Kalau kamu harus bersekolah atau bekerja di tempat yang jauh dari rumah, kamar kostmu menjadi rumah tempat kamu pulang. Sehingga ruang yang sempit itu harus bisa jadi senyaman mungkin seperti rumah. Makanya, sangat penting untuk memilih barang barang yang ringkas namun multi fungsi untuk ada di kamar kosmu. Ini dia beberapa barang yang esensial untuk dimiliki oleh anak kost

 

1. Meja Lipat

Meja lipat bisa digunakan untuk apa saja dan di mana saja, bisa untuk meletakkan barang atau mengerjakan tugas, di lantai atau diatas kasur. Selain itu bentuknya juga ringkas, begitu selesai digunakan bisa dilipat terus diselipkan di samping lemari atau diletakan di bawah tempat tidur. Meja lipat juga mudah dibawa-bawa kalau misalnya kamu mau mengerjakan tugas bersama di kos temanmu atau di tempat yang tidak ada mejanya.

2. Kabel Roll

Kabel roll penting banget karena biasanya tiap satu kamar kos hanya disediakan satu atau dua stop kontak sementara banyak barang kita yang harus menggunakan listrik dari laptop, charger handphone, kipas angin, dan lain sebagainya. Tapi ingat tetap harus hemat dalam menggunakan listrik ya kalau gak mau tagihan kos melambung hehehe, dan tetap berhati-hati untuk gak membuat terlalu banyak cabang karena akan sangat berbahaya bila terjadi konslet

3. Kipas Angin

Kipas angin meja

Kipas angin meja via http://id-live-01.slatic.net

Gak semua kosan dilengkapi dengan AC, kipas aingn jadi jawaban paling tepat terutama buat yang kost di daerah dengan suhu udara yang relatif tinggi. Kamar kos yang kecil dan sering ditutup rapat kalau ditinggal beraktivitas di siang hari juga bikin kamar jadi sumpek karena tidak ada perputaran udara yang lancar. Untuk itu kipas angin penting untuk minimal memutarkan udara yang ada di kamar kosmu dengan udara dari luar (tentu akan efektif kalau ada ventilasi yang dibuka ya). Selain itu kipas angin sangat berguna buat mengeringkan dan mendinginkan berbagai macam hal dari rambut, makanan, sampai kaus panitia yang harus dipakai dua-tiga kali bertuurut-turut.

4. To-do-list Board

To-do-list Board

To-do-list Board via https://i.ytimg.com

Iya sih sekarang sudah ada smartphone untuk bantu kamu mengingat jadwal kelas, janji ketemu teman, organisasi, kepanitiaan dan sebagainya. Tapi kalau kamu orangnya pelupa banget dan suka malas cek hp, gak ada salahnya bikin to-do-list board untuk beberapa hal penting yang benar-benar gak boleh kamu lupakan yang bisa dipajang di dinding kamarmu. Kamu bisa beli di toko alat tulis atau perabot di sekitar kostmu atau buat sendiri dari berbagai macam barang daur ulang. Hias papanmu semenarik mungkin biar kamu gak malas mengecek dan mengisinya. Selain mencatat semua jadwalmu kamu juga bisa menempelkan kata-kata dan gambar yang memorable atau bisa menambah semangatmu.

5. Alat masak listrik

Rice cooker

Rice cooker via http://img.hipwee.com

Ada banyak macam alat masak yang menggunakan listrik dari rice cooker, water boiler, slow cooker dan sebagainya. penting banget punya alat masak lsitrik karena gak semua kosan menyediakan dapur bersama, atau beberapa orang gak nyaman menggunakan dapur bersama. Selain itu rice cooker dan slow cooker misalnya, bisa digunakan buat banyak sekali macam masakan. Masak sendiri bakalan bikin kamu makan lebih sehat dan menghemat pengeluaran loh!

6. Foto orang-orang tersayang

Tinggal jauh dari rumah dan keluarga bukanlah hal yang mudah. Seringkali kamu rindu sekali keluargamu tapi gak mungkin pulang karena masih ada tanggung jawab yang harus kamu selesaikan. Pasang foto keluargamu, peliahraan, sahabat, pacara, dan orang-orang tersayangmu untuk memberi semangat dan mengobati rindu.