebelum mendapat gelar sarjana. Seminar ini selain dihadiri oleh pembimbing dan penguji, juga dihadiri oleh mahasiswa. Nah biasanya, menghadirkan peserta mahasiswa ini yang kadang-kadang sulit, kalau sang empunya seminar tidak menyajikan kue-kue atau camilan maka biasanya mahasiswa kurang sekali yang berminat menjadi peserta seminar.

Tapi kamu tahu nggak, menghadiri seminar proposal atau seminar hasil itu manfaatnya banyak banget loh. yuk kita simak satu persatu.

 

1. Mengasah Ketelitian

Mengasah ketelitian

Mengasah ketelitian via http://septian99.files.wordpress.com

Biasanya moderator menyediakan sesi tanya jawab kepada mahasiswa peserta seminar, adapun saran, kritik, dan sanggahan sangat dibutuhkan. Nah, untuk mengisi sesi ini kamu pasti akan membaca seluruh materi yang disajikan secara saksama, sehingga kamu dapat melihat kesalahan-kesalahan kecil yang kadang luput dilihat oleh penyaji. Kesalahan penulisan daftar pustaka misalnya, atau salah menulis nama ilmiah, salah ketik dan sejenisnya.

2. Mempertajam Nalar dan Sikap Kritis

Critical thinking

Critical thinking via http://www.wima.ac.id

Dengan menghadiri seminar, kamu terbiasa berpikir secara sistematis. secara tidak langsung kamu akan belajar cara meneliti yang masuk akal (logis) dengan membaca metode penelitian yang akan dilakukan. Bila dalam metode terdapat kesalahan, biasanya dosen pembimbing atau penguji akan memperbaiki. Nah, dari situ kamu bisa tahu bagaimana merancang metode yang benar.

3. Memperkaya Wawasan Masalah

problem solving

problem solving via http://alhikmah.ac.id

Mahasiswa tingkat akhir sering dipusingkan oleh persoalan mencari masalah untuk diteliti. Kalau sudah begitu, rajin-rajinlah menghadiri seminar proposal atau seminar hasil, siapa tahu kamu dapat ide penelitian dari penelitian orang lain yang sudah dilakukan.

4. Melatih Mental

thanks atas krtiknya ya

thanks atas krtiknya ya via https://google.com

Mahasiswa seringkali gugup saat harus mempresentasikan proposal dan hasil penelitiannya. Takut dibantai dosen, takut tidak dapat menjawab pertanyaan seringkali menjadi alasan kegugupan tersebut. Kalau kamu rajin menghadiri seminar, dijamin deh kamu nggak bakalan gugup apalagi demam panggung kalau kelak jadi penyaji. Karena kamu sudah sering mendengar pertanyaan-pertanyaan maupun sanggahan-sanggahan yang sering dilontarkan dalam seminar, jadi kamu sudah siap mental menghadapi keadaan tersebut. Nggak ada tuh yang namanya demam panggung atau salah ngomong.

5. Mendapat Pengetahuan Baru

belajar

belajar via http://yahoo.com

Dosen itu memberi kuliah sesuai kurikulum yang berlaku, jadi terkadang banyak sekali ilmu yang tidak sempat dibagi ke mahasiswa lantaran tidak terdapat dalam kurikulum. Pengetahuan tersebut biasanya baru bisa didapatkan melalui bertanya secara langsung atau lewat kegiatan-kegiatan tertentu di luar perkuliahan, salah satunya adalah kegiatan seminar.

6. Pengisi Waktu Luang yang Bermanfaat

Daripada kamu ngabisin waktu luang kuliah cuma nongkrong di pelataran kampus atau ngobrol nggak ada juntrungannya di kantin, mending kamu ngisi waktu luang dengan menghadiri seminar. Lebih bermanfaat. Kamu bisa dapet ilmu tambahan, kalau beruntung kamu bisa dapat kue dan minuman gratis. Hehehe..

Oke teman-teman, jadi itulah enam alasan kenapa kamu harus menghadiri seminar proposal dan seminar hasil. Selamat berseminar dan berlomba-lomba mend