Menulis adalah suatu kegiatan yang sudah dikenal ratusan atau bahkan ribuan tahun yang lalu. Dari tulisan-tulisan terdahulu manusia mengenal sejarah peradaban, melalui tulisan manusia mewariskan ilmu pengetahuan, melalui tulisan manusia membangun keabadian. Menulis memiliki manfaat yang tidak terkira, dengan menulis ada banyak hal yang bisa kita peroleh lalu kita bagikan pada manusia lain. Menulis juga mampu memperkaya pengetahuan kita, karena seseorang yang gemar menulis tentu wajib untuk banyak membaca agar bisa mengembangkan tulisannya. Dengan menulis manusia menjelma menjadi sosok inspirator yang mampu memberikan energi positif bagi pembacanya, melalui tulisan kita dapat membangkitkan harapan untuk banyak orang dan memberi cahaya ilmu untuk jiwa-jiwa yang terjebak dalam gelapnya kebodohan. Untuk melakukan hal penting seperti menulis terdapat banyak alasan yang menjadi acuan bagi para penulis untuk menciptakan karya tulis. Berikut ini tujuh alasan seseorang mau menjadi penulis:

 

1. Bercita-cita Menjadi Penulis

Pengen menjadi penulis ? gampang...

Pengen menjadi penulis ? gampang... via http://hanasto.blogspot.co.id

Setiap orang pasti memiliki cita-cita yang ingin diraihnya, dan menjadi penulis adalah salahsatu cita-cita yang layak untuk diperjuangkan. Seseorang yang memiliki harapan untuk menjadi penulis merupakan orang yang menginginkan keabadiaan. Tidak banyak anak-anak yang bercita-cita menjadi penulis. Mungkin karena profesi ini tidak terlalu beken jika dibandingkan dengan profesi lainnya semacam dokter atau tentara. Ketidakbekenan seorang penulis sangat terasa karena penulis adalah seseorang yang berkarya dibelakang layar. Kamu yang memiliki cita-cita untuk jadi penulis gapailah impianmu, jangan sampai impianmu menjadi penulis sekadar menjadi angan-angan tanpa pernah bisa terwujud. Bukankah impian terindah adalah impian yang bisa diwujudkan.

2. Suka Membaca

Aduh… Orang Indonesia Suka Nonton TV Tidak Suka Baca Buku

Aduh… Orang Indonesia Suka Nonton TV Tidak Suka Baca Buku via http://kemanusiaan.id

Hobi membaca dan menulis adalah dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, karena kebiasaan membaca akan merangsang hasrat seseorang dalam menulis. Dengan memperbanyak bacaan kamu akan memiliki banyak pengetahuan. Berbekal pengetahuan yang terus berputar dalam kepalamu selalu ada keinginan untuk menjadi penulis hebat. Meskipun demikian tidak semua orang yang suka membaca memiliki hasrat menulis, selain kesukaan terhadap membaca hasrat untuk berbagi kebaikan juga diperlukan agar seorang pembaca mulai berkeinginan menjadi penulis.

3. Jatuh Cinta

Woow, Jatuh Cinta Ternyata Menyehatkan Lho!

Woow, Jatuh Cinta Ternyata Menyehatkan Lho! via http://media-shareplus.blogspot.co.id

Banyak yang bilang bahwa bagi seseorang yang jatuh cinta apa pun yang dilihatnya akan menjadi puisi. Inilah mengapa jatuh cinta adalah salahsatu alasan seseorang menjadi penulis. Keindahan dan keagungan cinta memang tidak dimungkiri lagi bisa menghadirkan sejuta mimpi dan harapan bertabur sejuta keindahan. Seseorang yang jatuh cinta akan memiliki imaji mempesona yang mampu menenggelamkan logikanya sendiri dan mengubah seseorang menjadi gila. Bagi kamu yang memiliki sifat pemalu, suka nulis, dan sedang jatuh cinta, tidak diragukan lagi hal tersebut dapat menjadi modal penting bagi kamu untuk menulis. Dan jatuh cinta adalah alasan paling manis menjadi penulis.

4. Patah Hati

 HomeHealthHealth Info 5 Hal Ini Bantu Sembuhkan Patah Hati Anda

HomeHealthHealth Info 5 Hal Ini Bantu Sembuhkan Patah Hati Anda via http://health.liputan6.com

Patah hati adalah alasan paling menyedihkan yang menyebabkan seseorang jadi penulis. Hati yang patah akibat hancurnya cinta adalah hati yang rapuh dan butuh pelampiasan. Selain mengadu pada Tuhan dalam setiap sujudmu, bercerita pada kertas kosong adalah cara paling ampuh untuk menghilangkan rasa sakit akibat patah hati. Bercerita pada kertas kosong tidak akan membuatmu malu atau risih karena kertas kosong merupakan teman curhat paling pengertian. Kertas kosong tidak akan pernah menolak untuk mendengar setiap keluh kesahmu, ia tidak pernah protes walau kau bercerita panjang lebar tentang penderitaanmu. Kertas kosong akan mendengar setiap keluhamu dengan setia. Ia akan selalu menemanimu dalam setiap ratapan yang hadir bersamaan dengan patahnya hatimu. Ia akan menjadi teman baikmu dikala kekasih hati yang kamu ingin ia menjadi masa depanmu pergi dari hidupmu. Dan semua hal itu akan menjerumuskanmu menjadi seorang penulis.

5. Pengen Terkenal

Ketenaran bisa jadi alasan yang logis untuk jadi penulis. Walau bekerja di belakang layar penulis merupakan profesi yang akan membuatmu terkenal. Lihat saja Raditya Dika, Tere Liye, Pidi Baiq serta penulis tenar lainnya. Mereka telah sukses meraih ketenaran karena menghasilkan karya tulis yang unik dan menarik untuk dibaca. Karya-karya mereka telah dibaca oleh jutaan orang bahkan telah menginspirasi orang lain untuk menjadi penulis juga. Kamu boleh banget memiliki keinginan untuk terkenal lewat dunia menulis. Namun, kamu juga harus sadar bahwa ketenaran dalam dunia menulis tidak bisa diraih dengan cara yang mudah. Di dunia ini, atau bahkan di negara ini saja ada banyak yang bermimpi untuk jadi penulis terkenal, kamu harus berjuang keras supaya bisa memenangkan persaingan menjadi penulis tenar. 

6. Cari Duit

Uang 1000an Yang Dibikin Lucu

Uang 1000an Yang Dibikin Lucu via http://nomor2.blogspot.co.id

Alasan yang satu ini memang terkesan materialistik, tetapi hal ini memang nyata adanya. Uang bisa menjadi motor penggerak yang ampuh untuk mendorong seseorang menjadi penulis.Keterampilan menulis memang bisa menghasilkan beberapa rupiah dan mampu menyumbang sedikit pemasukan untuk dompetmu. Bagi kamu yang masih dalam tahap belajar; menulis artikel, cerpen dan bermacam-macam karya sastra untuk di kirim ke koran dan majalah adalah latihan yang pas untuk melatih keahlian menulismu. Latihan menulismu itu ternyata tetap dibayar loh. Zaman sekarang ada banyak media yang mau membayar untuk karya-karya kamu. Bayarannya lumayan loh, cukup untuk jajan di warung. Kamu gak tergiur bisa dapet duit dari hobi kamu? Setelah kamu merasa mahir dan percaya diri dengan tulisanmu menerbitkan buku dan bermimpi memiliki buku best seller  adalah hal yang bisa kamu lakukan. Dengan terbitnya buku kamu maka duit pun akan segera mengalir deras ke rekening kamu. Aamiin